• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Jenis-Jenis Penyakit Kelamin Wanita Dan Pria

Penyakit Kelamin | Jenis penyakit kelamin pria dan Wanita
Nilai Rata-rata: 9.7 / 10 (6 orang penilai )

jenis macam macam penyakit kelamin

Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin adalah penyakit yang menyerang bagian intim atau kemaluan wanita ataupun pria. Pada umumnya penyakit kelamin dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya virus, kutu, bakteri, dan jamur. Adapun cara penularan penyakit kelamin ini bisa melalui berbagai macam cara, salah satu kemungkinan besar penularannya adalah melalui hubungan seks atau intim antar pasangan wanita dan pria.
Seseorang yang memiliki kebiasaan berganti-ganti pasangan seks tentu memiliki risiko yang tinggi terkena penyakit kelamin ini. Untuk dari itu hindarilah hubungan seks yang tidak sehat karena penyakit kelamin ini dapat sangat merepotkan kehidupan Anda sehari-hari. Dan bagi Anda yang ingin melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda tapi Anda melihat pasangan Anda sedang tidak keadaan vit atau kurang sehat ( walaupun tidak sedang mengidap penyakit kelamin ) alangkah baiknya Anda gunakan alat kontrasepsi seperti kondom pada pria agar kita merasa lebih nyaman dalam berhubungan seksual. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh penyakit kelamin pada wanita dan pria yang harus Anda diketahui:

Macam-Macam Penyakit Kelamin Pria

1. Chlamiydia dan Gonorhea 

Jenis penyakit kelamin yang satu ini pada umumnya disebabkan oleh adanya bakteri. Kelamin  yang terjangkit penyakit Chlamiydia dan Gonorhea akan mengalami infeksi setelah berhubungan seks dengan pasangan dalam beberapa minggu. Gejalanya dan tandanya bisa Anda lihat yaitu sering keluarnya cairan dari kelamin pria,  lalu timbul rasa sakit atau nyeri saat Anda buang air kecil. Cara pengobatan dan pencegahan penyakit kelamin jenis ini maka biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik sesuai yang dibutuhkan oleh pasien.

2. Syphilis

Syphilis adalah jenis penyakit kelamin yang dapat menular melalui hubungan seksual pada wanita ataupun pria. Adapun gejala gejala dari penyakit kelamin syphilis adalah akan muncul dan terlihat 3 bulan Anda setelah berhubungan seks dengan pasangan. Cara pengobatan penyakit syphilis dapat Anda lakukan dengan pemberian penicilin. Namun, penyakit kelamin ini sangat rentan penularannya, tidak hanya pada alat vital Anda saja tapi syphilis ini juga dapat menyerang seluruh tubuh Anda.

3. Infeksi jamur

Penyakit kelamin yang disebabkan oleh jamur bisanya akan menunjukkan gejala seperti gatal-gatal dan timbul warna merah di bagian bawah kulit kelamin pria yang belum di sunat. Yang  menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit kelamin jenis ini adalah keadaan alat kelamin pria sering dalam keadaan lembab dan kurang terjaga kebersihanannya  karena jarang mencuci alat kelamin setelah buang air besar atau kecil dan jarang mengganti pakaian dalam pada kehidupan sehari-hari. Penyakit kelamin ini dapat diobati dengan menggunakan krim khusus anti jamur.

4. Bisul kutil kelamin

HPV atau Virus Human Papiloma adalah faktor utama penyebab munculnya penyakit kelamin ini. Gejala atau tandanya adalah berupa bisul di alat kelamin pria yang dapat muncul setelah beberapa bulan setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan. Pada dasarnya penyakit ini tidak dapat terlihat pada wanita karena letaknya dapat di dalam vagina atau pada pria karena terlalu kecil.

5. Herpes

Penyebab utama dari penyakit kelamin herpes ini adalah virus herpesviridae. Penyakit ini memiliki risiko yang cukup berbahaya karena virus ini bisa tetap berada di dalam tubuh Anda dan dapat kambuh dan terjadi kapan saja. Penyakit herpes ini sulit untuk diobati secara total karena virus yang masih berada dalam tubuh sang penderita. Seseorang dapat tertular dalam waktu yang relatife cepat yaitu kurang lebih 3 sampai 10 hari setelah melakukan hubungan seks  dengan pasangan yang menderita penyakit herpes.

6. Kutu kelamin

Rambut pada kemaluan Anda dapat menjadi sarang atau tempat kutu yang berukuran sangat kecil. Untuk dapat mengusir dan membunuh kutu tersebut kita dapat melakukan cara dengan menggunakan obat cair pada rambut kemaluan Anda. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan di daerah kemaluan agar tetap kering dan tidak lembab.

Jenis Macam macam Penyakit Kelamin

Klinik Utama Gracia Indonesia

Macam-Macam Penyakit Kelamin Wanita

1. (HPV) Human papillomavirus

HPV atau Human papillomavirus merupakan infeksi dapat disebabkan oleh adanya virus akibat hubungan seks atau intim wanita atau pria. Munculnya HPV atau Human papillomavirus dapat Anda  ketahui dengan cara screening kesehatan seksual. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksakan kesehatan organ reproduksi Anda minimal satu kali setiap tahunnya agar kesehatan alat kelamin Anda selalu terjaga dengan baik .

2. PID ( Pelvic Inflammatory Disease )

Jika dibiarkan PID dapat mengakibatkan ketidaksuburan pada wanita. Pid biasanya ditunjukkan dengan munculnya tanda dan gejala seperti adanya perubahan pada bau vagina wanita, sakit pada bagian pinggul Anda saat berhubungan intim, dan pendarahan yang tidak teratur. Terkadang tanda dan gejala yang ditunjukkan tidak begitu terlihat sehingga penderita yang menderita penyakit kelamin jenis ini  terlambat menyadarinya.

3. Bacterial vaginosis

Jenis penyakit kelamin jenis ini biasa menginfeksi bagian kemaluan wanita diusia produktif. Gejala atau tanda penyakit ini mirip dengan infeksi biasa seperti muncul bau amis, gatal dan perubahan lain dalam vagina Anda. Bila Anda ada yang mengalami gejala atau tanda tersebut segeralah pergi untuk berkonsultasi ke dokter khusus wanita atau dokter ginekologi untuk menekan risiko PID.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan