• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Kenalilah, Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal

Kenalilah, Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )

Semua wanita akan mengalami keputihan. Mungkin kamu juga menjadi wanita yang mengalami kondisi keputihan. Keputihan pasti kamu anggap menjadi sesuatu yang wajar dan normal. Biasanya keputihan terjadi karena siklus menstruasi pada tubuh wanita. Tapi tahukah kamu tentang keputihan normal dan tidak normal.

Banyak wanita yang belum mengetahui mengenai keputihan. Mereka merasa keputihan merupakan kondisi yang tidak normal. pemahaman seperti itu memang tidak salah, karena keputihan terdapat dua jenis yakni keputihan yang normal dan tidak normal.

Jika kamu mengalami keputihan yang normal, mungkin kondisi tersebut tidak perlu di khawatirkan, dan anda tidak perlu melakukan pengobatan jenis apapun. Karena kondisi tersebut terjadi secara normal karena dipengaruhi oleh kadar hormone yang terdapat didalam tubuh kamu.

Keputihan Normal

Keputihan normal merupakan keputihan yang tidak menimbulkan gejala dan kondisi apapun bagi tubuh anda. Seperti anda tidak akan mengalami rasa gatal, lendir keputihan yang keluar tidak lengket, tidak berwarna, dan juga tidak berbau. Jika anda mengalami keputihan dalam kondisi seperti ini, maka anda tidak perlu khawatir dan keputihan tidak perlu diobati.

Kondisi keputihan normal dikarenakan oleh kehamilan, siklus menstruasi, stress, dan juga ketika anda sedang melakukan aktivitas seksual. Ketika kamu mengalami keputihan yang normal, maka keputihan tersebut tidak perlu anda cemaskan. Karena akan hilang dengan sendirinya.

chat

Keputihan Tidak Normal

Keputihan normal dan tidak normal memang sesuatu yang berbeda. Karena keputihan normal merupakan kondisi yang normal terjadi pada setiap wanita. Berbeda dengan keputihan tidak normal, keputihan tidak normal bisa menandakan bahwa organ reproduksi kewanitaan kamu.

Keputihan tidak normal terjadi dikarenakan infeksi jamur, bakteri, dan kuman serta penyakit menular seksual. Keputihan tidak normal pun menjadi tanda seseorang mengalami kanker serviks. Berikut ciri-ciri keputihan tidak normal.

  • Cairan keputihan lebih banyak
  • Keputihan disertai rasa bau
  • Keputihan disertai rasa gatal
  • Keputihan berwarna cokelat, abu-abu, dan hijau

Penyebab Keputihan Tidak Normal

Agar anda lebih mengetahui apa perbedaan keputihan normal dan tidak normal. Seperti yang dijelaskan secara singkat bahwa keputihan yang tidak normal disebabkan oleh bakteri, jamur, dan penyakit. Berikut beberapa penyebab keputihan yang sering terjadi pada tubuh wanita yang tidak normal.

Bakteri Vaginosis

Bakteri vaginosis adalah bakteri yang hidup pada vagina. ketika keputihan terjadi, bakteri yang bernama anaerob ini tumbuh lebih banyak pada vagina. Akibat dari pertumbuhan bakteri yang cukup banyak ini, menyebabkan anda mengalami keputihan disertai rasa gatal dan juga berbau amis. Biasanya orang yang sering melakukan hubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan sangat rentan mengalami bakteri vaginosis.

Infeksi Jamur

Jamur yang biasa menyebabkan infeksi pada vagina adalah jamur candida albicians. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur memiliki ciri berwarna putih kekuning-kuningan, biasanya juga disertai rasa gatal, dan rasa sakit yang panas seperti terbakar. Biasanya infeksi jamur terjadi pada vagina disebabkan oleh stress, diabetes, konsumsi pil kontrasepsi, dan kehamilan.

Trikomoniasis

Hal lain yang menyebabkan keputihan tidak normal adalah protozoa trichomonas vaginalis. Bakteri ini biasanya menyerang saluran kencing pada wanita, dan menyebabkan terjadinya keputihan yang tidak normal. keputihan akibat trikomoniasis akan menunjukan keputihan dengan berbusa, berwarna kuning terkadang kehijauan, dan keputihan akan berbau amis.

Penyakit

Keputihan yang tidak normal bisa disebabkan oleh berbagai jenis penyakit. Biasanya keputihan yang dikarenakan oleh penyakit adalah keputihan yang disebabkan oleh penyakit menular seksual, dan juga sebagai tanda anda mengalami kanker serviks.

Itulah perbedaan antara keputihan normal dan tidak normal. Ketika anda sudah mengalami keputihan yang tidak normal, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan untuk menghilangkan serangan bakteri, jamur, dan protozoa. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan