• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Keputihan Yang Normal VS Keputihan Tidak Normal

Keputihan Yang Normal VS Keputihan Tidak Normal
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )



Keputihan yang normal merupakan siklus yang terjadi secara alamiah, normal, dan teratur pada organ reproduksi seorang wanita. namun, ada beberapa jenis keluhan yang dapat mengindikasikan adanya keputihan tidak normal. Dan dalam analisanya terkadang faktor atau hal-hal tertentu bisa menjadi akibat dari adanya keluhan tersebut muncul.

Keputihan menggambarkan cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar didalam vagina dan leher rahim (serviks) seorang wanita. jumlah, bentuk atau tekstur, dan warna dari keputihan yang keluar biasanya didasari oleh perubahan hormon didalam tubuh. Keputihan yang normal tentunya akan memiliki perbedaan dengan keputihan yang tidak normal, dan biasanya keluhan keputihan yang dialami oleh seseorang juga bisa menjadi tanda adanya sebuah infeksi atau peradangan.

Setiap orang akan memiliki keluhan atau gejala yang berbeda untuk keputihan yang dialaminya, hal ini mengingat bahwa kondisi dan sistem tubuh dari satu orang ke orang lainnya yang berbeda-beda. Terkadang seseorang yang memiliki keluhan keputihan juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan hormonal yang terjadi secara bertahap.

Membedakan Keputihan Yang Normal Dan Tidak Normal

Bagaimana Anda bisa membedakan antara keputihan yang normal dan tidak normal? Berikut adalah beberapa gejala dan perbedaan yang bisa Anda rasakan, yaitu :

Keputihan Yang Normal

• Tidak memiliki bau yang kuat atau menyengat.
• Berwarna putih dan tidak lengket.
• Tidak menimbulkan rasa gatal pada area vagina dan sekitarnya.
• Jumlah pengeluaran yang tidak berlebihan.
• Muncul pada sebelum atau setelah menstruasi.

Baca Juga : Penyebab Keputihan Menggumpal Dan Cara Mengatasinya

chat

Kondisi keputihan yang normal biasanya lebih cenderung dikarenakan adanya faktor fisiologis dari orang tersebut misalnya seperti peningkatan hormon saat menstruasi, kehamilan, menopause, bahkan pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Sehingga hal ini masih bisa dikatakan sebagai kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Keputihan Abnormal

• Peningkatan jumlah keputihan yang dialami.
• Adanya perubahan bau dan juga gatal yang muncul.
• Nyeri atau sakit pada perut bagian bagian bawah dan pinggang.
• Keputihan yang memiliki perubahan warna seperti putih susu atau pekat, kekuningan, kehijauan, kemerahan, kecoklatan, bahkan keabuan.
• Perubahan pada bentuk atau tekstur keputihan yng lebih menggumpal, cair, ampas tahu, atau juga seperti keju.
• Keputihan yang berlangsung dalam jangka panjang.
• Adanya nyeri atau sakit saat buang air kecil dan berhubungan seksual.
• Mengalami perubahan siklus menstruasi.

Keputihan abnormal yang dialami oleh seorang wanita juga bisa menjadi sebuah tanda atau indikasi adanya masalah ginekologi pada area organ reproduksi bagian dalamnya. Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal yang mempengaruhi orang tersebut, dimana terkadang faktor eksternal yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau juga mikroorganisme lainnya adalah yang paling sering atau umum dialami.

Pengobatan Yang Diperlukan Untuk Keluhan Keputihan

Keputihan yang tidak normal tentunya bisa diatasi dengan berbagai langkah, baik secara medis atau secara pribadi. Namun, yang perlu Anda butuhkan adalah dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan yang tepat. Dimana pemeriksaan yang dilakukan secara tepat bisa mendukung untuk jalannya pengobatan bagi keluhan Anda tersebut.

Pemeriksaan penunjang seperti tes dan pengujian secara laboratorium juga bisa menjelaskan secara lebih pasti akan keluhan dan kondisi yang dialami. Sehingga beberapa dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukannya, dalam kondisi tertentu Anda juga bisa melakukan pemeriksaan lain ketika dicurigai dengan adanya keluhan yang lebih serius misalnya seperti pap smear untuk mendeteksi kanker serviks.

Mencegah atau mengantisipasi jika Anda sedang dalam masa pengobatan atau memiliki keluhan keputihan abnormal dengan tidak menggunakan obat pencuci vagina, douching, serta lebih menjaga kebersihan area genital juga bisa Anda terapkan dalam keseharian. Hal ini tentunya akan lebih anjurkan dengan pengobatan secara medis yang dilakukan secara bersamaan.

Klinik Utama Gracia merupakan klinik khusus kesehatan organ genital yang menangani setiap keluhan penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, disfungsi seksual, serta keluhan genital lainnya. Klinik Utama Gracia menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga untuk setiap pengobatan dan perawatan diklinik kami tidak hanya menggobati keluhan secara fisik atau yang terlihat tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.

Keluhan yang terus berlangsunng lama dan pada tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengobatan dan juga pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga medis ahli kami.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan