• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kenali Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing

Kenali Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Pria maupun wanita, sebaiknya Anda mengenali setiap ciri ciri infeksi saluran kencing. Umumnya, isk bukan sebuah kondisi yang berbahaya. Namun, jika terus menerus dibiarkan kondisi ini akan sangat berbahaya dan menyebabkan banyak komplikasi buruk untuk kesehatan penderitanya.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah sebuah kondisi dimana terjadi gangguan pada sistem kemih. Organ yang termasuk dalam sistem kemih sangat mudah untuk terinfeksi oleh berbagai macam jenis bakteri. ISK dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Namun, gangguan ini lebih banyak menyerang kaum wanita, karena wanita memiliki jarak saluran uretra yang pendek. Sehingga, lebih mudah untuk terinfeksi dan menderita gangguan ini. Namun, bukan berarti pria tidak memiliki risiko yang untuk terinfeksi.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Sebelum mengetahui apa saja ciri ciri infeksi saluran kencing, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kondisi ini.

Tahukah Anda, bahwa infeksi saluran kencing terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke saluran kemih. Bakteri ini umumnya berasal dari usus besar, dimana ini merupakan usus penceranaan manusia. Bakteri ini biasanya akan berpindah saat seorang wanita sedang buang air kecil ataupun besar.

Bakteri dengan mudah menginfeksi saat Anda tidak membersihkan area kelamin dengan cara yang benar. Bakteri ini akan berpindah ke area kelamin dan menginfeksi sistem kemih, sehingga menyebabkan seseorang untuk mengalami infeksi saluran kencing.

Bakteri juga dapat menginfeksi ketika seseorang kekurangan asupan cairan. Dimana, bakteri akan lebih mudah untuk menginfeksi dan menyerang area ginjal.

Tidak hanya itu, seseorang yang aktif dalam hubungan seksual juga berisiko untuk menderita gangguan ini. Aktivitas seks yang dilakukan secara tidak aman, seperti berhubungan seks dengan banyak pasangan bisa menjadi penyebab Anda untuk tertular bakteri ini melalui pasangan seks Anda.

chat

Lalu, Apa Saja Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing?

Mungkin, beberapa orang merasa bingung dengan ciri ciri dan gejala dari ISK, sehingga banyak dari mereka yang tidak menyadari bahwa kondisi yang sedang mereka alami merupakan salah satu ciri ciri infeksi saluran kencing. Berikut ini beberapa ciri ciri infeksi saluran kencing yang mungkin sedang Anda derita, di antaranya:

Sakit Saat Buang Air Kecil

Seseorang yang terinfeksi akan memiliki ciri ciri, seperti rasa sakit ketika buang air kecil. Ini termasuk ciri ciri yang sangat umum terjadi pada infeksi saluran kencing. Rasa sakit ini akan terasa ketika ingin buang air kecil dan terasa seperti terbakar. Sebaiknya, Anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Biasanya, seseorang yang terinfeksi oleh isk akan mengalami ciri ciri dimana meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Padahal, penderita tidak terlalu banyak minum dan ini termasuk salah satu ciri yang sangat umum dan termasuk gejala awal dari infeksi saluran kencing.

Urine Sedikit

Meningkatnya keinginan untuk buang air kecil bukan berarti urin yang keluar akan banyak. Namun, penderita ISK akan mengalami kondisi dimana urin yang keluar hanya sedikit dan bahkan tidak ada cairan yang keluar sama sekali. Kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderita ISK, karena mereka harus terus menerus keluar masuk kamar mandi walaupun hanya mengeluarkan urin yang sedikit.

Sakit Pada Bagian Pinggang

Infeksi saluran kencing yang ditandai dengan sakit pada bagian pinggang termasuk kondisi yang sudah sangat parah. Hal ini disebabkan bakteri sudah menginfeksi sistem kemih bagian atas, yaitu ginjal dan tentunya ini akan berdampak pada infeksi ginjal.

Urine Berdarah

Ciri ciri infeksi saluran kencing lainnya, yaitu urin akan bercampur darah. Ketika Anda buang air kecil, maka akan mengalami perubahan warna menjadi semakin keruh dan pekat bahkan urin bercampur dengan darah. Kondisi ini sangat berbahaya dan harus mendapatkan penanganan dari dokter.

Seseorang juga akan mengalami kondisi, seperti demam, flu, mudah merasa lelah dan berbagai penurunan sistem kekebalan tubuh lainnya. Ciri ciri infeksi saluran kencing juga ditanda dengan urin yang berbau sangat menyengat.

Apakah ISK Dapat Di Obati?

Infeksi saluran kemih termasuk sebuah jenis infeksi yang dapat diobati dan disembuhkan dengan cara yang benar. Penanganan dan pengobatan untuk kondisi ini harus sesuai dan tidak boleh menggunakan obat atau tindakan pengobatan yang sembarangan.

Kondisi ini harus ditangani pada awal mengalami gejala. Infeksi yang ditangani pada awal mengalami gejala akan lebih mudah untuk ditangani dan dokter akan lebih mudah untuk memberikan tindakan pengobatan yang dapat menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang Anda derita.

Namun, tidak sedikit penderita ISK yang mengalami infeksu berulang. Hal ini sering terjadi, karena tindakan pengobatan yang tidak tuntas dan melakukan berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan risiko terjadinya infeksi.

Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing?

Setelah Anda memiliki ciri ciri infeksi saluran kencing, maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengetahui kondisi dan tingkat keparahan infeksi yang Anda derita.

Setelah dokter mengetahui penyebab dan tingkat keparahan yang sedang Anda derita, maka dokter akan memberikan Anda tindakan pengobatan yang sesuai dan mencegah terjadinya infeksi berulang.

Nah, segera lakukan pemeriksaan terhadap ciri ciri infeksi saluran kencing yang sedang Anda derita. Konsultasikan keluhan Anda dengan tim medis Klinik Utama Gracia melalui tombol konsultasi yang sudah tersedia dibawah ini atau Anda bisa menghubungi kami di 081336361555 untuk konsultasi melalui telepon.

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Anyang Anyangan Secara Alami

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan