• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Kenali 5 Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria dan Wanita

Kenali 5 Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria dan Wanita
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )

Infeksi saluran kencing merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada pria dan wanita. Meskipun lebih sering dialami oleh wanita, tetapi bukan berarti laki-laki akan terbebas dari penyakit yang satu ini. Gejala infeksi saluran kencing (ISK) pada pria dan wanita umumnya sama. ISK akan membuat anda merasa tidak nyaman.

Infeksi saluran kencing adalah infeksi yang menyerang saluran kencing atau uretra. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Eschericia Coli. Bakteri yang hidup didalam saluran kencing. Bakteri E.coli akan selalu terbuang ketika anda berkemih. Tetapi jika anda berkemih dengan tidak bersih, tidak semua urine kamu buang. Maka kemungkinan besar anda akan mengalami ISK. Karena masih tersisanya bakteri didalam saluran kencing dan menyebabkan infeksi.

ISK lebih sering menyerang wanita, karena saluran kencing pada wanita lebih pendek dibandingkan pada pria. Ada beberapa tanda atau gejala infeksi saluran kencing yang biasanya muncul. Gejala ini sangat umum muncul pada penderita ISK.

Gejala ISK

Sakit Saat Buang Air Kecil

Hampir semua penderita ISK menemukan gejala sakit ketika mereka buang air kecil. Rasa sakit ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ kemih anda. Terkadang rasa sakit yang muncul pun seperti terbakar. Rasa sakit ini akan muncul hingga anda selesai menggeluarkan seluruh urine anda. Anda bisa mengatasi rasa nyeri yang muncul saat berkemih dengan menggunakan antibiotik.

chat

Sering Buang Air Kecil

Gejala infeksi saluran kencing yang sering muncul pada penderita ISK adalah selalu ingin berkemih. Penderita ISK akan selalu merasakan ingin berkemih setiap jam. Bahkan dalam waktu satu jam bisa tiga hingga empat kali berkemih. Meskipun anda sering buang air kecil, namun jumlah air kencing yang keluar sangatlah sedikit. Sehingga membuat anda lelah mondar mandir ke toilet.

Air Urine Berbau

Gejala lain yang biasa muncul akibat dari ISK yakni air urine yang memiliki aroma tak sedap. Bahkan anda pun mungkin tidak akan kuat untuk mencium aromanya yang keluar. Sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan untuk mengatasi air urine yang bau tersebut.

Air Urine Berwarna Pekat

Gejala lain yang mungkin anda alami selama ISK adalah air urine yang anda keluarkan memiliki warna yang cukup pekat. Tanda ini benar-benar menunjukan bahwa gejala ISK kamu yang sudah cukup parah. Terlebih jika air urine keluar dengan warna merah, dapat menjadi tanda anda sudah adanya darah yang keluar.

Sakit Pada Pinggang/Panggul

Tidak hanya alat kelamin anda yang terasa nyeri. Tetapi bagian pinggang atau panggul pun akan terasa nyeri atau sakit. Biasanya nyeri pinggang yang terjadi pun disertai dengan demam pada tubuh kamu. Jika sudah menemukan gejala infeksi saluran kemih dengan gejala ini sudah seharusnya anda segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke dokter.

Diagnosis

Pasti anda juga bertanya bagaimana dokter akan mendiagnosis apakah anda mengalami gejala infeksi saluran kencing atau infeksi lain. Biasanya dokter akan melakukan tes urine untuk memastikan kondisi urine yang ada di tubuh anda. Urine yang dijadikan sampel akan diperiksa ke laboratorium untuk mengetahui bakteri apa yang menyerang.

Pengobatan

Karena infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri, maka obat yang biasa diberikan oleh dokter kepada penderita ISK adalah obat anti bakteri. Selain obat anti bakteri seperti trimethoprim, levofloxacin, dan ciprofloxacin. Terkadang dokter juga akan memberikan paracetamol untuk meredakan rasa sakit yang mungkin muncul.
Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan, anda juga bisa melakukan pengobatan sendiri dengan cara mengkonsumsi banyak air putih, mengkompres hangat dibagian area genital, dan jangan sering menahan buang air kecil.

Apabila anda ingin melakukan konsultasi gejala infeksi saluran kemih dan pemeriksaan medis, anda bisa melakukannya di Klinik Utama Gracia. Anda bisa datang langsung ke Klinik ataupun melakukan konsultasi online terlebih dahulu dengan mengklik banner ini.

 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan