• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kencing Nanah Menular Melalui Apa Saja? Hati-Hati Penyebarannya

Kencing Nanah Menular Melalui Apa Saja? Hati-Hati Penyebarannya
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )



Cara penularan dan bagaimana anda bisa mendapatkan infeksinya akan hampir sama, lalu kencing nanah menular melalui apa saja? Secara umum infeksi disebabkan oleh bakteri neisseria gonorrhoeae. Sebelumnya Anda mungkin sudah mengetahui jika kencing nanah atau gonore ini adalah penyakit menular seksual (PMS), artinya Anda juga harus memperhatikan setiap aktifitas seksual yang dilakukan.

Penularan Utama Penyakit Kencing Nanah

Kencing nanah menular melalui apa saja, berikut adalah beberapa kemungkinan yang dapat menjadi media penularan untuk infeksi kencing nanah.

o Kontak hubungan seksual (vaginal, anal, atau oral)

o Memiliki kontak langsung dengan cairan pada area kelamin orang yang terinfeksi

o Berbagi mainan seksual

o Proses kelahiran normal dari seorang ibu yang terinfeksi kencing nanah

o Pria yang berhubungan seksual dengan sesama jenis (gay atau homo)

Bahkan saat ini kencing nanah menular melalui apa saja tanpa Anda sadari sebelumnya, sehingga Anda juga harus bisa mengantisipasi adanya berbagai kemungkinan kontak tidak langsung pada orang-orang terdekat Anda. Karena bakteri menjadi organisme miksroskopik yang tidak mudah untuk dilihat langsung dengan mata, sehingga memungkinkan adanya penyebaran atau penularasn secara tidak sadar.

Baca Juga: Jangka Efek Kencing Nanah Pada Tubuh Yang Berbahaya

chat

Bisakah Infeksi Kencing Nanah Tanpa Kontak Seksual?

Bisakah infeksi kencing nanah atau gonore menular tanpa adanya kontak seksual? Pada dasarnya infeksi kencing nanah menular melalui apa saja, namun bakteri akan lebih mudah berpindah ketika seseorang melakukan kontak seksual. Dimana hubungan seksual memudahkan adanya perpindahan cairan tubuh dan juga kontak kulit ke kulit secara langsung, yang berarti juga membuat bakteria tau organisme lain juga dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Meskipun sebagian besar penularan kencing nanah diperoleh dengan kontak seksual, namun saat ini kemungkinan kencing nanah menular melalui apa saja juga bisa terjadi atau penularan non seksual. Bahkan penularan bakteri tersebut juga bisa terjadi hanya dengan bersentuhan dengan alat kelamin orang yang terinfeksi tanpa adanya penetrasi.

Hindari Penularan Infeksi Kencing Nanah

Untuk menghindari penyebaran atau penularan infeksi kencing nanah, cara terbaik sebagai pilihannya adalah dengan tidak melakukan kontak seksual berisiko dan batasi jumlah pasangan seksual Anda. Namun jika kondisi tersebut sudah terlanjur dialami, Anda mungkin sebaiknya melakukan hal-hal berikut guna menghindari penularan infeksi kencing nanah pada pasangan atau orang-orang terdekat Anda. Yang diantaranya adalah:

o Beri tahu pasangan seksual Anda tentang diagnosa infeksi kencing nanah tersebut

o Tidak berhubungan seksual selama perawatan sampai selesai (termasuk oral seks)

o Pastikan bahwa pasangan seksual Anda diskrining PMS dan diobati pada waktu yang bersamaan jika terdeteksi adanya kemungkinan infeksi kening nanah

o Pastikan mencuci tangan dengan benar selama perawatan untuk mencegah transmisi atau perpindahan bakteri penyebab infeksi ke mata.

o Lakukan tes atau skrining secara berkala (bahkan jika telah dinyatakan sembuh) guna menghindari adanya kemungkinan infeksi bolak balik antar pasangan atau infeksi yang berulang.

Kesehatan Organ Genital Yang Vital

Hindari segala sesuatu yang dapat memicu adanya infeksi, khususnya jika kemungkinan kencing nanah menular melalui apa saja atau dalam artian juga dengan segala bentuk penyakit menular seksual (PMS) lainnya. Lakukan segera konsultasi atau tanyakan pada dokter jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kontak seksual yang berisiko guna memastikan kondisinya secara pasti. Saat ini Klinik Utama Gracia hadir sebagai pelayanan kesehatan genital utama bagi Anda yang membutuhkan penanganan secara intensif.

Kontak kami melalui chat online gratis dibawah ini atau langsung di nomor 081336361555 . Tunggu apalagi? Konsultasi Anda dilayani langsung oleh dokter dan tenaga medis profesional kami.

Baca Juga: Kencing Nanah Apakah Bisa Sembuh Sendiri Tanpa Pengobatan?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan