• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Kenali Penyebab Sakit Pinggang Pada Wanita

Kenali Penyebab Sakit Pinggang Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )

Apa penyebab sakit pinggang pada wanita? Mungkin banyak wanita yang masih bertanya-tanya mengapa kondisi ini bisa dialaminya. Ternyata penyebab dari kondisi tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kesalahan dalam bergerak, kebiasaan buruk ataupun berhubungan dengan kesehatan sistem kemih.

1. Mengangkat Beban Yang Berat

Saat mengangkat beban yang berat, maka akan melibatkan bahu, tangan, dan juga otot dan sendi bagian pinggang. Dalam kondisi tersebut, sendi dan otot di pinggang akan berusaha menahan beban, dan bila terlalu kuat atau terlalu berat maka bisa menyebabkan cedera.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka akan lebih baik bila mengangkat beban berat menggunakan alat bantu, selain itu Anda dapat mengurangi beban dan menggunakan penahan pada bagian pinggang dan juga perut.

2. Pemakaian Sepatu Hak Tinggi

Para wanita yang sering menggunakan sepatu hak tinggi juga sangat mungkin mengalami sakit pinggang. Hal ini disebabkan karena adanya dorongan tulang belakang yang membuatnya menjadi bungkuk ke depan. Bila terus terjadi, maka sendi tulang belakang yang ada di sekitar pinggang bisa mengalami cedera.

Untuk mengatasinya, hindari penggunaan sepatu hak tinggi terlalu sering. Jika memang diharuskan, maka usahakan untuk selalu merendam kaki menggunakan air hangat yang dicampur garam, setelah seharian Anda menggunakan sepatu hak tinggi.

chat

3. Merokok

Ketika seseorang merokok, maka nikotin akan masuk ke aliran darah dan merusak jaringan yang berada di pinggang. Ketika hal tersebut terjadi, maka otot dan sendi akan mengalami gangguan karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Nikotin juga dapat memperburuk keadaan karena akan mengganggu sinyal pengirim rasa sakit dari otak ke syaraf sensorik.

Untuk mengatasi, hindari kebiasaan merokok yang biasa Anda lakukan, karena rokok bukan hanya akan menyebabkan sakit pinggang, namun juga masalah kesehatan yang lainnya.

4. Obesitas

Berat badan yang berlebih dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang pada wanita. Hal ini dikarenakan terjadinya penekanan pada sendi dan otot di tubuh, terutama sendi pada bagian pinggang yang menerima tekanan yang lebih besar dari berat tubuh karena menjadi tempat bertumpunya berat badan dari kepala hingga ke pinggang.

Untuk mengatasinya Anda harus menyeimbangkan berat badan Anda dengan berolahraga secara teratur dan juga mengonsumsi makanan sehat yang tidak berkalori tinggi.

5. Infeksi Saluran Kemih

Penyebab sakit pinggang pada wanita yang terakhir dan paling sering terjadi adalah karena infeksi saluran kemih. Infeksi ini bisa terjadi disebabkan oleh bakteri di sistem kemih wanita. Alasan mengapa kondisi ini paling sering terjadi pada wanita adalah karena jarak uretra dengan anus milik wanita sangat berdekatan yang memungkinkan bakteri dari saluran cerna berpindah ke saluran kemih dan menginfeksi bagian tersebut. Akhirnya wanita akan mengalami sakit saat buang air kecil, anyang-anyangan bahkan demam.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka Anda memerlukan pengobatan antibiotik. Anda juga bisa mengonsumsi penghilang rasa sakit karena umumnya infeksi ini menyebabkan timbulnya nyeri atau sakit pada bagian perut bawah. Selain itu Anda dapat melakukan kompres hangat bagian perut yang sakit setiap harinya. Namun perlu diperhatikan, bahwa Anda harus terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter sebelum mulai menggunakan antibiotik. Jangan gunakan antibiotik sembarangan yang bukan diberikan sesuai dengan permasalahan yang Anda alami.

Bila Anda memiliki keluhan terkait infeksi saluran kemih, Anda dapat memeriksakan diri ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan