• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Keputihan Cair Bening? Temasuk Normal Atau Tidak Normal

Keputihan Cair Bening? Temasuk Normal Atau Tidak Normal
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )



Keputihan cair bening apakah pernahkah dialami oleh sitap orang wanita? Ini akan lebih ditujukan pada kondisi-kondisi yang lebih serentak, atau bahkan cenderung untuk tidak terasa jika dijadikan sebagai gejala yang serius bagi sebagian besar wanita yang memang memiliki keluhan tersebut. Dalam beberapa kondisi seseorang mungkin juga akan mendapatkan masalah kesehatan genital serius jika keputihan cair dan bening terus menerus dirasakan.

Ada banyak warna keputihan yang dapat diterjadi pada seorang wanita, diantaranya dapat berupa seperti:

o Putih kekuningan atau lebih putih susu

o Kuning kehijauan seperti nanah

o Coklat kemerahan

o Abu-abu atau pekat

Keputihan Bagi Wanita

Setiap orang wanita akan memiliki keluhan keputihan yang berbeda-beda atau variatif dari satu orang dengan orang lainnya. Sehingga Anda mungkin tidak dapat menyadari kondisi keputihan tersebut sebagai bagian dari siklus yang normal atau bahkan abnormal. Seorang wanita yang mengalami keputihan memang dianggap sebagai bagian dari pembersihan pada area organ reproduksi bagian dalamnya.

Namun akan berbeda kondisinya jika Anda juga mengalami kondisi yang disertai dengan gejala-gejala tambahan lain yang berlangsung secara bersamaan dengan adanya keputihan tersebut. Ada banyak faktor yang ikut berperan saat Anda mengalami keputihan, baik secara internal dari dalam tubuh Anda maupun eksternal dari luar tubuh Anda sendiri.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Tentang Keputihan Seperti Ampas Tahu Anda

chat

Penyebab Keputihan Cair Bening Yang Anda Rasakan

Ada berbagai faktor dan kemungkinan yang dapat menjadikan penyebab mengapa seorang wanita mendapatkan keluhan keputihan cair bening atau keputihan abnormal. Ketika seorang wanita sudah tidak lagi merasakan kondisi yang sehat pada area organ reproduksinya , ini bisa terus berkembang dan menjadikannya sebagai salah satu bahaya yang kompleks.

Meskipun keputihan bisa digunakan sebagai tanda bahwa area organ reproduksi seorang wanita dalam keadaan yang sehat atau tidak, sebagian besar dapat terlihat dari waktu ke waktu. Berikut adalah beberapa penyebab munculnya keputihan cair bening yang Anda rasakan yaitu:

o Masa menjelang atau setelah menstruasi

o Siklus homonal

o Masa ovulasi atau pelepasan sel telur yang siap untuk dibuahi

o Penggunaan alat kontrol kelahiran atau kontrasepsi

o Kehamilan

Normal Atau Tidak Normal Kah Keputihan Cair Bening Anda?

Selama keputihan cair bening yang Anda alami tersebut tidak disertai dengan gejala seperti:

o Rasa sakit atau nyeri

o Gatal

o Kemerahan atau iritasi

o Intensitas atau masa yang tidak berlebih

Terlepas dari kondisi yang mempengaruhi dengan warna atau tekstur yang dirasakan, keputihan cair bening dapat dianggap sebagai kondisi yang normal. Setiap orang tentu akan memiliki kondisi respon tubuh yang berbeda-beda, dimana terkadang wanita memang akan lebih cenderung untuk mudah mengembangkan sebuah infeksi.

Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya setiap wanita juga bisa memiliki atau menerapkan praktik kebersihan serta gaya hidup yang baik guna kesehatan sistem organ reproduksi Anda. Mengingat bahwa keputihan juga bisa menjadi sebuah tanda atau gejala dari sebuah keluhan lain yang mungkin tanpa Anda sadari sebelumnya.

Lakukan Tes Dan Uji Klinis Untuk Memastikan Kondisinya

Cairan yang mengandung campuran sekresi vagina dan lendir serviks pada wanita atau sering disebut dengan keputihan inilah yang banyak wanita alami. Jumlah keputihan yang diproduksi oleh setiap wanita dapat bervariasi. Dan keputihan ini juga seringkali dianggap normal atau sehat secara alami, namun Anda juga harus mewaspadai kondisinya ketika terjadi secara abnormal.

Karena ada beberapa contoh keputihan abnormal yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan organ reproduksi bagian dalam seorang wanita. Tes dan uji klinis yang dilakukan secara medis tidak harus menuggu Anda untuk mengembangkan gejala keputihan yang tidak normal, Anda dapat melakukannya sebagai salah satu tindakan antisipasi jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

Lakukan tes dan pengujian Anda secara tepat di Klinik Utama Gracia untuk setiap masalah maupun gangguan kesehatan pada area organ reproduksi Anda. Teledokter kami di nomor 081336361555 adalah satu-satunya layanan konsultasi awal yang memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi kesehatan dan kebutuhan kesehatan Anda. Tunggu apalagi? Segera reservasikan jadwal pemeriksaan Anda dengan dokter kami sekarang.

Baca Juga: Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan