• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Kenali Bakteri Penyebab Raja Singa Dan Cara Penularannya

Kenali Bakteri Penyebab Raja Singa Dan Cara Penularannya
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Raja singa atau sipilis merupakan penyakit yang menyebar melalui adanya kontak seksual yang dilakukan baik vaginal, anal, maupun oral. Penyebab raja singa ialan bakteri yang bernama treponema pallidum. Segala bentuk aktifitas seksual tersebut bisa berpotensi untuk menyebarkan atau menularkan infeksi dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak kulit ke kulit yang dilakukan secara langsung.

Kontak tidak langsung yang dilakukan oleh orang dengan infeksi juga bisa terjadi jika Anda mendapatkan atau menyentuh area infeksi dari seseorang yang mendapatkan diagnosis penyakit raja singa tersebut. Misalnya berciuman, menyentuh area luka, bahkan berdekatan dengan area infeksi. Banyak orang mungkin tidak akan menyadari gejala penyakit raja singa pada tahap awal, sehingga mereka tidak akan mengenali atau menyadari adanya penyakit.

Beberapa gejala awal pada penyakit raja singa diantaranya seperti :

• Munculnya luka (chancre) bulat pada area organ genital dan sekitarnya.
• Luka tidak menimbulkan rasa nyeri atau sakit.
• Terasa keras saat ditekan atau disentuh.
• Dalam beberapa hari keluhan akan hilang dengan atau tanpa adanya pengobatan.

Dalam tahap awal dimana luka raja sing tersebut masih ada, maka disitulah masa atau tahapan yang paling menular dan dengan mudah dapat menginfeksi pasangan Anda saat melakukan kontak seksual. Anda mungkin tidak akan menyadari timbulnya luka (chancre) karena luka yang tidak menyakitkan dan bisa muncul pada area yang tersembunyi misalnya seperti dibawah kulup, didalam area vagina, bahkan pada rektum.

Luka yang hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari baik dengan pengobatan ataupun tanpa pengobatan yang dilakukan. Tanpa Anda sadari hal ini justru memasuki tahapan infeksi selanjutnya dari penyakit raja singa, dimana penyebab raja singa berjalan untuk terus menginfeksi organ-organ didalam tubuh Anda secara luas dan menyeluruh.

Baca Juga : Pahami Gejala Dan Tahapan Sipilis Pada Wanita

chat

Penyebab Raja Singa Yang Berbahaya

Bakteri treponema pallidum adalah jenis bakteri yang menjadi penyebab adanya penyakit sipilis dan bakteri tersebut memiliki bentuk spiral, bakteri ini bisa menembus ke dalam lapisan mulut atau daerah genital. Penyebab raja singa yang Anda alami tentu dari adanya kontak seksual yang dilakukan selain dikarenakan oleh bakteri tersebut. Dimana aktifitas seksual tersebut merupakan media utama dari penyebaran bakteri penyebab raja singa.

Dalam beberapa kasus dimana gejala penyakit raja singa tidak dapat diindentifikasi atau diketahui, hal ini tentu akan menjadi sebuah kondisi yang sangat berbahaya dan menular. Pertimbangkan untuk melakukan tes atau pengujian untuk memastikan kondisinya, jika Anda termasuk seperti :

• Seorang PSK
• Sedang dalam kondisi hamil
• Riwayat memiliki banyak pasangan seksual
• LGBT
• Adanya kontak seksual dengan penderita penyakit sipilis atau penyakit manular seksual (PMS) lainnya

Seseorang yang mendapatkan infeksi dari bakteri penyebab raja singa tidak harus mendapatkan gejala atau tahapan yang sudah ditentukan, terkadang seseorang juga bisa tidak merasakan gejala atau tahapan apapun untuk diidentifikasi dengan infeksi penyakit tersebut. Hal ini terjadi karena adanya sistem daya tahan tubuh dan kondisi dari setiap orang yang berbeda-beda.

Anda juga tidak harus menunggu untuk mendapatkan gejalanya terlebih dahulu agar bisa melakukan pemeriksaan atau pengujian. Pemeriksaan dan pengujian bisa dilakukan guna mencegah kondisi yang lebih serius serta menghindari adanya penanganan yang terlambat saat Anda didiagnosis dengan penyakit raja singa atau sipilis.

Bagaimana Mengatasi Penyebab Raja Singa

Tindakan antisipasi atau pencegahan seperti melakukan pemeriksaan atau pengujian juga merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi adanya infeksi atau penyebab raja singa. Selain tindakan atau langkah medis yang diambil, sebelumnya Anda juga akan lebih disarankan untuk tidak membudayakan kebiasaan yang berisiko menimbulkan adanya penularan atau infeksi terhadap penyakti menular seksual (PMS).

Misalnya seperti tidak menggunakan obat-obatan terlarang (narkoba), tidak memiliki banyak pasangan seksual, dan juga lainnya. mengatasi atau membatasi diri untuk tidak mempraktikan tindakan yang berisiko atau juga menghindari gaya hidup yang buruk tentunya bisa Anda lakukan secara personal. Dan penting bagi Anda untuk melakukan perawatan lengkap dan tuntas jika sudah memiliki riwayat infeksi menular seksual seperti raja singa tau sipilis.

Klinik Utama Gracia merupakan klinik khusus kesehatan organ genital yang menangani setiap keluhan penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, disfungsi seksual, serta keluhan genital lainnya. Klinik Utama Gracia menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga pengobatan diklinik kami tidak hanya menggobati keluhan secara fisik atau yang terlihat tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebab keluhnnya.

Semakin lama keluhan berlangsunng maka kondisinya akan masuk pada tahap serius dan membutuhkan waktu pengobatan serta pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Jangan tunda untuk berkonsultasi dan segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga medis ahli kami.

Baca Juga : Awas, Inilah 4 Tahapan Gejala Sifilis Pada Pria Dan Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan