• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama? Apa Perbedaannya

Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama? Apa Perbedaannya
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )



Kencing nanah dan sipilis apakah sama? Apa saja persamaan dan perbedaan diantara kedua penyakit menular seksual (PMS) tersebut mungkin akan sangat telihat melalui gejala-gejalanya. Mengapa banyak orang menganggap penyakit kencing nanah dan sipilis apakah sama? Meski ada banyak kemungkinan penyakit menular seksual (PMS) yang sama, namun kedua jenis penyakit tersebut adalah kondisi yang berbeda satu sama lainnya.

Perbedaan Jenis Bakteri Penyebab Keluhan

Penyebab kencing nanah dan sipilis apakah sama? Untuk kencing nanah (gonore) dan sipilis (raja singa) memang memiliki penyebab yang sama yaitu disebabkan oleh bakteri, akan tetapi keduanya adalah jenis atau strain bakteri yang berbeda. Apa bakteri penyebab keluhan tersebut?

o Neisseria gonorrhoeae, untuk penyebab kencing nanah

o Treponema pallidum, untuk penyebab sipilis

Dalam penyakit kencing nanah, bakteri dapat berkembang dan meningkat hanya di daerah yang hangat dan lembab. Misalnya pada area organ reproduksi dan sekitarnya, selain itu bakteri juga dapat berkembang di anus, mulut, tenggorokan, dan mata. Sedangkan untuk penyakit sipilis akan lebih sering ditularkan dengan kontak kulit ke kulit secara langsung, bahkan penyakit sifilis bawaan juga bisa terjadi ketika ibu menularkan infeksi kepada anaknya yang belum lahir.

Baca Juga: Mengapa Banyak Keluhan Kencing Nanah Pada Laki Laki?

chat

Gejala Pada Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?

o Gejala pada kencing nanah

Gejala kencing nanah akan lebih dirasakan pada area saluran uretra (saluran kemih) baik pada pria maupun wanita. Sehingga Anda atau pasangan mungkin akan merasakan beberapa keluhan saat berkemih. Dan sesuai dengan namanya, Anda mungkin akan menemukan sekresi atau pengeluaran cairan berwarna kuning kehijauan seperti nanah pasa area organ genital (pria biasanya akan membekas pada area celana dalam atau ujung kelamin dan pada wanita cenderung pada keputihan abnormal)

o Gejala pada sipilis

Penyakit sipilis akan memiliki gejala yang khas, yaitu dengan munculnya luka sipilis atau chancre pada area kelamin dan sekitaranya, atau kadang mungkin juga bisa ditemukan pada area anus dan mulut untuk kontak seksual secara anal atau oral. Luka yang muncul akan lebih dirasakan pada sipilis primer atau awal. Ketika gejala lebih lanjut biasanya Anda mungkin akan memiliki ruam atau bercak coklat atau kemerahan pada tubuh yang tidak terasa gatal dan jika dibiarkan maka kondisinya dapat berjalan hingga sipilis tahap akhir yang lebih berbahaya.

Banyak Orang Menganggap Sama Keluhannya

Sebagian besar orang akan lebih menyebut keluhan kencing nanah atau gonore adalah raja singa meski pada kenyataanya jika kondisi kedua penyakit tersebut adalah berbeda. Hal ini mungkin dikarenakan kurangnya pengertian pada jenis-jenis penyakit menular seksual (PMS) secara umum. Sehingga banyak orang memiliki anggapan bahwa gejala kencing nanah dan sipilis apakah sama dan termasuk dalam satu jenis penyakit. Dengan artikel ini dihadirkan dengan tujuan untuk mengubah anggapan dan memberikan informasi kesehatan yang Anda butuhkan.

Jika Keluhan Muncul, Segera Lakukan Ini!

Perhatikan setiap kondisi fisik, gejala, dan kesehatan organ reproduksi Anda guna menghindari adanya masalah kesehatan genital yang serius. Untuk jenis penyakit seperti kencing nanah dan sipilis apakah sama dalam penanganannya? Tidak, setiap keluhan akan memiliki metode dan jenis penanganan yang berbeda berdasaekan kondisi antara satu orang dengan orang lainnya.

Segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi jika Anda menyadari atau menemukan adanya gejala yang dirasakan seperti keluhan kencing nanah dan sipilis maupun keluhan lainnya. Dengan mendatangi dokter atau layanan kesehatan secara langsung Anda tentu juga bisa mendapatkan informasi serta anjuran kesehatan yang lebih tepat dan sesuai.

Klinik Utama Gracia hadir untuk Anda yang membutuhkan layanan kesehatan secara khusus untuk setiap keluhan pada organ genital baik pria maupun wanita. Tanyakan keluhan Anda via telepon 081336361555 atau reservasi jadwal pemeriksaan Anda dengan klik link konsultasi kami.

Baca Juga: Kencing Nanah Wanita Dan Efek Infeksinya!

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan