• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ketahui Beberapa Hal Penting Tentang Kutil Kemaluan

Ketahui Beberapa Hal Penting Tentang Kutil Kemaluan
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )

Kutil kemaluan atau kutil kelamin atau yang juga disebut sebagai kondiloma akuminata merupakan penyakit menular seksual yang ditandai dengan tumbuhnya kutil pada area kelamin pria maupun wanita. Kutil yang biasa tumbuh seperti kembang kol ataupun jengger ayam ini bisa terjadi karena infeksi virus. Banyak kasus yang dialami penderita dimana kutil sangat kecil sehingga tidak terlihat. Walaupun penyakit ini bisa dialami pria maupun wanita, namun paling banyak kasus ditemukan pada wanita.

Gejala

Gejala yang umumnya muncul karena kutil kemaluan atau kutil kelamin adalah terjadi bengkak pada area kemaluan, muncul kutil yang berkelompok dan berdekatan seperti kembang kol, terasa gatal dan tidak nyaman di area kemaluan, dan juga terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Kutil ini akan muncul dengan warna kemerahan ataupun abu-abu yang menyerupai daging tumbuh. Ukuran kutil umumnya bermacam-macam, dan bisa muncul di beberapa tempat sekaligus.

Kutil dapat tumbuh pada vulva, dinding vagina, area kelamin dan anus, saluran anus, leher rahim, ujung dan batang penis, skrotum dan juga anus. Bahkan kutil juga bisa tumbuh pada area mulut dan tenggorokan pada orang yang melakukan oral seks dengan penderita.

Penyebab

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kutil kemaluan disebabkan oleh infeksi virus. Virus penyebab kutil ini adalah human papillomavirus (HPV). Virus ini memang merupakan virus penyebab kanker serviks, namun hanya berbeda tipe virus saja. Virus ini dapat dengan mudah menular melalui kontak seksual.

chat

Ada pula faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit ini, yaitu sering melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan kondom, pernah mengalami penyakit menular seksual lain sebelumnya, melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak diketahui riwayat seksualnya, dan juga pada mereka yang sudah aktif secara seksual sejak usia muda atau remaja.

Pengobatan

Sebelum pemberian pengobatan, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Jika muncul di dalam, maka pemeriksaan mendetail akan dilakukan. Dokter juga mungkin akan menggunakan larutan asam ringan untuk membantu membuat kutil agar lebih terlihat. Pada wanita, pemeriksaan lain seperti pap smear juga akan dilakukan dengan mengambil sampel untuk mendiagnosis penyakit yang Anda alami.

Pengobatan kutil kelamin ini dapat dilakukan dengan pemberian obat kulit topikal. Namun jangan menggunakan obat penghilang kutil yang dijual bebas di pasaran, karena malah bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada area kelamin.

Jika kutil yang muncul lebih besar, dan tidak merespon pengobatan sebelumnya, maka dokter akan menyarankan melakukan operasi. Operasi ini juga umumnya dilakukan pada penderita yang sedang hamil, karena pemberian obat ditakutkan akan mempengaruhi perkembangan bayi yang dikandung. Selain itu adapula penanganan kutil dengan laser, krioterapi dan juga arus listrik untuk menghilangkan kutil. Walaupun belum ada penanganan yang 100 persen efektif mencegah munculnya kembali kutil kelamin. Karena umumnya virus akan menetap di tubuh, walaupun kutil telah dihilangkan.

Itulah beberapa hal terkait kutil kemaluan atau kutil kelamin atau kondiloma akuminata, yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui gejala dan juga penyebab dari penyakit ini, diharapkan Anda bisa lebih waspada, dan memperhatikan bila ada gejala aneh yang Anda alami. Hal tersebut dilakukan agar dapat diberikan penanganan sedini mungkin.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pada penderita wanita sebaiknya juga melakukan pemeriksaan pap smear, untuk memastikan apakah virus HPV penyebab kanker serviks juga menyerang Anda.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan