• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 085714263063

Kencing Nanah Wanita Dan Efek Infeksinya!

Kencing Nanah Wanita Dan Efek Infeksinya!
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )



Kencing nanah wanita saat ini juga sering ditemukan dan dirasakan oleh sebagian besar wanita, baik secara ditularkan secara seksual maupun non seksual. Seorang wanita yang mengalami infeksi kencing nanah atau gonore mungkin akan jauh lebih bersifat asimtomatik dibandingkan ketika infeksinya terjadi pada seorang pria.

Ketika seorang wanita mengalami gejala infeksi, mereka akan cenderung ringan atau lebih mirip dengan gejala infeksi lain dan akan membuatnya lebih sulit untuk diidentifikasi. Kencing nanah wanita akan lebih mudah untuk disebarkan atau ditransmisikan secara tidak sadar oleh seorang wanita, akibatnya Anda mungkin tidak akan menyadari jika Anda memiliki infeksi menular seksual (IMS).

Gejala-Gejala Kencing Nanah Wanita

Beberapa wanita mungkin akan merasakan gejala yang ringan hingga berat untuk setiap kondisinya. dan diantaranya dapat meliputi:

o Nyeri panggul atau perut bagian bawah serta pinggang

o Sensasi terbakar dan sakit saat berkemih

o Munculnya keputihan yang lebih banyak daripada biasanya

o Perubahan warna keputihan seperti kekuningan atau kuning kehijauan (nanah)

o Adanya pembengkakan kelenjar bartholin

o Adanya bercak darah diluar siklus menstruasi atau nyeri saat berhubungan seksual

o Sakit tenggorokan disertai kesulitan menelan

o infeksi anus atau dubur akibat kontak seksual secara anal dan ditandai dengan adanya darah atau abses pada feses

gejala kencing nanah wanita memang memiliki beberapa persamaan dengan gejala kencing nanah pada pria. Dan yang membedakan gejala secara jelasnya adalah ketika seorang wanita memiliki keluhan keputihan abnormal, dengan warna kuning kehijauan atau menyerupai nanah disertai dengan adanya gejala-gejala lain yang terjadi bersamaan.

Beberapa orang yang mengalami gejala infeksi tersebut mungkin tidak dapat menyadari kondisinya sebagai infeksi menular seksual (IMS), dan lebih berfikir pada beberapa kemungkinan infeksi ginekologi lainnya. Hal ini terjadi karena seorang wanita akan cenderung memiliki keputihan atau pengeluaran sekresi sisa sel-sel mati dari dalam organ reproduksinya. Sehingga kondisi ini yang akan cenderung lebih menyamarkan gejala infeksi kencing nanah yang dialaminya.

Baca Juga: Kenali Dan Hindari Penularan Kencing Nanah Gonore

chat

Efek Jangka Panjang Infeksi Kencing Nanah Wanita

Dalam jangka panjang, infeksi kencing nanah wanita dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan dan juga organ reproduksi bagian dalam Anda. Bakteri neisseria gonorrhoeae dapat menyebar hingga kedalam area organ reproduksi wanita dan menyebabkan adanya peradangan serius seperti radang panggul atau PID (pelvic inflammatory disease).

Selain itu Anda juga bisa berisiko untuk mendapatkan infertilitas atau kemandulan, bakteri penyebab kencing nanah memang tidak membuat kemandulan. Namun infeksi menular seksual yang telah berkembang menjadi penyakit radang panggul inilah yang mempengaruhi kesuburan Anda. Infeksi saluran genital yang berkepanjangan dapat menyebabkan jaringan parut dan penyumbatan saluran tuba, inilah yang akan memperkecil kemungkinan seorang wanita untuk hamil.

Sebelum terjadinya penyakit radang panggul seorang wanita mungkin akan leboh merasakan adanya beberapa masalah atau gangguan kehamilan. Infeksi kencing nanah wanita dapat menularkan pada bayi saat proses persalinan secara normal, dan kondisi ini juga bisa memberikan efek jangka panjang yang serius dan juga fatal bagi keduanya.

Bagaimana Cara Menghindari Infeksi Kencing Nanah?

Cara terbaik untuk menghindari dan mencegah infeksi gonore adalah dengan tidak melakukan kontak seksual berisiko. Jika Anda sudah memiliki riwayat kontak seksual berisiko, Anda mungkin akan lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan secara medis yang lebih tepat dan sesuai. Setiap penyedia layanan kesehatan atau dokjter dapat mendiagnosis keluhan gonore atau kencing nanah dengan melakukan pengujian maupun tes laboratorium.

Tes atau uji laboratorium dilakukan dengan mengambil sampel urin atau swab untuk mengambil cairan dari dalam organ reproduksi Anda. Penting untuk dilakukan tes dan pengujian klinis ini guna analisis keluhan lebih dalam baik penyebab keluhan, jenis bakteri, serta memastikan diagnosis keluhan secara pasti guna pengobatan yang dilakukan dengan tapat dan benar.

Segera lakukan pemeriksaan dan pengecekan di Klinik Utama Gracia untuk pengobatan dan perawatan yang Anda butuhkan. Klinik khusus kesehatan organ genital yang memberikan pelayanan medis bagi setiap keluhan organ reproduksi pria dan wanita. Informasi lebih lanjut dan konsultasi online silahkan hubungi kami di nomor 081336361555 sekarang untuk reservasi Anda.

Baca Juga: Ternyata 5 Hal Ini Merupakan Penyebab Penyakit Gonorrhea

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan