• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ketahui Cara Mengobati Herpes Secara Alami

Ketahui Cara Mengobati Herpes Secara Alami
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )

cara mengobati herpes

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks atau HSV. Virus ini biasanya menyerang saraf tepi sehingga menyebabkan rasa sakit walaupun luka sudah kering atau sudah sembuh. Lalu bagaimanakah cara mengobati herpes?

Herpes dapat terjadi dan menyerang pada semua bagian tubuh, namun yang paling sering diserang oleh virus ini adalah mulut dan alat kelamin. Virus herpes atau virus HSV sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu HSV1 atau yang lebih dikenal sebagai herpes oral yang biasanya menyerang bagian sekitar mulut dan wajah, serta HSV2 yang biasanya menyerang bagian alat kelamin.

Herpes dapat terjadi pada pria maupun wanita dan jika terkena penyakit ini akan mengakibatkan rasa sakit yang amat sangat. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini diantaranya adalah lecet merah, bengkak dan umumnya berisi cairan kecil atau luka.

Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung seperti melakukan hubungan intim, ciuman dan sentuhan. Selain itu virus ini juga dapat menular secara tidak langsung seperti berbagi barang pribadi dengan orang yang terinfeksi dll.

Virus HSV selain menularkan penyakit, virus ini menurut penelitian juga dapat menyebabkan infeksi otak, kanker dan berbagai macam penyakit lainnya.

Cara Mengobati Herpes

Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi virus herpes seperti asyclovir, famsiklovir, dan valasiklovir. Obat-obatan tersebut merupakan obat anti virus yang dipergunakan untuk mengobati segala penyakit yang berasal dari virus.

Selain obat-obatan anti virus, terdapat juga beberapa cara sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengobati penyakit herpes antara lain:

Es Batu

Cara menggunakannya yaitu dengan cara memberikan kompres es pada luka herpes. Ambillah beberapa es batu, lalu dihancurkan kemudian dimasukkan ke dalam selembar kain. Selanjutnya tempelkan pada luka herpes selama 10 hingga 15 menit. Cara ini dilakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit serta pembengkakan akibat herpes. Lakukan cari ini selama beberapa kali dalam sehari untuk mengobati penyakit herpes.

Spa dan Air Hangat

Spa dan air hangat juga dapat mengurangi dan mengobati penyakit herpes yaitu dengan cara menggunakan sabun untuk menjaga daerah yang terinfeksi serta menggunakan kain bersih untuk mengeringkannya. Namun perlu diingat untuk tidak menggunakan sabun orang lain untuk membersihkan luka herpes, sebab dapat menularkan penyakit ini tanpa kita sadari.

chat

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat dipercaya sebagai pelembab kulit sebab sifatnya yang kaya antioksidan sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka akibat penyakit herpes. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan memanaskan satu cangkir minyak zaitun dengan ditambahkan sedikit minyak lavender dan lilin lebah di dalamnya. Lalu setelah campuran dingin, segera tempelkan pada bagian yang terinfeksi virus herpes.

Baking Soda

Baking soda merupakan cara mengobati herpes yang paling efektif, yaitu dengan cara mengambil bola kapas kemudian direndam pada baking soda, selanjutnya Anda tempelkan pada daerah yang terinfeksi. Namun sebelum itu pastikan bahwa baking soda tidak terkontaminasi oleh zat-zat yang lain.

Echinacea

Echinacea merupakan tanaman obat yang memiliki sifat anti virus yang sangat baik serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Semua bagian dari tanaman ini dipercaya mampu untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit herpes. Tanaman ini juga dapat dikonsumsi dalam bentuk teh dan jus.

Teh Hitam

Kandungan pada teh hitam berupa tanin, antivirus dan anti-inflamasi merupakan kandungan yang baik untuk mengobati penyakit herpes. Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil kantong teh hitam lalu dibuatkan larutan air teh, setelah itu Anda diamkan hingga diam, kemudian Anda oleskan pada luka yang terinfeksi penyakit herpes.

Balsam Lemon

Balsam lemon merupakan obat herbal yang dipercaya mampu mengobati penyakit herpes. Dengan kandungan yang dimiliki yaitu berupa flavonoid, fenolik, dan asam rosmarinik dapat membantu menyembuhkan lepuhan pada herpes. Cara menggunakannya yaitu dengan merendam kapas pada balsan lemon, lalu oleskan pada luka herpes.

Itulah beberapa obat-obatan serta cara untuk mengobati herpes. Jika Anda ingin mengetahui lebih mendalam tentang cara mengobati herpes, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan