• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

ISK Adalah Penyebab Komplikasi Ini

ISK Adalah Penyebab Komplikasi Ini
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

ISK adalah kependekan dari penyakit infeksi saluran kencing yang terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke saluran kemih. Biasanya infeksi ini terjadi pada wanita, yang memiliki jarak saluran uretra yang pendek dibanding pria. Bakteri penyebab ISK adalah bakteri yang berasal dari saluran cerna, ataupun bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual.

Ketika seseorang mengalami ISK, maka akan terjadi beberapa gejala seperti sering ingin buang air kecil, sakit saat buang air kecil, urine yang dikeluarkan sedikit-sedikit, warna urine keruh atau pekat atau bahkan bercampur darah, urine berbau tidak sedap, mual, nyeri punggung bagian bawah dan juga demam.

Keberadaan penyakit ini sering terabaikan karena dianggap dapat sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan apapun. Walaupun hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena ada pula di beberapa kasus dimana penderita ISK dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari tanpa dilakukan pengobatan. Namun tidak sedikit juga penderita ISK yang mengalami komplikasi karena penyakit ini dibiarkan begitu saja.

Untuk itu, ketahui beberapa hal mengenai ISK berikut ini.

Mendiagnosis ISK

Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat terkait ISK biasanya akan dilakukan beberapa pemeriksaan, yaitu analisis sampel urine yang dilakukan di laboratorium untuk melihat keberadaan bakteri, pemeriksaan darah, CT scan, sistoskopi, dan USG. Pengobatan untuk ISK akan diberikan bila sudah didapatkan diagnosis yang tepat.

chat

Mengobati ISK

Pengobatan yang akan diberikan pada penderita ISK adalah obat antibiotik. Penderita ISK yang sudah parah, mungkin membutuhkan perawatan di rumah sakit. Obat antibiotik biasanya juga akan diberikan bersama obat pereda nyeri agar dapat membantu menghilangkan gejala nyeri yang umumnya muncul karena ISK.

ISK yang terbilang ringan bisa saja hilang setelah dilakukan pengobatan dalam beberapa hari. Namun bila sudah terbilang parah, bahkan sampai terjadinya komplikasi, maka Anda kemungkinan membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Mencegah ISK

Mencegah ISK sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Seperti rajin mengonsumsi air putih, membersihkan kelamin dengan benar, membiasakan untuk buang air kecil setelah berhubungan seksual, tidak menggunakan produk tertentu yang bisa membuat terjadinya iritasi pada uretra, dan juga jangan menahan keinginan buang air kecil.

Komplikasi Dari ISK

Seringkali diabaikan, padahal dapat terjadi komplikasi karena ISK ini. Komplikasi yang bisa terjadi seperti infeksi yang kambuhan atau berulang, infeksi pada ginjal yang membuat terjadinya kerusakan pada ginjal, pada pria bisa terjadi penyempitan uretra, kelahiran bayi prematur pada wanita hamil, dan mengancam nyawa bila infeksi sudah menyebar pada seluruh darah.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui terkait ISK. Sudah seharusnya seseorang yang mengalami ISK melakukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi gejala yang terjadi dan juga menghilangkan infeksi bakteri. Jangan menunda atau membiarkan penyakit ini tanpa pengobatan, bila tidak ingin komplikasi terjadi.

Bila Anda tidak yakin dengan kondisi yang Anda alami, Anda bisa memeriksakan diri ke Klinik Utama Gracia. Sehingga Anda juga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan