• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kenali Ciri Ciri Penyakit Kelamin Yang Umum Terjadi

Kenali Ciri Ciri Penyakit Kelamin Yang Umum Terjadi
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )



Penyakit kelamin atau infeksi menular sekual memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda. Kenali ciri-ciri penyakit kelamin dari gejala yang terlihat, untuk mengetahui infeksi apa yang menyerang Anda.

Infeksi menular seksual (IMS) adalah infeksi yang disebarkan melalui kontak seksual. Infeksi ini biasanya ditularkan dari orang ke orang melalui hubungan seks vaginal. Mereka juga dapat mengalami penyakit kelamin melalui seks anal, seks oral, atau kontak kulit ke kulit. Infeksi menular seksual disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit.

Banyak orang yang mendapatkan IMS tetapi tidak mengetahuinya hal ini disebabkan karena tidak mengetahui ciri-ciri penyakit kelamin. Mereka tidak memiliki gejala apa pun. Orang lain memiliki gejala yang bisa ringan atau lebih mengganggu.

Berikut ini informasi tentang beberapa yang paling umum, gejala mereka, dan perawatan mereka.

1. Chlamydia

Chlamydia adalah merupakan infeksi bakteri yang mudah disembuhkan. Jika tidak diobati dapat menyebabkan infertilitas pada wanita.

Ciri-Ciri Penyakit Kelamin Chlamydia

Gejala yang muncul pada wanita biasanya mungkin mengalami nyeri saat buang air kecil, gatal di sekitar vagina, cairan kuning (keluarnya cairan) dari vagina, perdarahan antar periode, atau nyeri di perut bagian bawah. Pria mungkin memiliki sensasi terbakar ketika buang air kecil dan cairan berwarna seperti susu dari penis. Juga bisa menyebabkan pembengkakan pada skrotum pada pria.

2. Gonorea

Gonore adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh neisseria gonorhoeae. Jika tidak ditangani, ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Ciri-Ciri Penyakit Kelamin Gonorea

Pada wanita mungkin memiliki keputihan putih, hijau, kuning atau berdarah dari vagina, nyeri saat buang air kecil, perdarahan antar periode, pendarahan berat selama periode, atau demam. Baik wanita dan pria dapat mengalami sakit tenggorokan jika mereka memiliki kontak oral dengan orang yang terinfeksi. Laki-laki mungkin memiliki cairan kuning yang tebal dari penis dan rasa sakit saat buang air kecil. Pembukaan penis mungkin terasa sakit. Gonore dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati.

Baca Juga : Bahaya, Ternyata Inilah Ciri Herpes Kelamin

chat

3. Herpes Genital

Herpes adalah infeksi virus yang menyebabkan luka yang menyakitkan di daerah kelamin. Itu menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit. Setelah Anda terinfeksi, Anda memiliki virus selama sisa hidup Anda.

Ciri-Ciri Penyakit Kelamin Herpes Genital

Wanita dan pria mungkin memiliki rasa kesemutan, nyeri, atau gatal di sekitar vagina atau penis. Mereka juga dapat mengembangkan lesi oral (lecet) melalui kontak seksual. Lepuh kecil dapat terbentuk di area ini dan kemudian pecah terbuka. Ketika mereka terbuka, luka dapat menyebabkan perasaan terbakar. Mungkin sakit untuk buang air kecil. Beberapa orang memiliki kelenjar bengkak, demam, dan nyeri tubuh. Luka dan gejala lainnya hilang, tetapi ini tidak berarti bahwa virus telah hilang. Luka dan lepuhan dapat kembali secara berkala. Ini disebut "wabah".

4. HPV Atau Kutil Kelamin (Genital Warts)

Apa itu: HPV (human papillomavirus) adalah keluarga dengan lebih dari 100 jenis virus. Beberapa tidak menyebabkan gejala apa pun. Beberapa jenis menyebabkan kutil kelamin. Jenis yang lebih agresif dapat menyebabkan kanker.

Ciri-Ciri Penyakit Kelamin HPV

HPV dapat menyebabkan kutil di dalam atau di sekitar vagina, penis, atau dubur. Pada wanita, kutil dapat berada di leher rahim atau di vagina di mana Anda tidak dapat melihatnya. Atau mereka mungkin berada di luar tubuh, tetapi mungkin terlalu kecil untuk dilihat. Kutil bisa kecil atau besar, rata atau terangkat. Mereka dapat muncul secara tunggal atau berkelompok. Mereka biasanya tidak terluka. Sebagian besar tipe HPV, termasuk yang menyebabkan kanker, tidak memiliki gejala apa pun.

Jika Anda mengalami gejala diatas, atau memiliki gejala yang tidak disebutkan diatas sebaiknya segera konsultasikan diri Anda pada dokter. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin dan mencegah berbagai bahaya akibat infeksi kelamin.

Jika Mengalami Ciri-Ciri Penyakit Kelamin, Anda Dapat Berkonsultasi Dengan Klinik Utama Gracia

Klinik Utama Gracia merupakan Klinik terbaik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang terletak di Jakarta. Memiliki banyak keunggulan dan mampu bersaing dengan klinik lainnya, yang memberikan hasil penanganan penyakit kelamin dengan efek sangat baik. Klinik Utama Gracia sudah banyak berpengalaman dalam bidangnya, memiliki peralatan medis yang modern dan dokter ahli yang professional dalam bidangnya.

Anda dapat berkonsultasi secara online dengan kami, untuk mendapatkan bantuan medis dengan cara klik konsultasi online atau hubungi hotline kami di nomor 081336361555.

Baca Juga : Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Penyakit Herpes Genitalis

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan