• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kenali Penyebab Dan Cara Penyakit Kelamin Menular

Kenali Penyebab Dan Cara Penyakit Kelamin Menular
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )



Penyakit kelamin menular adalah sekelompok penyakit yang ditularkan dari orang ke orang selama hubungan seksual, baik itu seks oral atau jenis permainan seks tertentu (seks toys). Penyakit-penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit dan menyebar melalui kontak seksual intim yang melibatkan penis, vagina, mulut atau anus dan kontak dengan salah satu membran yang melapisi saluran kemih atau kelamin.

Penyakit kelamin menular juga disebut penyakit menular seksual. Dokter biasanya menyebutnya infeksi menular seksual (IMS) karena kemungkinan seseorang tidak memiliki gejala namun masih memiliki infeksi dan memerlukan pengobatan secara khusus dan efektif, karena setelah diidentifikasi lebih dari 20 jenis penyakit menular seksual (PMS) yang berbeda.

Apa Itu Penyakit Kelamin Menular?

Penyakit kelamin juga dikenal sebagai penyakit menular seksual (PMS) dan infeksi menular seksual (IMS). Penyakit kelamin adalah penyakit atau infeksi yang memiliki kemungkinan penularan yang signifikan antara manusia melalui kontak seksual. Tergantung pada penyakit kelamin itu, seseorang yang kemungkinan tidak dapat menyebarkan atau menularkan infeksinya jika tidak ada tanda-tanda penyakit yang muncul.

Sebagai contoh, seseorang kemungkinan lebih jauh untuk menyebarkan infeksi herpes ketika adanya lepuhan muncul, daripada ketika infeksi menular seksual (IMS) nya tidak muncul. Namun seseorang tersebut dapat menyebarkannya kapan saja, bahkan jika belum ada tanda-tanda gejala AIDS. Semua perilaku yang melibatkan kontak dengan orang lain atau cairan tubuh orang lain harus dianggap mengandung beberapa risiko penularan penyakit menular seksual (PMS).

Baca Juga : Kenali Dan Waspadai Gejala Penyakir Menular Seksual

chat

Penyebab Dari Penyakit Kelamin Menular

Ada 3 penyebab penyakit kelamin diantaranya :

• Bakteri termasuk klamidia, gonore (kencing nanah) dan sipilis (raja singa).
• Virus termasuk HIV atau AIDS, Herpes Simpleks Virus (HSV), Human Papilloma Virus (HPV), virus hepatitis B dan yang lainnya.
• Parasit seperti trichomoniasis vaginalis atau kutu kelamin dan tungau kudis.

Setiap infeksi menular seksual (IMS) dapat menyebar melalui aktifitas seksual termasuk hubungan seksual dan beberapa infeksi menular seksual (IMS) juga menyebar melalui seks oral dan aktifitas seksual lainnya. Ejakulasi tidak harus terjadi karena infeksi menular seksual (IMS) berpindah dari orang ke orang.

Selain itu, berbagi jarum yang terkontaminasi seperti yang digunakan untuk menyuntikkan obat-obatan terlarang atau menggunakan peralatan tindik tubuh atau tato yang terkontaminasi juga dapat menularkan beberapa infeksi seperti HIV, hepatitis B dan hepatitis C. Beberapa infeksi dapat ditularkan secara seksual, akan tetapi juga menyebar melalui non seksual atau kontak dekat.

Beberapa infeksi ini tidak dianggap infeksi menular seksual (IMS) meskipun ditularkan melalui kontak seksual. Terlepas dari bagaimana seseorang terpapar, begitu seseorang terinfeksi oleh infeksi menular seksual (IMS), maka dapat menyebarkan infeksi ke orang lain melalui seks oral, vagina atau anal, bahkan jika tidak memiliki gejala.

Gejala Penyakit Kelamin Menular

Orang dengan penyakit kelamin kemungkinan merasa sakit dan memperhatikan beberapa tanda dan gejala seperti :

• Luka atau kutil di area genital.
• Nyeri atau seringnya kencing.
• Terasa gatal dan kemerahan di area genital.
• Lepuhan atau luka disekitar mulut.
• Bau vagina tidak normal.
• Anal terasa gatal, nyeri atau perdarahan.
• Sakit perut.
• Demam.

Dalam beberapa kasus, orang dengan infeksi menular seksual (IMS) tidak memiliki gejala. Seiring waktu, semua gejala yang ada dapat membaik dengan sendirinya. Kemungkinan juga bagi seseorang untuk memiliki infeksi menular seksual (IMS) tanpa gejala dan kemudian menyebarkannya atau menularkannya kepada orang lain tanpa menyadarinya. Jika Anda khawatiar bahwa Anda dan pasangan seksual Anda kemungkinan memiliki infeksi menular seksual (IMS), maka konsultasikan dengan dokter. Bahkan jika tidak memiliki gejala sekalipun, kemungkinan memiliki infeksi menular seksual (IMS) yang memerlukan pengobatan untuk memastikan kesehatan seksual Anda dan pasangan Anda.

Cara Mendiagnosis Penyakit Kelamin Menular

Penyakit kelamin didiagnosis dan diobati dalam berbagai pengaturan, bagi banyak orang, tes diagnostik terbatas atau tidak tersedia atau tindak lanjut tidak pasti. Dengan demikian, identifikasi organisme penyebab tidak diketahui. Dan diagnosis didasarkan pada hasil evaluasi klinis. Tes diagnostik kemungkinan termasuk kultur atau tes laboratorium. Pengujian atau tes diagnostik akan dilakukan lebih sering dalam kondisi seperti :

• Hasil diagnosis tidak jelas.
• Infeksi yang parah.
• Pengobatan awal tidak efektif.
• Alasan lain (misalnya tekanan mental yang ekstrem atau depresi dan lainnya).

Pengobatan Untuk Penyakit Kelamin Menular

Untuk setiap penyakit menular seksual (PMS) jika Anda terinfeksi, maka harus memberitahu pasangan seksual Anda, sehingga dapat dilakukan tes atau pengujian bersama dan diobati juga. Penggunaan kondom lateks yang benar sangat mengurangi kemungkinan terinfeksi atau menyebarkan dan menularkan penyakit menular seksual (PMS), akan tetapi tidak sepenuhnya menghilangkan risiko.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengobatan penyakit kelamin, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani penyakit kelamin menular di Jakarta, Indonesia. Dengan dibantu oleh dokter professional dengan peralatan medis yang tidak kalah dengan melakukan pengobatan di luar negeri.

Tunggu apalagi, segera lakukan pemeriksaan, agar penyakit Anda bisa segera mendapat penanganan secara khusus dan disembuhkan. Untuk lebih lanjut Anda bisa menghubungi nomor kami di 081336361555 dan untuk layanan konsultasi online gratis, Anda bisa menggunakan seperti dibawah ini.

Baca Juga : Macam Macam Gejala Awal Penyakit Kelamin

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan