• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Keputihan Adalah Suatu Hal Yang Harus Anda Waspadai

Keputihan Adalah Suatu Hal Yang Harus Anda Waspadai
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

Keputihan adalah suatu hal yang berkaitan dengan wanita. Cairan yang sebenarnya tidak berwarna putih ini adalah sekresi vagina wanita. Ada dua jenis keputihan yang bisa dialami wanita yaitu keputihan fisiologis dan patologis. Keduanya adalah hal yang berbeda dan harus diketahui oleh para wanita.

Sebenarnya keputihan adalah suatu hal yang normal, yang seringkali menjadi penanda bahwa adanya perubahan hormon di dalam tubuh yang berkaitan dengan fungsi seksual wanita. misalnya, ketika wanita akan menstruasi, sedang masa ovulasi, sedang bergairah ataupun sedang stres, maka pada saat tersebut hormon akan berubah, dan menyebabkan terjadinya keputihan. Bila hal ini yang Anda alami, tak perlu Anda khawatirkan, karena ini adalah tanda terjadinya keputihan fisiologis.

Namun berbeda halnya bila Anda mengalami keputihan patologis yang disebut juga keputihan abnormal. Mewaspadai keberadaan kondisi ini harus dilakukan oleh wanita. Agar dapat mewaspadainya, maka Anda harus mengetahui apa saja ciri keputihan tersebut.

Ciri Keputihan Abnormal

Ada beberapa ciri keputihan abnormal yang harus Anda waspadai. Bila ciri-ciri ini terjadi, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

1. Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Normalnya, keputihan tidak akan mengeluarkan bau, terlebih bau tidak sedap. Namun keputihan abnormal umumnya akan berbau, seperti berbau amis ataupun berbau busuk. Adanya infeksi mikroorganisme jahat pada area kewanitaan dapat menyebabkan ciri ini muncul.

chat

2. Gatal

Keputihan abnormal juga akan disertai gatal yang menyebabkan penderitanya ingin terus menggaruk area kewanitaan, sehingga akan membuat area tersebut menjadi luka atau iritasi. Hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi kuman dan bakteri pada area kewanitaan.

3. Berwarna

Seharusnya, keputihan yang normal tidak akan memiliki warna, atau terlihat bening. Maka, jika yang terjadi adalah Anda mengalami keputihan yang berwarna kehijauan, kekuningan ataupun yang lainnya, akan lebih baik untuk segera berkonsultasi pada dokter.

4. Nyeri Dan Panas

Selain gatal, gejala penyerta keputihan abnormal lainnya adalah penderita akan merasakan nyeri dan juga sensasi panas saat buang air kecil. Jika hal ini terjadi, maka menjadi tanda bahwa infeksi mikroorganisme jahat sudah sampai pada sistem kemih.

Agar tidak mengalami gejala di atas, maka Anda harus menghindari segala penyebab keputihan. Penyebab keputihan adalah adanya infeksi bakteri, infeksi jamur, penyakit menular seksual, stress, konsumsi obat tertentu dan juga kurang menjaga kebersihan vagina.

Anda juga disarankan untuk menghindari pemakaian pembersih ataupun apapun produk yang digunakan pada vagina yang memiliki kandungan pewangi di dalamnya. Hal ini akan membuat keseimbangan pH vagina menjadi rusak. Bila keseimbangan ini sudah rusak, maka akan dengan mudah menjadi tempat tumbuhnya mikroorganisme jahat yang dapat membuat terjadinya keputihan abnormal.

Bila Anda memiliki keluhan terkait keputihan abnormal, Anda dapat melakukan konsultasi pada staf medis Klinik Utama Gracia, ataupun dengan dokter ginekologi Klinik Utama Gracia. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan