• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Keputihan Normal Dan Keputihan Tidak Normal

Keputihan Normal Dan Keputihan Tidak Normal
Nilai Rata-rata: 8.3 / 10 (4 orang penilai )

keputihan normal

Vagina merupakan organ reproduksi kewanitaan, dimana keputihan merupakan salah satu cairan yang keluar melalui vagina. Keseimbangan pH pada vagina adalah asam, sebagai penghaambat jika terjadi infeksi pada vagina akibat keputihan atau indikasi lainnya. Wanita akan mengalami keputihan pada periode-periode tertentu. Biasanya keputihan secara normal akan terjadi pada setiap wanita. Akan tetapi keputihan dapat terbagi menjadi 2 jenis yaitu Keputihan Normal dan Keputihan Tidak Normal. Lalu apa saja ciri keputihan normal dan keputihan tidak normal tersebut. Berikut penjelasannya oleh ahli medis Klinik Utama Gracia. Beberapa wanita akan mengalami beberapa keputihan diantaranya adalah keputihan normal.

Keputihan Normal

Keputihan normal biasanya terjadi pada saat periode sebelum dan sesudah masa menstruasi. Warna keputihan yang normal adalah berwarna putih atau kekuning-kuningan pada saat kering terlihat pada pakaian dalam yang Anda gunakan. Jika terjadi keputihan yang berbeda ketika mengalami keputihan normal, bisa jadi penyebabnya karena beberapa alasan sebagai berikut :

  1. Siklus menstruasi yang tidak teratur
  2. Peningkatan stress serta kelelahan, mengakibatkan emosional tidak terkontrol
  3. Status gizi, khususkan pola makan
  4. Disaat proses kehamilan
  5. Penggunaan obat, termasuk pil KB
  6. Gairah seksual

Jika keputihan yang terjadi secara normal pada saat proses sebelum dan sesudah menstruasi, maka akan memmpengaruhi keadaan vagina. Dimana daerah vagina Anda akan terjadi kelembapan serta volume keputihan akan berlebih. Sehingga infeksi dapat terjadi, dan keputihan yang akan Anda alami akan menjadi keputihan yang abnormal.

keputihan normal wanita

Keutihan Tidak Normal

Keputihan tidak normal terjadi ketika ada perubahan dalam warna atau debit keputihan yang berlebihan, maka hal tersebut adalah tanda-tanda akan terjadinya infeksi. Keputihan tidak normal memiliki ciri, debitnya lebih banyak, muncul bau yang menyengat serta warna yang berbeda yaitu dengan ciri warna keputihan kekuning-kuningan atau berwarna hijau. Adapun beberapa gejala lain yang terjadi tentang keputihan tidak normal pada wanita yaitu sebagai berikut :

  1. Keputihan disertai gatal, nyeri pada bagian genitalia
  2. Keputihan yang terjadi lebih lama dan debitnya lebih banyak
  3. Vagina akan terasa terbakar saat buang air kecil
  4. Keputihan bisa berubah berwarna ke warna hijau, warna abu-abu atau warna putih kekuning-kuningan dan muncul bau busuk

Dari penjelasan di atas tentu kita sudah tahu perbedaan antara keputihan normal dan keputihan tidak normal. Jika ada di antara  Anda ada yang mengalami Keputihan Normal atau Keputihan Tidak Normal  seperti gejala diatas. Maka Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis khusus wanita untuk menjaga kesehatan Anda. Anda bisa melakukan konsultasi secara gratis dengan tim medis Klinik Utama Gracia. Tim medis kami akan memberikan informasi lebih lanjut untuk penanganan jika Anda mengalami keputihan  yang tidak normal. Tim konsultasi medis kami akan melayani Anda dengan sebaik-baiknya. Kunjungi website kami, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Jauhkan diri Anda dari keputihan tidak normal.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan