• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kenali Bakteri Sipilis Yang Berbahaya

Kenali Bakteri Sipilis Yang Berbahaya
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )



Penyakit sipilis atau dikenal dengan raja singa ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri sipilis berbentuk siral, dan ini adalah jenis atau strain spirochete atau cacing yang menjadi salah satu penyebab penyakit menular seksual (PMS). Ada beberapa tahapan atau fase yang nantinya akan menunjukan jika Anda telah dimungkinkan untuk terinfeksi bakteri sipilis tersebut. Berikut adalah beberapa informasi kesehatan yang harus Anda ketahui tentang penyakit sipilis.

Apa Itu Infeksi Sipilis?

Infeksi sipilis termasuk penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Istilah medis untuk sipilis yang didiagnosis pada tahap awal adalah sifilis primer. Dewasa muda dan masih dalam usia produktif adalah mayoritas yang paling sering terkena infeksi bakteri sipilis tersebut. Kondisi ini dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh yang berbeda, sehingga gejalanya dapat sangat berbeda dari satu orang ke orang lain. Mempraktikkan seks yang aman membantu mengurangi risiko terkena sipilis. Dengan perawatan dan pengobatan dini yang efektif, kebanyakan orang dapat kembali pulih dengan baik.

Baca Juga: Hindari 3 Penyebab Sipilis Ini!

chat

Gejala Disetiap Tahapan Penyakit Sipilis

Gejala signifikan akan dialami oleh seseorang yang terinfeksi bakteri sipilis di tahap primer dan sekunder, yang mana Anda mungkin akan merasakan gejala seperti:

o Luka terbuka berbentuk bulat dengan area tengah yang khas biasanya akan muncul pada area genital dan sekitarnya (disebut chancre)

o Ruam atau bercak merah kecoklatan pada area tangan atau kaki (bisa diseluruh tubuh)

o Demam atau gejala seperti flu dalam jangka panjang

o Luka atau ruam yang tidak menimbulkan rasa sakit

o Penurunan dalam fungsi otak (demensia)

o Kelelahan serta nyeri sendi atau otot

Anda akan cenderung mengalami beberapa gejala yang cukup serius atau lebih berpusat pada kondisi yang lebih kronis ketika tahapan infeksinya juga telah beralih hingga sipilis laten atau tersier. Penderita sipilis mungkin akan merasakan beberapa kondisi fatal jika ini terus berlangsung. Perubahan kondisi atau fase dari infeksi sipilis tersebut bisa bersifat permanen atau dalam jangka panjang yang dapat mengakibatkan sebuah kondisi berbahaya hingga risiko kematian bagi penderitanya.

Mengapa Bakteri Sipilis Sangat Menular?

Strain atau jenis treponema pallidum sebagai organisme mikroskopik penyebab sipilis akan mudah berpindah dari satu orang ke orang lain dengan segala jenis kontak kulit ke kulit, atau kontak dengan selaput lendir seseorang yang terinfeksi. Sipilis sendiri memiliki banyak fase atau tahapannya ketika sudah masuk kedalam tubuh seseorang sebelum akhirnya menjadi sebuah bahaya yang berjalan secara perlahan untuk merusak sistem tubuh Anda.

Anda mungkin tidak akan pernah tahu kondisi sebelumnya dan bagaimana Anda mendapatkan infeksi sipilis? Anda bisa mendapatkan bakterinya ketika terlibat dalam berbagai kontak seksual baik oral, anal, maupun vaginal. Secara umum, Dimana biasanya sipilis primer akan menjadi bentuk yang mudah diobati atau disembuhkan ketika dapat diketahui pada tahap awal. Yang artinya Anda diharuskan untuk memperhatikan beberapa ciri atau tanda yang dimungkinkan sebagai gejala sipilis.

Ini Yang Anda Perlukan!

Jika seorang pria atau wanita mendapatkan infeksi dari bakteri sipilis yang berbahaya, Anda mungkin akan memiliki gejala yang tidak terlihat atau dirasakan secara langsung karena kondisi tubuh yang berbeda-beda. Sehingga Anda bisa cenderung lebih mudah untuk mengembangkan efek atau bahaya infeksinya bahkan lebih mudah untuk menginfeksi orang lain.

Klinik Utama Gracia adalah bagian dari salah satu penyedia layanan kesehatan terbaik untuk mengatasi setiap keluhan pada organ reproduksi Anda. Penanganan yang tepat akan memberikan proses pemulihan atau kesembuhan yang lebih maksimal nantinya. Tentukan pilihan perawatan dan pengobatan untuk kesehatan terbaik organ reproduksi Anda di klinik kami.

Butuh dokter? Coba klik layanan konsultasi kami untuk masuk dengan chat online dokter atau dengan telepon di nomor 081336361555 untuk memudahkan akses kesehatan yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Penggunaan Antibiotik Untuk Pengobatan Penyakit Sipilis

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan