• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ketahui Obat Sipilis Pada Pria Berikut Ini

Ketahui Obat Sipilis Pada Pria Berikut Ini
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

Sipilis memang bisa dialami oleh pria maupun wanita, namun paling sering penyakit menular satu ini ditemui pada penderita pria. Penyakit yang memiliki sebutan raja singa ini sangat mudah menular dengan melalui kontak seksual. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit sipilis? Apa obat sipilis pada pria yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit menular seksual ini?

Sipilis ini terjadi karena adanya infeksi bakteri bernama Treponema pallidum, yang ditularkan lewat melakukan hubungan seksual dengan penderita ataupun penularan melalui darah penderita seperti menggunakan alat suntik atau peralatan tattoo yang sama dengan yang digunakan oleh penderita sipilis. Namun bakteri atau penyakit sipilis ini tidak akan bisa menular hanya lewat air liur, dudukan toilet, alat makan, ataupun pakaian, karena bakteri tidak akan bisa bertahan di luar tubuh manusia terlalu lama.

Pada penyakit sipilis ini, ada beberapa tahapan yang akan dilalui oleh penderitanya. Hal itulah yang membuat gejala akan muncul berbeda-beda sesuai tahapan tersebut. Pada tahap primer, gejala yang terjadi adalah munculnya luka di alat kelamin atau mulut. Luka tidak terasa sakit, dan bisa sembuh tanpa pengobatan setelah 1 atau 2 bulan. Tahap sekunder, akan muncul ruam pada telapak tangan dan kaki, mengalami demam, radang tenggorokan, dan kutil kelamin. Kondisi seperti ini akan berlangsung selama 1 atau 3 bulan. Pada kedua tahapan ini, sipilis akan sangat menular, walaupun penderita tidak mengalami gejala.

Tahap selanjutnya adalah tahap laten, dimana tidak ada gejala yang muncul karena penyakit ini, namun bakteri tetap berada di dalam tubuh. Bila tidak juga diberikan obat sipilis pada pria maka penyakit ini akan memasuki tahap tersier. Pada tahap tersier akan terjadi kerusakan organ lain bahkan menyebabkan kematian.

chat

Obat Sipilis Pada Pria

Obat akan diberikan setelah terlebih dulu melakukan tes darah, dan memeriksa sampel cairan dari luka. Bila Anda benar didiagnosis sipilis, maka akan diberikan obat untuk mengurangi gejala yang terjadi.

Penisilin dalam bentuk suntikan akan diberikan pada penderita yang berada di tahap primer dan sekunder. Namun bila penderita sudah memasuki tahap tersier, obat sipilis akan diberikan dengan infus untuk menghentikan infeksi yang terjadi. Namun, pengobatan ini tidak bisa membantu memperbaiki atau mengembalikan kerusakan yang terjadi pada organ-organ lain karena penanganan yang terbilang terlambat.

Bila pengobatan telah selesai, dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes darah untuk melihat apakah infeksi sudah sembuh total. Namun perlu diketahui bahwa penyakit ini sewaktu-waktu bisa muncul kembali walaupun Anda sebelumnya sudah sembuh.

Selain antibiotik, adapula bahan alami yang bisa dijadikan obat sipilis pada pria, seperti kumis kucing, daun begonia, daun sirih, akar alang-alang, akar jali, bawang putih, daun murbei, daun binahong, dan biji kemukus. Namun ada baiknya tetap konsultasikan pemakaian bahan tradisional ini pada dokter.

Bila Anda merasakan gejala sipilis, segera periksa ke dokter. Bila memang gejala tidak muncul namun sebelumnya Anda pernah melakukan aktivitas seksual yang berisiko, sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan, untuk melihat kemungkinan Anda mengalami sipilis. Penanganan yang tepat harus segera dilakukan agar tidak terjadi kerusakan organ lain yang merupakan komplikasi dari penyakit sipilis yang semakin parah.

Anda juga bisa bertanya atau berkonsultasi dengan staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online yang telah disediakan, untuk mendapatkan solusi dari permasalahan penyakit menular seksual yang Anda alami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan