• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Kenali Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing

Kenali Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

Organ yang termasuk dalam sistem kemih bukan tidak mungkin mengalami infeksi, yang biasa disebut infeksi saluran kemih atau infeksi saluran kencing. Umumnya penyakit ini dialami oleh wanita, karena jarak saluran uretranya yang pendek. Namun pria juga bisa mengalami kondisi ini. Lalu apa ciri ciri infeksi saluran kencing?

Sebelum mengetahui ciri ciri infeksi saluran kencing, Anda harus mengetahui penyebab dari kondisi ini. Penyebab infeksi saluran kencing adalah karena adanya bakteri yang masuk ke saluran kemih. Bakteri ini umumnya berasal dari kotoran. Selain itu bisa juga terjadi karena kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Hal ini akan membuat bakteri mudah menyerang, karena kurangnya cairan di dalam ginjal.

Adapula ciri ciri infeksi saluran kemih yang mungkin akan dialami oleh penderitanya. Kenali ciri-ciri ini agar Anda tahu kondisi apa yang sedang Anda alami, dan bisa melakukan penanganan sedini mungkin.

1. Sakit Saat Buang Air Kecil

Sakit ketika buang air kecil sering sekali dialami oleh penderita infeksi saluran kencing. Rasa sakit ini terasa nyeri dan juga terasa seperti terbakar. Jika Anda mengalami gejala infeksi saluran kencing ini, segera periksakan kondisi Anda.

2. Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Biasanya penderita infeksi saluran kencing juga akan merasakan meningkatnya intensitas buang air kecil, padahal tidak terlalu sering minum. Gejala ini bisa menjadi gejala awal dari penyakit tersebut. Penderita juga akan mengalami seringnya buang air kecil saat malam hari, sehingga mengganggu istirahat malam hari.

3. Urine Sedikit

Sering buang air kecil, namun urine yang keluar hanya sedikit, bisa menjadi indikasi Anda mengalami infeksi saluran kencing. Kondisi ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderita, karena mereka akan sering bolak-balik ke kamar mandi, walaupun hanya untuk mengeluarkan urine yang hanya sedikit.

chat

4. Sakit Pada Bagian Pinggang

Kondisi infeksi saluran kencing yang sudah semakin parah ditandai dengan munculnya rasa sakit pada bagian pinggang. Hal ini menandakan ginjal yang sudah mulai diserang.

5. Urine Berdarah

Tanda lain bahwa infeksi saluran kencing semakin parah adalah adanya darah pada urine. Ketika buang air kecil biasanya urine akan berwarna kemerahan. Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

6. Demam

Demam umumnya akan dialami oleh penderita infeksi saluran kencing, karena adanya infeksi bakteri di dalam tubuh. Namun kebanyakan penderita mengabaikan ciri ciri infeksi saluran kencing yang satu ini, karena dianggap sebagai penyakit demam biasa, bukan karena adanya infeksi saluran kencing yang dialaminya.

Jika Anda merasakan ciri ciri infeksi saluran kencing di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosa dan juga penanganan yang tepat. Sebelumnya dokter juga akan melakukan pemeriksaan terkait dengan gejala yang Anda alami. Pemeriksaan yang akan Anda lakukan misalnya tes urine, tes darah, CT scan, sistoskopi, dan juga USG. Hal ini dilakukan untuk mendiagnosa apakah terjadi infeksi pada saluran kemih atau saluran kelamin.

Setelah didiagnosa adanya infeksi saluran kemih, dokter akan memberikan penanganan dengan pemberian antibiotik, dan obat pereda rasa sakit. Hal ini digunakan untuk mengatasi gejala yang muncul, dan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Segera lakukan pengobatan agar infeksi saluran kencing dapat segera teratasi. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, maka infeksi ini bisa menyebabkan terjadinya komplikasi seperti gangguan di ginjal dan juga sepsis. Segera temui dokter jika Anda merasakan gangguan saat buang air kecil yang menimbulkan ketidaknyamanan.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan