• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kenali Macam Macam Penyakit Pada Alat Reproduksi

Kenali Macam Macam Penyakit Pada Alat Reproduksi
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )



Tahukah Anda tentang penyakit pada alat reproduksi? Sebagian orang tidak akan menyadari kondisi keluhan atau infeksi penyakit pada organ reproduksinya, karena ada beberapa penyakit kelamin yang muncul atau memiliki masa inkubasi yang cukup lama untuk bisa memunculkan gejalanya. Hal inilah yang menjadikan kondisinya tidak dapat disadari dari keluhan awal.

Penyakit-Penyakit Pada Alat Reproduksi

Seperti yang Anda ketahui bahwa penyakit pada organ reproduksi tentu akan disebabkan oleh berbagai bentuk kontak seksual yang sering dilakukan. Dimana kontak seksual termasuk dalam kontak langsung, namun kontak tidak langsung saat ini juga berpotensi untuk menularkan atau memindahkan sebuah infeksi dari satu orang ke orang lainnya.

Didalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang beberapa penyakit pada organ reproduksi yang lebih umum atau sering dialami dan ditemukan disekitar kita. Meskipun secara lebih luas penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) memiliki banyak jenisnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau jika Anda memiliki riwayat seksual yang aktif maka disarankan agar rutin untuk melakukan skrining atau pengecekan secara berkala.

Baca Juga : 5 Daftar Penyakit Kelamin Berbahaya Di Indonesia Dan Cara Mengatasinya

chat

Penyebab Penyakit Pada Alat Reproduksi

Penyakit pada alat reproduksi sendiri masih mencakup pada beberapa jenis penyakit, yang berarti ada beberapa penyebab yang bisa muncul untuk dikatakan sebagai penyakit kelamin. Berikut adalah nama-nama penyakit pada organ reproduksi dan juga penyebabnya :

• Gonore atau kencing nanah

Ini adalahs alah satu penyakit menular seksual (PMS) yang paling sering ditemukan atau diderita oleh sebagian besar orang dengan riwayat seksual yang tidak bersih atau tidak aman. Bakteri neisseria gonorrhoeae adalah jenis mikroorganisme yang menjadi penyebab utama keluhan tersebut.

• Sipilis atau raja singa

Banyak orang yang memiliki anggapan salah ketika dirinya mendapatkan keluhan gonore dan disamakan dengan penyakit sipilis, namun keduanya memiliki gejala yang sangat berbeda. Penyakit sipilis juga disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri berbentuk spiral dengan nama treponema pallidum.

• Kutil kelamin, jengger ayam, genital warts, atau kembang kol

Memiliki banyak sebutan nama, tetapi memiliki bentuk yang sama seperti ketika Anda juga mendapatkan keluhan kutil pada area tubuh lainnya. namun yang membedakan adalah letak dari kutil tersebut, human papilloma virus (HPV) merupakan penyebab dari adanya infeksi kutil pada kelamin.

• Herpes genital

Penyakit herpes memiliki 2 jenis atau strain virus, dimana yang menjadi penyebab utama dari keluhan herpes genital adalah herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2). Herpes genital akan muncul dan juga bisa berpotensi menular bahkan jika Anda menganggap bahwa tidak memiliki gejala apapun yang dirasakan.

• Kutu kelamin

kutu adalah sejenis serangga parasit yang dapat hidup diarea organ genital Anda dan dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak kulit ke kulit yang dilakukan saat seseorang melakukan kontak seksual. Dan dalam perkembangannya kondisi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan organ reproduksi seseorang.

Gejala Dan Diagnosis Untuk Penyakit Pada Alat Reproduksi

Gejala yang menjadi keluhan dalam penyakit kelamin atau organ reproduksi biasanya akan lebih dikaitkan dengan beberapa tanda-tanda fisik lain yang muncul. Namun pada kenyataanya adalah tidak semua penyakit pada organ reproduksi bisa memunculkan gejalanya secara fisik, sehingga saat Anda menyadari memiliki riwayat aktifitas seksual yang tidak bersih seperti sering berganti pasangan atau memiliki lebih dari satu pasangan seksual maka Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan.

Gejala secara umum dari keluhan penyakit pada alat reproduksi biasanya bisa berupa seperti :

• Sakit, sensasi terbakar, dan ketidaknyamanan saat buang air kecil (BAK).
• Keluarnya sekresi cairan, lendir, atau keputihan abnormal pada perempuan diarea alat reproduksinya.
• Benjolan berisi cairan atau seperti daging tumbuh disekitar alat kelamin, anus, atau rektum, dan lainnya.
• Pendarahan atau sakit saat ejakulasi maupun saat berhubungan seksual untuk wanita.
• Munculnya luka pada area kelamin atau juga pada area disekitarnya.

Gejala-gejala fisik dari penyakit pada organ reproduksi tentu akan mudah Anda kenali saat muncul, namun Anda juga perlu mewaspadai jika gejalanya mungkin tidak muncul secara signifikan. Bagaimana Anda menanggapi kondisi tersebut? Anda tentu diharuskan untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan secara langsung untuk mendapatkan diagnosis secara pastinya.

Pengobatan Dan Perawatan Yang Anda Butuhkan

Jika Anda khawatir memiliki penyakit pada alat reproduksi maka akan sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan ke dokter atau klinik kesehatan seksual sesegera mungkin. Selain itu Anda juga akan lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan juga melakukan beberapa tes serta uji laboratorium untuk dapat memastikan penyebab keluhan secara pasti maupun menentukan pilihan pengobatan yang harus Anda lakukan.

Dalam kondisi tertentu seseorang akan lebih anjurkan untuk melakukan tindakan medis dalam beberapa jenis penyakit pada kelamin yang dimilikinya. Melakukan kebiasaan dan tindakan pencegahan juga bisa menjadi sebuah langkah antisipasi dari adanya keluhan abnormal yang dilakukan oleh orang tersebut.

Berikut adalah tindakan perawatan atau pemeriksaan yang bisa dilakukan saat Anda memiliki penyakit pada alat reproduksi :

• Terapi obat-obatan
• Tes dan uji laboratorium
• Tindakan medis

Dalam beberapa kondisi seseorang akan membutuhkan perawatan yang lebih intensif karena adanya komplikasi atau bahaya lain dari kondisi yang dialami bahkan bisa mengancam jiwa ketika terus dibiarkan. Pentingnya konsultasi atau pemeriksaan tidak harus menunggu munculnya gejala keluhan tersebut, saat Anda menyadari kondisi yang berisiko atau riwayat sebelumnya maka segera konsultasikan dengan dokter khusus kesehatan genital.

Klinik Utama Gracia menjadi salahsatu klinik uang menangani keluhan disekitar organ reproduksi Anda secara khusus dan didukung dengan deretan dokter atau tenaga medis yang profesional. Dimana Anda akan menapatkan perawatan secara intensif untuk mengenai keluhan Anda. Tunggu apalagi? Percayakan perawatan Anda dengan klinik kami dan segera lakukan konsultasi awal Anda.

Butuh informasi lebih lanjut untuk keluhan dan pengobatan penyakit pada alat reproduksi Anda? Klik Gambar Dibawah Ini untuk berkonsultasi online dengan dokter kami atau hubungi 081336361555.

Baca Juga : Kenali Dan Waspadai Gejala Penyakit Menular Seksual

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan