• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ketahui Beberapa Hal Penting Mengenai Virus HPV

Ketahui Beberapa Hal Penting Mengenai Virus HPV
Nilai Rata-rata: 8.6 / 10 (5 orang penilai )

Virus HPV atau human papillomavirus adalah penyebab kutil kelamin. Beberapa jenis HPV memang bisa menyebabkan kutil di bagian tubuh tertentu, seperti kaki, tangan, dan juga kutil kelamin tersebut. Adapula HPV yang menyebabkan terjadinya kanker serviks pada wanita, dan beberapa kanker lain yang bisa diderita oleh pria.

Baik pria atau wanita, sama-sama berisiko tinggi tertular virus HPV. Biasanya penularan virus ini terjadi ketika melakukan kontak langsung antar kulit dengan penderita yang terinfeksi HPV. Yang paling sering terjadi adalah penularan HPV melalui kontak seksual, seperti vaginal, anal dan juga oral seks.

Gejala

Terkadang seseorang yang terinfeksi HPV tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi karena jarang sekali gejala yang terjadi. Jadi kemungkinan gejala tidak akan muncul beberapa saat setelah terinfeksi, namun bisa saja muncul setelah bertahun-tahun virus tersebut menginfeksi tubuh Anda.

Jika gejala terjadi, biasanya penderita akan mengalami beberapa hal seperti munculnya benjolan pada area kelamin atau anus, benjolan tersebut bisa mengalami pendarahan saat tergesek, dan disertai dengan gatal atau bengkak.

Faktor Resiko

Virus HPV akan lebih mudah menular bila seseorang memiliki beberapa faktor resiko berikut ini seperti sering berganti-ganti pasangan, memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, memiliki luka terbuka, dan juga tidak memperhatikan kebersihan.

chat

Mendiagnosis HPV

Cara mendiagnosis adanya infeksi HPV adalah dengan melakukan pemeriksaan kutil. Jika tidak ada kutil, maka dokter akan menyarankan Anda melakukan beberapa pemeriksaan lain seperti pemeriksaan dengan menggunakan larutan asam asetat untuk mendeteksi keberadaan kutil yang belum terlihat, dan pemeriksaan pap smear ataupun tes DNA untuk mendeteksi adakah keabnormalan sel karena infeksi HPV.

Pengobatan

Setelah memastikan diagnosisnya, maka dokter akan memberikan penanganan dengan dua cara yaitu obat ataupun melakukan operasi. Penanganan dengan obat akan dilakukan dengan pemberian obat oles untuk menghilangkan kutil yang muncul. Obat yang mungkin diberikan misalnya asam salisilat, asam trikloroasetat, imiquimod, ataupun podofilox.

Prosedur operasi juga bisa dilakukan untuk menghilangkan keberadaan kutil seperti dengan melakukan kriyoterapi, bedah listrik, bedah laser, ataupun eksisi.
Sebenarnya penanganan kutil kelamin dilakukan untuk menghilangkan perasaan tidak nyaman akan keberadaan kutil. Namun Anda tetap harus waspada pada kemungkinan infeksi virus HPV yang bisa menyebabkan Anda mengalami keabnormalan sel yang berkaitan dengan kanker, seperti kanker serviks, kanker penis, ataupun kanker anus.

Pencegahan

Pencegahan sebenarnya bisa dilakukan agar Anda tidak terinfeksi virus ini, yaitu dengan pemberian vaksin HPV. Pada wanita, vaksin sebaiknya diberikan sejak usia 10 tahun sampai 26 tahun atau sebelum aktif secara seksual. Sedangkan pada pria, diberikan sejak usia 11 tahun sampai 21 tahun ataupun sebelum aktif secara seksual.
Pemberian vaksin yang dilakukan setelah Anda aktif secara seksual kemungkinan akan menurunkan efektifitas vaksin tersebut. Sama halnya bila vaksin diberikan setelah Anda terinfeksi virus ini, maka vaksin tidak akan membantu Anda untuk menyembuhkan infeksi virus yang terjadi.

Bila Anda mengalami gejala kutil kelamin, periksakan diri Anda ke Klinik Utama Gracia untuk mendapat penanganan yang sesuai.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan