• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Jenis dan Gejala Penyakit Prostat Pada Pria

Jenis dan Gejala Penyakit Prostat Pada Pria
Nilai Rata-rata: 9.2 / 10 (5 orang penilai )



Ada banyak faktor yang menyebabkan pria mengalami prostat dan sedikit dari penderitanya yang mengetahui setiap gejala penyakit prostat yang sedang di derita. Padahal, dengan mengetahui setiap gejala lebih mempermudah untuk melakukan pencegahan.

Prostat adalah salah satu sistem reproduksi pria yang berupa kelenjar berukuran kecil dan terdapat pada panggul pria. Kelenjar ini berfungsi untuk melindungi dan menyuburkan cairan sperma, saat terjadi ejakulasi. Ada berbagai macam penyakit yang dapat menyerang sistem reproduksi ini dan salah satunya prostatitis.

Penyakit prostat atau disebut dengan prostatitis adalah sebuah kondisi dimana terjadi peradangan dan pembengkakan pada kelenjar prostat. Awalnya, kelenjar prostat hanya berukuran sangat kecil dan ketika terjadi infeksi, maka kelenjar ini akan berukuran menjadi lebih besar. Ada 2 jenis penyakit prostat di antaranya:

1. Prostatitis Bakteri Akut

Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menular dan beberapa bakteri yang memicu terjadinya prostatitis ini disebabkan oleh infeksi bakteri E. Coli. Bakteri ini mudah menular dan menjadi bisa disebabkan oleh bakteri IMS, neisseria gonorrhoeae dan klamidia.

Pria yang menderita penyakit menular seksual kencing nanah, memiliki risiko tinggi untuk menderita prostatitis. Biasanya, pria penderita kencing nanah dan tidak melakukan penanganan apapun untuk mengatasi masalah ini, akan berakibat pada komplikasi prostatitis bakteri akut.

2. Prostatitis Non Kronis

Prostatitis jenis ini berbeda dengan jenis sebelumnya. Prostatitis non kronis disebabkan oleh infeksi saluran kemih, sehingga pria yang mengalami ISK, memungkinkan untuk menderita prostatitis jenis ini.

Selain itu, prostatitis non kronis dapat terjadi, pada pria yang menderita HIV, ginjal, dan penyakit lain yang memungkinkan kondisi ini terjadi.

Inilah Faktor yang Meningkatkan Pria Menderita Penyakit Prostat

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pria rentan untuk menderita penyakit prostat. Di antaranya adalah:

• Memiliki riwayat infeksi saluran kemih
• Pernah mengalami gangguan pada prostat sebelumnya
• Pernah mengalami cedera pada area panggul dan lipatan paha
• Menggunakan bantuan kateter
• Menderita penyakit menular seksual
• Melakukan pemeriksaan medis terhadap kondisi prostat

Pria yang memiliki sistem imun yang lemah sangat rentan untuk terserang berbagai macam penyakit dan salah satunya prostatis. Pria yang aktif melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan seks sangat rentan untuk mengalami penyakit prostat.

Lalu, Apa Saja Gejala Penyakit Prostat Pada Pria?

Tidak banyak pria yang mengetahui setiap gejala penyakit prostat yang mungkin sedang mereka derita. Beberapa pria, yang menderita penyakit prostat akan mengalami komplikasi, karena tidak mengetahui setiap gejala penyakit prostat di awal, dan berikut ini gejala penyakit prostat yang harus Anda ketahui:

• Terasa nyeri dan sakit ketika buang air kecil
• Mengalami kesulitan ketika buang air kecil
• Mengalami peningkatan keinginan untuk buang air kecil, terutama di malam hari
• Keinginan buang air kecil yang tidak dapat ditahan
• Terasa nyeri pada perut, punggung, dan pangkal paha
• Sakit dan terasa panas pada buah zakar
• Sakit dan nyeri pada Mr P dan buah zakar
• Sakit ketika ejakulasi

Hampir semua gejala penyakit prostat mempengaruhi area kelamin dan seringnya, pria yang menderita prostat akan merasakan sakit ketika berhubungan seksual dan disaat ejakulasi terjadi. Kenali, setiap gejala penyakit prostatitis dan segera lakukan pencegahan untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Dampak Dan Komplikasi Penyakit Prostat

Jika tidak ditangani dengan cepat, maka kondisi ini akan berdampak dengan sangat buruk dan mengakibatkan komplikasi di antaranya:

• Peradangan pada saluran sperma yang berasal dari testis yang disebut dengan epididimitis
• Perkembangan bakteri yang akan menyebar ke dalam darah
• Abses prostat
• Gangguan pada produksi cairan sperma yang dapat mengakibatkan infertilitas

Lalu, Bagaimana Langkah Pengobatan Penyakit Prostat?

Pengobatan untuk penyakit prostat yang di alami pria akan berbeda-beda. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab dan jenis penyakit prostat yang di alami. Untuk melakukan pengobatan penyakit prostat sangat dibutuhkan melalui bantuan medis.

Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan melalui darah penderita untuk mengetahui adanya infeksi yang mungkin menyerang melalui cairan darah yang dapat mengakibatkan komplikasi prostat. Selain itu, dokter akan melakukan pemeriksaan melalui urin bertujuan untuk mengetahui adanya tanda-tanda yang mungkin menginfeksi bagian tersebut, sehingga mengetahui adanya pertumbuhan kuman.

Setelah mengetahui, penyebab dan jenis penyakit prostat yang Anda alami, maka dokter akan memberikan tindakan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Biasanya, pengobatan akan diberikan dengan perawatan menggunakan antibiotik, untuk membunuh kuman yang mungkin menginfeksi dan memberikan beberapa resep obat lainnya untuk mengatasi rasa sakit yang mungkin muncul.

Nah, jika Anda memiliki keluhan yang mirip seperti gejala penyakit prostat, maka segera hubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan dari dokter kami yang sudah ahli dan berpengalaman. Apabila Anda membutuhkan informasi lainnya, silahkan konsultasi melalui tombol konsultasi online di bawah ini.

Baca Juga : Pengertian Penyakit Prostatitis

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan