• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Jenis Keputihan Pada Wanita

Jenis Keputihan | Jenis Keputihan Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (5 orang penilai )

jenis keputihan

Keputihan bagi wanita termasuk dalam system reproduksi. Cairan yang keluar dari vagina dan leher rahim yang membawa bakteri. Jika keputihan bisa keluar dari vagina, maka vagina akan menjadi bersih dan membantu mencegah terjadinya infeksi dalam vagina. Pada umumnya keputihan adalah hal yang normal bagi wanita, akan tetapi jika keputihan muncul berlebihan dan sudah dalam kondisi yang tidak wajar, seperti berubah warna, muncul bau, dengan volume lebih banyak dibandingkan dengan biasanya maka disebut tidak normal.

Jenis Keputihan

Adapun beberapa jenis keputihan yang dialami wanita yaitu :

1. Keputihan Fisiologis

Keputihan jenis ini biasanya terjadi pada wanita disaat masa subur biasanya keputihan ini akan muncul pada saat sebelum dan sesudah haid. Jenis keputihan ini wajar sering muncul pada wanita. Jenis keputihan ini tidak berbau, tidak gatal, dan tidak berubah warna. Jenis keputihan fisiologis biasanya terjadi juga pada wanita yang sedang hamil, tetapi hal ini tidak ada pengaruh  dengan janin yang sedang di kandung. Jenis keputihan ini adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita umumnya, cairan yang keluar dari vagina adalah cairan encer. Jika Anda mengalami jenis keputihan ini Anda tidak khawatir.

2. Keputihan Patofisiologis

Jenis keputihan patofisiologis adalah jenis keputihan yang tidak normal. Dimana untuk cairan yang keluar dari vagina akan mengakibatkan infeksi, muncul bau yang menyengat serta cairan yang dikeluarkan adalah berwarna. Jenis keputihan yang dialami pada wanita ini pasti akan merasakan khawatir. Dikarenakan jenis keputihan ini akan menyebabkan infeksi jika tidak segera untuk diobati. Bagaimana ciri keputihan patofisiologis pada wanita ? berikut penjelasan dari tim medis klinik utama gracia.

jenis keputihan pada wanita

Banyak perubahan terjadi jika Anda mengalami jenis keputihan patofisiologis atau disebut dengan keputihan yang abnormal. Jenis keputihan patofisiologis ini biasanya muncul dengan ciri menimbulkan warna yang sang berbeda, wanita yang mengalami jenis keputihan ini akan merasa gatal atau terbakar pada vagina. Dan jika tidak diobati maka infeksi akan menyebar dan menyebabkan masalah lainnya pada vagina. Jenis keputihan yang tidak normal adalah sebagai berikut :

  • Jenis keputihan berwarna cokelat dan menimbulkan darah, jenis keputihan ini disebabkan karena haid yang tidak teratur
  • Jenis keputihan yang menimbulkan nyeri atau perdarahan, akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian panggul dan akan mengeluarkan darah pada saat buang air kecil.
  • Keputihan yang berwarna hijau serta kuning, jenis keputihan ini sudah berinfeksi pada vagina dan biasanya wanita yang mengalami keputihan ini akan terdiagnosa penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasite.

Penjelasan di atas merupakan sebagian dari jenis keputihan yang terjadi pada wanita. Jika ingin mengetahui tentang jenis keputihan yang terjadi pada wnaita, Anda bisa kunjungi website klinik utama gracia. Silahkan melakukan konsultasi dengan tim medis kami. Terima kasih

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan