• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Kenali Gejala Penyebab Penyakit Prostat yang Sering Terjadi

Kenali Gejala Penyebab Penyakit Prostat yang Sering Terjadi
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )

Penyakit prostat adalah penyakit yang menyerang organ reproduksi pria. Organ prostat sendiri merupakan organ yang hanya dimiliki oleh kaum pria dan letaknya berada di organ reproduksi dibawah kandung kemih dan diatas rektum. Ada dua penyebab penyakit prostat, yaitu pembesaran prostat dan kanker prostat.

Anda pasti juga bertanya-tanya apa fungsi dari prostat itu sendiri. Prostat memiliki fungsi untuk melindungi dan menyuburkan sel sperma laki-laki dengan. Dengan bentuk kelenjar yang berada dibawah panggul pria, prostat akan menggeluarkan sperma menuju uretra ketika berejakulasi.

Seiring bertambahnya usia, fungsi dari prostat pun berkurang dan dapat menyebabkan penyakit prostat. Ada dua jenis penyakit yang biasa menyerang prostat, yakni pembesaran kelenjar prostat dan kanker prostat. Kedua penyakit tersebut biasanya menyerang pria yang berusia diatas 45 tahun. Terlebih pria yang berusia diatas 50 tahun lebih banyak mengalami penyakit prostat. Dimana pada tahap normal, ukuran prostat hanya sebesar biji kenari atau kacang almond.

Dua Jenis Penyakit Prostat

Pembesaran Prostat atau Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)

Masalah pada prostat yang sering terjadi adalah pembesaran kelenjar prostat. Pembengkakan yang terjadi tidak bersifat kanker. Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab dari BPH itu terjadi, karena pembesaran prostat tidak berkaitan dengan pola makan atau pola hidup seorang pria.

Tetapi ada yang mengatakan bahwa pembesaran penyebab penyakit prostat BPH ini terjadi akibat dari perubahan kadar hormone dikarenakan bertambahnya usia seseorang. Seiring bertambahnya umur, maka kelenjar prostat akan selalu membesar dan menghimpit uretra. Sehingga menyebabkan urine sulit untuk keluar.

Gejala Pembesaran Prostat

chat

 

Gejala yang sering muncul dari pembesaran prostat ada beberapa tahapan, gejala-gejala tersebut tentunya akan menganggu proses pembuangan air kencing. Karena terhimpitnya uretra. Berikut gejala-gejala lain yang biasa muncul akibat dari pembesaran prostat:

- Sakit saat buang air
- Selalu ingin berkemih, biasanya pada malam hari
- Ada kesulitan dalam mengeluarkan urine
- Mengedan saat Buang Air Kecil (BAK)
- Selalu merasa tidak selesai dalam berkemih

Diagnosis dan Pengobatan

Jika anda pada usia lanjut sudah merasakan gejala tersebut. Maka sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan agar dapat di diagnosis dan segera melakukan pengobatan agar pembesaran prostat tidak semakin memperparah kondisi anda. Biasanya diagnosis dilakukan dengan beberapa tes, seperti:

- Tes urine
- Tes darah
- Biopsi Prostat
- Tes Neurologi
- Tes Kelancaran urine

Dalam pengobatan, dokter akan melakukan memberikan obat yang disesuaikan pada kondisi pasien. Seperti kondisi kesehatan pasien, usia, ukuran prostat, dan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pasien.

Jenis obat-obatan yang diberikan adalah obat yang bisa menurunkan ukuran prostat, dan juga meredakan gejala yang timbul dari pembesaran tersebut, sehingga akan menghambat hormone, obat yang digunakan adalah finasteride dan dutasteride.

Selain kedua obat tersebut, dokter juga akan memberikan jenis-jenis obat Alpha brockers. Dimana obat-obatan tersebut dapat mengendurkan otot-otot pada kantung kemih, kelenjar prostat, dan melancarkan aliran urine yang keluar. Obat tersebut seperti terazosin, doxazosin, tamsulosin, dan alfuzosin. Keseluruhan obat yang anda minum harus berdasarkan pada resep dokter.

Kanker Prostat

Penyebab penyakit prostat lainnya yang sering muncul adalah kanker prostat. Kanker prostat disebabkan pertumbuhan pada sel-sel prostat. Dan jumlah penderita kanker prostat cukup banyak dan menduduki peringkat atas penyebab kanker.

Dimana pada tahun 2016, kanker prostat menduduki posisi keenam di Indonesia, setelah kanker serviks, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker hati. Jumlah penderita secara pasti belum diketahui, namun pravelensi pada tahun 2013 menyebutkan terdapat 25.012 penderita.

Gejala Kanker Prostat

- Selalu ingin berkemih
- Kandung kemih selalu merasakan penuh
- Ada darah pada urine dan air mani
- Tekanan Saat BAK berkurang

Penyebab kanker prostat

Penyebab dari kanker prostat hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun beberapa penelitian menyebutkan kanker prostat disebabkan oleh pertumbuhan sel prostat yang tidak normal. Adapun orang-orang yang beresiko menderita kanker prostat yakni:

- Obesitas
- Usia
- Riwayat keluarga

Diagnosis dan Pengobatan

Ada sekitar tiga cara untuk mendiagnosis pertumbuhan kanker prostat. Yakni diagnosis dengan colok dubur, tes darah, MRI (Magnetic resonance imaging), dan biopsi. Sebaiknya, ketika anda sudah memasuki usia 40 hingga 50 tahun segera untuk melakukan skrining untuk mengetahui ada atau tidaknya pertumbuhan sel kanker prostat. Sehingga penyebab penyakit prostat yang anda alami bisa terlihat dan bisa segera diatasi.

Untuk melakukan pengobatan secara mandiri anda bisa melakukan beberapa cara lain seperti melakukan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, serta melakukan olahraga. Anda harus rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui perkembangan penyebab penyakit prostat yang muncul pada tubuh anda.

Jika anda ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Maka anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi medis untuk mengetahui penyebab penyakit prostat di Klinik Utama Gracia. Diagnosis lebih awal sangat dianjurkan bagi anda.

chat

 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan