• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kenali Tahapan Dan Gejala Sifilis Pada Wanita

Kenali Tahapan Dan Gejala Sifilis Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )



Sifilis pada wanita, salah satu bagian dari penyakit menular seksual (PMS) yang menginfeksi dan berpindah dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak seksual yang dilakukan. Selain kontak seksual, kontak langsung dari kulit ke kulit dengan seseorang yang terinfeksi juga bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan infeksinya.

Infeksi Penyakit Sifilis

Bakteri treponema pallidum adalah mikroorganisme penyebab infeksi sifilis yang berbentuk spiral dan mudah menular atau menginfeksi bahkan dengan sentuhan pada area infeksinya saja. Kesempatan seseorang untuk mendapatkan infeksi bakteri sifilis juga meningkat ketika dirinya secara aktif melakukan berbagai kontak seksual bahkan anal ataupun oral.

Seperti yang telah diketahui bahwa infeksi penyakit sifilis memiliki beberapa tahapan atau fase ketika infeksinya masuk kedalam tubuh seseorang dan akan mudah menyebabkan kondisi yang komplikatif. Dalam beberapa kondisi seseorang mungkin akan lebih merasakan gejala yang fatal bahkan adanya kerusakan yang bersifat permanen.

Sifilis pada wanita biasanya akan menimbulkan kondisi yang lebih kompleks, dimana seorang wanita akan lebih merasakan kondisi infeksinya dalam jangka panjang atau dalam waktu yang lama dan lebih serius untuk mengatasi keluhan tersebut nantinya. Luka yang tidak terasa menyakitkan merupakan gejala yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang.

Baca Juga : Awas, Inilah 4 Tahapan Gejala Sifilis Pada Pria Dan Wanita

chat

Tahapan Dan Gejala Pada Sifilis Wanita

Sama seperti tahap dan gejala sifilis pada umumnya, ketika bakteri sifilis menjadi penyebab keluhan infeksi dan sudah masuk kedalam tubuh serta mulai merusak organ-organ vital didalam tubuh Anda. Beberapa tahapan atau fase dari infeksi sifilis mungkin akan memiliki beberapa gejala yang berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Anda mungkin akan lebih menyadari gejalanya ketika sebuah tahap infeksi semakin menjadi lebih sulit atau lebih parah dialami dari sebelumnya.

Berikut adalah beberapa tahapan dan gejala yang bisa muncul ketika keluhan sifilis mulai menginfeksi diantaranya adalah :

• Sifilis tahap I atau primer, yang mana sifilis ini ditandai dengan adanya sebuah luka atau chancre yang muncul pada area sekitar alat kelamin yang tidak menyakitkan.

• Sifilis tahap II atau sekunder, muncul dengan ruam kemerahan atau kecoklatan pada telapak tangan atau kaki bahkan hingga pada seluruh area tubuh.

• Sifilis tahap III atau tahap akhir yang merusak seluruh sistem dan organ didalam tubuh Anda, sehingga seseorang mungkin tidak akan menyadarinya sebagai kondisi yang serius.

Sifilis pada wanita tentunya akan menimbulkan risiko lebih parah dan lebih serius ketika wanita tersebut juga sedang dalam masa kehamilan, ketika Anda hamil dan mendapatkan infeksinya atau ketika menjadi hamil setelah adanya infeksi tersebut. Akan sangat mundah untuk sifilis pada wanita dalam mengembangkan bahayanya khususnya jika pada seorang wanita hamil.

Beberapa kondisi mungkin akan dirasakan pada seorang wanita ketika dirinya didiagnosis dengan keluhan sifilis. Dalam beberapa kasus ketika seorang wanita mendapatkan keluhan infeksi bakteri sifilis, maka bakterinya mulai berjalan untuk merusak atau mengakibatkan masalah permanen terhadap kesehatan maupun fungsi seksualnya.

Tidak semua orang dengan infeksi bisa mendapatkan gejalanya secara berurutan, karena terkadang seseorang juga bisa mendapatkan keluhannya secara bersamaan atau bahkan bisa lebih samar dari sebelumnya. Selain itu juga bisa didasari dengan adanya kondisi yang lebih mendasar ketika Anda juga mulai mengalami kondisi kekebalan tubuh yang menurun.

Sifilis Pada Wanita Hamil Atau Sifilis Kongenital

Sifilis kongenital adalah infeksi penyakit sifilis yang terjadi pada seorang ibu hamil, yang mana sifilis pada wanita ini merupakan kondisi yang harus dihindari atau tidak bisa dibiarkan. Anda memang tidak akan mendapatkan gejala penyakit sifilis secara langsung ketika infeksinya mulai memasuki tubuh Anda, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat gejala sifilis awal hingga akhir yang dirasakan oleh seseorang.

Sifilis pada wanita hamil atau sifilis kongenital mungkin akan lebih dirasakan ketika Anda dalam masa proses persalinan. Jika orang yang terinfeksi tidak segera diobati maka kondisinya mungkin akan mengarah pada :

• Keguguran
• Stillbirth (bayi lahir mati)
• Bayi lahir prematur
• Bayi lahir dengan berat badan rendah
• Kerusakan atau maslaah pada organ-organ vitalnya
• Kematian pada bayi setelah dilahirkan

Kondisi-kondisi tersebut mungkin akan lebih dirasakan ketika keluhan Anda sudah mulai menjadi gejala yang serius dan akan membutuhkan sebuah perawatan baik bagi ibu dan juga bayinya guna menghindari adanya kondisi yang lebih fatal. Tidak semua bayi yang dilahirkan melalui jalan lahir dari seorang ibu yang terinfeksi sifilis memiliki tanda atau gejala.

Tanpa perawatan dan pengobatan yang tepat seorang anak yang dilahirkan bisa saja mendapatkan kerusakan pada beberapa organ vital dalam tubuhnya, masalah kesehatan serius dapat berkembang dalam jangka waktu yang cukup cepat setelah kelahiran maupun dalam jangka waktu tertentu. Dalam kondisi kronis kematian adalah risiko bahaya yang paling sering terjadi dan harus dihindari.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Infeksi Sifilis?

Sifilis pada wanita ataupun pada pria tentu membutuhkan penanganan dan pengobatan, pengobatan yang dilakukan tentunya akan berguna dalam untuk menyembuhkan keluhan dan menghindari adanya bahaya yang lebih serius ketika infeksinya mulai menyebar dan merusak sistem kekebalan tubuh Anda. Dalam kondisi yang harus diperhatikan adalah ketika seseorang memiliki infeksi sifilis maka dirinya juga berkesempatan lebih untuk mengembangkan infeksi HIV atau AIDS.

Konsultasi dan pemeriksaan awal dalam satu kali kunjungan dengan dokter Anda dan disertai dengan pemeriksaan penunjang yang mendukung tentu akan memudahkan diagnosis yang dibutuhkan. Menentukan diagnosis untuk sebuah keluhan tentu harus dilakukan dengan tepat dan benar demi jalannya pengobatan yang maksimal.

Klinik Utama Gracia, Klinik dengan pelayanan medis terbaik yang modern dan canggih untuk menunjang jalannya setiap pengobatan bagi keluhan organ reproduksi Anda maupun pasangan. Klinik yang memberikan pelayanan medis khusus untuk setiap keluhan genital Anda dengan dokter dan tenaga medis ahli yang profesional dan berkompeten dibidangnya.

Layanan konsultasi gratis dengan chat online atau hubungi 081336361555 dengan dokter dan tenaga medis kami. Segera reservasikan jadwal pemeriksaan Anda untuk memudahkan pelayanan prioritas terbaik kami. Hindari segala bentuk kontak seksual ketika masa perawatan dilakukan untuk menghindari adanya risiko penularan terhadap pasangan.

Baca Juga : Begini Cara Mengobati Sipilis Pada Pria Dan Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan