• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Kenali Ciri Ciri Kutil Kelamin Berikut Ini

Kenali Ciri Ciri Kutil Kelamin Berikut Ini
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )

Human papillomavirus atau HPV bukan saja bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks, namun juga menyebabkan kutil kelamin. Penyakit ini termasuk dalam penyakit menular seksual yang bisa dialami pria maupun wanita. Adapula ciri ciri kutil kelamin yang harus Anda ketahui untuk mewaspadai keberadaannya.

Kutil kelamin dapat dengan mudah muncul jika Anda sering melakukan hubungan seksual dengan berganti pasangan, tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual, dan juga sudah aktif dalam hal seksual sejak masih berusia remaja. Penyakit ini sangat mudah menular melalui kontak kulit dengan kulit pada penderita, yang biasanya terjadi saat melakukan hubungan seksual.

Berikut ini adalah ciri ciri kutil kelamin yang harus Anda waspadai. Jika beberapa hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan apakah Anda terinfeksi human papillomavirus penyebab kutil kelamin atau tidak.

Ciri Ciri Kutil Kelamin

Walaupun bisa dialami pria maupun wanita, namun penyakit ini cenderung sering dialami oleh para wanita. Berikut ini ciri-cirinya:

1. Benjolan

Penderita kutil kelamin akan mengalami gejala munculnya benjolan pada alat kelaminnya. Hal ini mungkin belum tentu kutil, bisa juga jerawat ataupun bisul. Namun pada kutil kelamin, biasanya benjolan akan tumbuh bergerombol atau berkelompok, dan bentuknya menyerupai kembang kol atau jengger ayam. Umumnya ukuran benjolan ini kecil, namun karena tumbuh secara berkelompok, maka bisa lebih besar. Sementara itu, warna benjolan atau kutil yang tumbuh akan terlihat hitam kemerahan, abu-abu kemerahan, cokelat kemerahan, ataupun berwarna merah.

chat

2. Berisi Daging

Jika benjolan yang berada di alat kelamin Anda adalah jerawat atau bisul, umumnya akan berisi cairan, seperti air atau nanah. Namun berbeda jika benjolan yang muncul adalah kutil kelamin, karena bukan berisi cairan namun berisi daging tumbuh.

3. Bengkak Dan Gatal

Pada kutil kelamin, benjolan yang tumbuh biasanya akan disertai dengan bengkak pada area sekitar benjolan. Pembengkakan yang terjadi cenderung akan memiliki warna yang berbeda dari warna kulit area sekitarnya. Selain itu, penderita juga akan merasakan ketidaknyamanan karena umumnya akan muncul rasa gatal pada area kelamin.

4. Terjadi Pendarahan

Benjolan yang muncul pada area kelamin dalam jumlah yang banyak, dan besar, umumnya akan menyebabkan terjadinya pendarahan ketika bergesekan. Pendarahan bisa saja terjadi ketika bergesekan dengan celana, ataupun ketika melakukan hubungan seksual. Jika Anda mengalami kutil kelamin, sebaiknya hindari melakukan aktivitas seksual sampai penyakit ini sembuh.

5. Lokasi Kutil

Kutil kelamin yang terjadi pada pria akan muncul pada batang dan ujung penis, buah zakar, selangkangan, paha atas, sekitar dan bagian dalam anus, dan juga di dalam saluran uretra. Sedangkan pada wanita, kutil akan muncul pada area vulva, anus, bagian antara kelamin dan anus, leher rahim, dan juga paha atas. Kutil kelamin yang terjadi pada pria akan lebih mudah dilihat dibandingkan pada wanita.

Kelima ciri ciri kutil kelamin di atas harus Anda waspadai. Jika memang mengalami gejala tersebut, sebaiknya lakukan pemeriksaan agar diberikan penanganan yang tepat. Jangan menganggap remeh munculnya benjolan kutil kelamin ini, apalagi pada wanita. Sebaiknya wanita juga melakukan pemeriksaan pap smear untuk mendeteksi apakah ada virus HPV penyebab kanker serviks yang ikut menginfeksi tubuh Anda.

Konsultasikan keluhan dan kondisi Anda terkait kutil kelamin melalui staf medis Klinik Utama Gracia dengan layanan chatting online yang sudah tersedia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan