• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Kenali Dan Waspadai Gejala Penyakit Menular Seksual

Kenali Dan Waspadai Gejala Penyakit Menular Seksual
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Penyakit menular seksual kadang tidak disadari oleh penderitanya, karena umumnya tidak terlihat langsung hanya dengan mata telanjang. Namun ada beberapa gejala penyakit menular seksual yang akan muncul yang menjadi tanda bahwa Anda terinfeksi penyakit menular seksual.

Terdapatnya penyakit menular seksual atau tidak di dalam tubuh hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan oleh dokter dengan dilakukan serangkaian tes atau pemeriksaan. Namun Anda juga bisa waspada jika terjadi beberapa hal berikut ini yang mungkin saja merupakan gejala penyakit menular seksual yang paling umum terjadi.

1. Perubahan Yang Terjadi Pada Urine

Ada beberapa jenis penyakit menular seksual yang akan menyebabkan munculnya gejala seperti sakit atau terasa panas ketika buang air kecil. Walaupun gejala ini juga bisa saja dialami oleh penderita infeksi saluran kemih ataupun batu ginjal, namun sebaiknya Anda tetap waspada pada kemungkinan Anda terinfeksi klamidia, gonore, dan juga trikomoniasis. Apalagi jika gejala tersebut juga disertai dengan terjadinya perubahan pada urine ataupun keluar urine disertai darah.

2. Cairan Abnormal Dari Penis

Gejala penyakit menular seksual selanjutnya yaitu munculnya cairan asing atau abnormal dari penis. Hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi yang terjadi pada organ reproduksi pria tersebut, salah satunya bisa saja adanya penyakit menular seksual, seperti klamidia, gonore ataupun trikomoniasis.

3. Terasa Panas Dan Gatal Di Vagina

Gejala satu ini memang tidak selalu disebabkan oleh adanya penyakit menular seksual, karena bisa saja disebabkan karena iritasi ataupun infeksi. Walaupun begitu, penyakit menular seksual seperti bacterial vaginosis dan juga kutu pubis bisa menyebabkan wanita mengalami sensasi panas dan gatal di area vagina.

chat

4. Nyeri Ketika Melakukan Hubungan Seksual

Nyeri ketika melakukan hubungan seksual sering kali dialami oleh beberapa wanita. Hal inilah yang menyebabkan terabaikannya gejala yang satu ini. Jika Anda merasakan sakit saat melakukan hubungan seksual yang sebelumnya tidak pernah Anda rasakan, ataupun sakit muncul setelah Anda berganti pasangan ataupun kebiasaan seksual, maka sebaiknya periksakan kondisi Anda ke dokter. Hal ini bukan hanya dapat dialami wanita saja, karena pria yang juga merasa sakit ketika berejakulasi, juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit kelamin.

5. Keputihan Abnormal Ataupun Pendarahan Vaginal

Keputihan abnormal seringkali terjadi karena infeksi, baik itu infeksi penyakit menular seksual, ataupun hanya sekedar infeksi jamur atau bakteri. Keputihan abnormal ini umumnya memiliki ciri berbau, dan berubah warna seperti kehijauan pada infeksi trikomoniasis ataupun kekuningan pada infeksi gonore. Adapula gejala lain yang menyertai keputihan abnormal tersebut. Selain itu, terjadinya pendarahan di antara siklus menstruasi yang disertai dengan keputihan, maka perlu mendapat perhatian lebih, karena bisa menjadi indikasi terjadinya kanker.

6. Kutil Atau Memar

Gejala lainnya yang bisa menandakan adanya penyakit menular seksual adalah munculnya kutil dan juga memar. Biasanya gejala ini terjadi karena adanya herpes genital, HPV, ataupun sipilis. Jika Anda menemukan adanya benjolan aneh dan memar di dekat area genital, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Hal ini juga harus tetap Anda lakukan walaupun benjolan sudah hilang, karena bisa jadi virus masih berada di dalam tubuh tanpa Anda sadari.

7. Sakit Di Panggul Dan Perut Bagian Bawah

Penyakit radang panggul bisa menimbulkan gejala nyeri pada bagian panggul. Penyakit ini bisa muncul jika penyakit menular seksual tidak segera diobati, karena bakteri penyebab penyakit menular seksual berpindah ke rahim dan perut, sehingga menyebabkan terjadinya peradangan dan luka.

Waspadai gejala penyakit menular seksual di atas. Jika Anda merasakan beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui diagnosis dengan lebih jelas.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan