• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Kenali Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Kenali Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (3 orang penilai )



Ladies, sudah saatnya Anda mengenali setiap ciri ciri infeksi saluran kemih pada wanita. Masih banyak wanita yang mengabaikan gangguan ini disebabkan tidak mengetahui setiap tanda dan gejalanya. Infeksi saluran kemih atau ISK dapat menyebabkan kondisi yang serius terutama pada wanita.

Apa Sebenarnya Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih merupakan kondisi yang menganggu kesehatan saluran kemih seseorang. Infeksi ini dapat terjadi pada pria maupun wanita. Namun, wanita lebih rentan untuk menderita kondisi ini, karena jarak saluran uretra yang lebih pendek dibandingkan pria sehingga infeksi lebih mudah terjadi pada wanita.

Infeksi saluran kemih pada wanita sering dianggap sebagai masalah yang sepele dan tidak sedikit wanita yang mengabaikan masalah ini. Banyak wanita yang berpikir bahwa infeksi saluran kemih pada wanita dapat sembuh dengan sendirinya meskipun tidak dilakukan pengobatan.

Sebenarnya, kondisi ini mungkin saja terjadi dimana seorang wanita yang menderita gangguan ini bisa sembuh dalam beberapa hari tanpa melakukan pengobatan. Tetapi, banyak wanita yang mengabaikan dengan tidak mengobati ISK mengalami komplikasi yang sangat berbahaya.

Lalu, Apa Saja Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita?

Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita menderita infeksi saluran kemih, salah satunya adalah infeksi bakteri. Biasanya, bakteri yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih sering dikaitkan dengan bakteri eschrichia coli (E. Coli). Biasanya, bakteri ini dapat menular melalui aktivitas hubungan seksual yang masuk dan menyerang saluran kemih wanita.

Selain itu, yang sangat umum menjadi faktor infeksi saluran kemih pada wanita adalah membersihkan area kewanitaan dengan cara yang salah, sehingga perpindahan bakteri yang berada di sekitar anus sangat mudah berpindah dan menginfeksi saluran kemih.

Penyebab seorang wanita mengalami infeksi saluran kemih juga bisa disebabkan oleh masa menopause yang mengakibatkan penurunan kadar hormon estrogen. Sehingga, menyebabkan area kewanitaan menjadi lebih kering dan sangat mudah terinfeksi oleh bakteri yang mengakibatkan terjadinya infeksi saluran kemih pada wanita.

4 Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Sangat penting bagi wanita untuk mengetahui apa saja ciri dan tanda dari infeksi saluran kemih. Sehingga, lebih mudah untuk dilakukan pengobatan dan hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang bisa merugikan seorang wanita. Berikut ini ciri ciri infeksi saluran kemih diantaranya:

1. Mengingkatnya Keinginan Buang Air Kecil, wanita yang mengalami ISK akan mengalami peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Anda akan terus menerus merasakan ingin buang air kecil meskipun, urin yang dikeluarkan berjumlah sedikit.

2. Terasa Nyeri Dan Panas Saat Buang Air Kecil, gangguan dan rasa nyeri akan terjadi saat buang air kecil. Terkadang rasa panas seperti terbakar akan di alami oleh wanita yang mengalami ISK biasanya kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran kemih dan menyebabkan iritasi sehingga terasa nyeri.

3. Nyeri Pada Perut Bagian Bawah, saat bakteri sudah naik dan menginfeksi bagian atas akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian panggul. Hal ini biasanya menyebabkan seorang wanita mengalami radang panggul dan kondisi seperti ini sangat berbahaya jika terjadi pada wanita.

4. Perubahan Urin, ciri ciri infeksi saluran kemih lainnya juga akan ditandai dengan warna urin yang berubah menjadi keruh dan terkadang bercampur dengan darah.

Inilah Langkah Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Selain mengetahui setiap tanda dan ciri ciri infeksi saluran kemih pada wanita. Beberapa langkah berikut bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, diantaranya:

- Membersihkan Area Kewanitaan Dengan Benar

Gunakan teknik membersihkan Miss V dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil maupun besar. Hal ini dilakukan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke area Miss V, yang dapat menyebabkan terjadinya ISK. Selain itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan celana dalam dengan rutin menggantinya untuk meminimalisir terjadinya infeksi bakteri pada area Miss V.

- Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks

Jika Anda aktif dalam hubungan seksual pencegahan ISK bisa Anda lakukan dengan buang air kecil setelah melakukan hubungan intim. Kondisi ini akan membantu memperkecil terjadinya infeksi bakteri yang bersarang pada saluran kemih.

- Mengkonsumsi Air Putih

Untuk mencegah infeksi saluran kemih pada wanita bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Di anjurkan untuk Anda mengkonsumsi 8 liter air putih dalam sehari untuk memperlancar buang air kecil dan mencegah menumpuknya bakteri di saluran kemih yang bisa mengakibatkan kondisi yang berbahaya.

Lalu, Bagaimana Diagnosa Di Lakukan?

Saat Anda mengalami ciri ciri ISK seperti di atas segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes laboratorium dengan mengambil cairan urin untuk menentukan penyebab pasti Anda mengalami gangguan ini.

Sehingga, memudahkan dokter untuk memberikan tindakan pengobatan yang tepat untuk mengatasi infeksi saluran kemih yang Anda derita.

Nah, itulah beberapa ciri ciri infeksi saluran kemih pada wanita yang harus Anda waspadai keberadaanya. Jika Anda membutuhkan bantuan pemeriksaan dan pengobatan ISK segera hubungi dokter ginekologi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat.

Baca Juga : Waspadai, Anyang-Anyangan Setelah Berhubungan Intim 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan