• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Ketahui Pengobatan Sipilis Pada Pria Dan Wanita

Ketahui Pengobatan Sipilis Pada Pria Dan Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Mungkin banyak diantara kita yang lebih mengenal sipilis dengan sebutan raja singa. Penyakit ini dapat menderita pria maupun wanita. Lalu, bagaimana pengobatan sipilis dan apakah sipilis dapat disembuhkan?

Mengenal Penyakit Kelamin Sipilis

Banyak pria maupun wanita yang lebih mengenai sipilis dengan sebutan penyakit raja singa. Ini merupakan jenis penyakit yang sama meskipun penyebutannya berbeda. Sipilis adalah penyakit menular seksual yang dapat menyerang pria maupun wanita dari berbagai usia.

Penyakit ini merupakan jenis PMS yang sangat mudah menular dan umum terjadi terutama pada pria dan wanita yang sering melakukan seks bebas. Penyakit sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri treponema pallidum yang dapat menular melalui aktivitas seks dan sangat mudah berkembang.

Sipilis akan menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit dan biasanya bakteri ini mudah menular melalui hubungan seks kelamin, anal dan oral seks. Bakteri akan menyebar dan menginfeksi melalui cairan di kelamin, darah, dan selaput kulit.

Seberapa Umumkah Sipilis Terjadi?

Penyakit sipilis sangat umum terjadi bagi pria dan wanita yang sudah melakukan hubungan seks sejak dini. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini kasus hubungan seks bebas sangat banyak terjadi pada pria dan wanita dengan usia remaja.

Tetapi, kasus sipilis sangat banyak terjadi pada pria yang sering berganti-ganti pasangan seks. Beberapa kasus yang pernah terjadi adalah pria yang memiliki pasangan seks sesama jenis sangat berisiko tinggi untuk terinfeksi penyakit berbahaya ini.

Tanda Awal Sipilis Pada Pria Dan Wanita

Tahukah Anda, bahwa sipilis memiliki gejala yang berbeda-beda pada setiap tahapnya. Sipilis merupakan jenis penyakit kelamin yang memiliki 4 tahap sebelum menjadi lebih berbahaya dan setiap tahapnya memiliki gejala yang berbeda.

Namun, Anda harus mengetahui setiap gejala dan tanda awal penyakit sipilis, sehingga Anda dapat melakukan pengobatan sipilis pada tahap awal mengalami gejala.

Umumnya, tanda awal sipilis pada wanita akan ditandai dengan keputihan yang tidak normal. Biasanya, wanita akan mengalami keputihan yang banyak, berwarna putih kehijauan dan disertai dengan bau amis yang menyengat. Selain itu, akan ditandai dengan munculnya luka lecet yang berukuran kecil dan tidak disertai dengan rasa sakit, sehingga sulit untuk mengetahui gejala ini.

Sementara, pada pria tanda awal penyakit sipilis ditandai dengan munculnya luka berukuran kecil yang sering disebut chancre. Luka ini sering ditemui pada area Mr P, dan biasanya luka tidak disertai dengan rasa sakit. Pria juga akan mengalami pembengkakan pada area skrotum, kelenjar getah bening, dan terasa sakit saat buang air kecil.

Gejala sipilis dapat sembuh dan hilang tanpa adanya tanda apapun, meskipun Anda tidak melakukan pengobatan sipilis apapun. Tetapi, meskipun tanda akan hilang, tetapi bakteri yang menjadi penyebab sipilis akan terus berkembang pada tubuh dan meningkatkan sipilis pada tahap berikutnya.

Apakah Sipilis Dapat Disembuhkan?

Hampir semua penyakit dapat disembuhkan, meskipun tidak semuanya dapat sembuh secara total. Namun, sipilis adalah salah satu penyakit kelamin yang dapat disembuhkan secara total dengan pengobatan sipilis yang dilakukan pada tahap awal mengalami gejala.

Pengobatan sipilis di tahap awal akan lebih mudah untuk dilakukan dari pada sipilis pada tahap akhir. Namun, tidak semua pengobatan dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan sipilis harus dilakukan dengan tepat dan sebaiknya Anda menghindari aktivitas seks selama pengobatan berlangsung.

Lalu, Bagaimana Cara Pengobatan Sipilis?

Ada banyak cara untuk mengobati penyakit sipilis dan sebaiknya Anda melakukan pengobatan dengan cara yang tepat. Cara mengobati sipilis yang tepat adalah dengan melakukan pemeriksaan dokter pada tahap awal mengalami gejala.

Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap cairan ataupun luka yang muncul pada area kelamin Anda. Setelah itu, dokter akan memberikan beberapa resep untuk menghilangkan rasa sakit yang muncul akibat gejala sipilis. Pengobatan di tahap awal gejala akan lebih mudah dilakukan, karena bakteri belum berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga pengobatan lebih mudah dilakukan.

Tetapi, jika Anda mengalami sipilis tahap akhir kemungkinan untuk sembuh bisa saja terjadi. Tetapi, pengobatan sipilis ditahap akhir akan lebih sulit untuk dilakukan dan sebaiknya Anda melakukan pengobatan di awal mengalami gejala dan jangan membiarkan penyakit ini terus menerus tanpa melakukan penanganan apapun.

Sipilis yang tidak diobati akan menyebabkan banyak kerusakan pada organ vital manusia, seperti kerusakan sistem saraf, fungsi organ vital yang mengakibatkan kebutaan, kerusakan otak, kehilangan fungsi jantung, hingga menyebabkan kematian.

Nah, jika Anda tidak ingin mengalami komplikasi yang sangat berbahaya, maka segera hubungi dokter Klinik Utama Gracia di 081336361555 untuk mendapatkan pengobatan sipilis dengan tepat. Jika Anda mengalami gejala sipilis dan ingin melakukan pengobatan sipilis, Anda dapat melakukan konsultasi dengan tim medis kami tombol chat online di bawah ini.

Baca Juga : Ciri Ciri Penyakit Sipilis

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan