• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Jangan Anggap Remeh Pinggang Kanan Sakit Pada Wanita

Jangan Anggap Remeh Pinggang Kanan Sakit Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 6.7 / 10 (3 orang penilai )

Banyak orang yang menganggap remeh pinggang kanan sakit yang umum terjadi pada pria ataupun wanita. Penyebab kondisi tersebut bisa karena kesalahan bergerak, cedera ataupun penyakit yang Anda alami. Penyakit yang berhubungan dengan organ yang berada di abdomen, pinggang dan juga pelvis biasanya akan memicu terjadinya sakit pada pinggang sebelah kanan.

Pada wanita, gejala pinggang kanan sakit tidak boleh dianggap remeh, karena bisa menandakan adanya suatu penyakit yang menyerang organ panggul yang bisa berakibat pada kesuburan wanita. Penyakit yang bisa menyebabkan wanita mengalami pinggang kanan terasa sakit yaitu penyakit radang panggul atau yang juga dikenal dengan pelvic inflammatory disease (PID).

Penyebab Radang Panggul

Radang panggul merupakan penyakit yang akan menyerang organ yang berada di area panggul wanita, seperti uterus, ovarium, dan juga tuba fallopi. Hal ini terjadi karena adanya infeksi bakteri yang menular melalui hubungan seksual. Penularan bakteri ini sering kali terjadi pada orang yang sering melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan sehingga tertular penyakit menular seksual ataupun melakukan hubungan seksual dengan penderita penyakit menular seksual. Infeksi bakteri yang terjadi dapat melukai tuba fallopi dan juga ovarium sehingga menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita dimana penderita menjadi sulit hamil ataupun mengalami kehamilan ektopik.

chat

Gejala Radang Panggul

Infeksi bakteri pada area panggul akan menyebabkan terjadinya gejala seperti:

• Demam
• Panggul dan pinggang kanan sakit
• Mengalami keputihan atau keluarnya cairan yang abnormal
• Terjadi pendarahan setelah melakukan hubungan seksual
• Sering merasakan kelelahan
• Terjadi pendarahan yang abnormal
• Mual dan muntah
• Menstruasi sering tidak teratur
• Dan kehilangan nafsu makan.

Gejala yang terjadi memang terlihat seperti penyakit umum lainnya, maka dari itu untuk memastikannya, segera periksakan diri Anda ke dokter bila mengalami gejala-gejala di atas, meskipun hanya gejala kecil seperti pinggang kanan sakit.

Diagnosis Dan Pengobatan Radang Panggul

Pemeriksaan panggul dan tes laboratorium umumnya akan dilakukan untuk mendiagnosis penyakit ini. Kemudian dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan darah untuk melihat adanya infeksi. Pemeriksaan lainnya mungkin juga akan dilakukan untuk mendukung diagnosis dokter, seperti pelvic ultrasonography, MRI, dan juga CT scan.

Setelah diagnosis dapat dipastikan, pengobatan akan dilakukan dengan pemberian antibiotik yang berguna menghentikan infeksi agar tidak menyebar. Antibiotik ini akan diberikan dalam bentuk injeksi ataupun obat minum. Bila infeksi sudah terbilang parah, maka pasien akan disarankan untuk dirawat di rumah sakit agar pemberian antibiotik bisa dilakukan melalui infus. Namun, bila penderita mengalami munculnya nanah pada area tuba fallopi ataupun ovarium, maka dokter akan melakukan operasi untuk mengeluarkan nanah tersebut.

Pencegahan akan lebih baik dilakukan dengan cara menghindari aktivitas seksual yang berisiko dan juga menghindari melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Bila ada gejala radang panggul yang Anda alami, atau Anda pernah melakukan aktivitas seksual yang berisiko, akan lebih baik bila Anda memeriksakan diri, untuk meminimalisir kemungkinan infeksi yang semakin menyebar dan mengganggu kesuburan Anda.

Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu pada staf medis Klinik Utama Gracia terkait penyakit radang panggul untuk memastikan kemungkinan kondisi yang Anda alami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan