• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Inilah Tanda Tanda Terkena Sipilis, Coba Perhatikan!

Inilah Tanda Tanda Terkena Sipilis, Coba Perhatikan!
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Tanda tanda terkena sipilis dapat muncul ketika sebuah kontak berisiko yang dapat menimbulkan adanya perpindahan bakteri penyebab penyakit sipilis. Dalam beberapa kasus penyakit sipilis seseorang akan lebih sulit untuk merasakan tanda tanda awal infeksinya. Mengingat bahwa gejala atau tanda awal terkena sipilis tidak dapat terindentifikasi secara jelas dan lebih asimtomatik dalam beberapa kondisi.

Apa saja tanda tanda terkena sipilis yang menjadi ciri infeksinya? Coba perhatikan hal-hal berikut:

Munculnya Luka Atau Lecet Pada Area Kelamin

Munculnya luka atau lecet dengan bentuk bulat atau sering disebut dengan chancre adalah luka sipilis yang menjadi ciri infeksi awal dari bakteri treponema pallidum. Luka sipilis ini biasanya menjadi tanda utama dari adanya bakteri tersebut yang menyebabkan penyakit menular seksual (PMS). Anda mungkin harus tahu lebih banyak tentang luka sipilis dan kemungkinan munculnya luka tersebut, diantaranya adalah:

o Batang penis

o Kepala penis

o Sekitar skrotum atau buah zakar

o Vulva vagina

o Labia vagina

o mAnus atau dubur

o Mulut jika melalui oral seks

Luka sipilis atau chancre akan yang muncul secara tunggal menjadi tanda tanda terkena sipilis pada tahap pertama atau primer. Biasanya luka ini akan bertahan selama 3 hingga 6 minggu dalam masa inkubasinya, dan dalam kondisi tertentu Anda mungkin juga akan merasakan gejala atau tanda lain dari adanya infeksi penyakit sipilis tersebut.

Baca Juga: Jika Menggunakan Kondom Apakah Sipilis Menular?

chat

Tidak Adanya Rasa Sakit

Saat luka sipilis muncul biasanya kondisi ini mungkin tidak akan menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya, tidak adanya rasa sakit sebagai tanda tanda terkena sipilis inilah yang menjadikannya tidak mudah untuk diidentifikasi pada tahap awal. Selain itu keluhan luka sipilis ini juga tidak hanya muncul pada organ kelamin eksternal tetapi juga pada bagian organ kelamin internal yang tidak mudah untuk dilihat secara kasat mata. Dalam kondisi inilah terkadan keluhan penyakit sipilis yang dialami oleh seseorang tidak dapat ditangani dengan baik sejak awal gejalanya muncul.

Luka Yang Berbentuk Bulat

Tanda tanda terkena sipilis dapat dilihat dari bentuk luka yang muncul pada area kelamin seseorang, biasanya luka sipilis atau raja singa ini akan cenderung berbentuk bulat dengan area tengah yang kemerahan terlihat seperti luka basah. Namun seperti halnya pada luka secara umum, luka sipilis ini akan mudah untuk hilang atau sembuh dalam beberapa waktu baik dengan pengobatan yang dilakukan maupun tanpa pengobatan. Anda juga harus lebih mewaspadai kondisinya ketika hal tersebut dialami, karena hal tersebut dapat menandakan masuknya tahap lanjutan dari infeksi sipilis tersebut.

Terasa Keras Saat Disentuh

Chancre biasanya muncul akibat bakteri yang masuk dengan cara menggali lapisan kulit untuk masuk kedalam tubuh, setelah bakteri penyebab sipilis masuk barulah tahap luka muncul dalam jangka waktu tertentu. Luka sebagai tanda tanda terkena sipilis ini mungkin akan lebih terasa keras saat disentuh atau jika Anda tekan pada permukaan lukanya cenderung terasa seperti tulang lunak. Yang berarti bahwa luka yang muncul pada area kelamin ini dapat menjadi tanda tanda terkena sipilis, jika Anda mengalaminya dan didukung dengan adanya riwayat kontak seksual yang berisiko atau berbahaya.

Segera Periksakan Jika Anda Mendapati Luka Pada Kelamin

Banyaknya kemungkinan adanya luka pada alat kelamin memang tidak selalu menandakan adanya infeksi menular seksual (IMS) seperti sipilis. Namun untuk mengantisipasi adanya penyebaran atau penularan infeksi sipilis tersebut Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli yang memang menangani keluhan tersebut secara tepat dan benar.

Klinik Utama Gracia adalah layanan kesehatan yang memang dapat menangani setiap keluhan bagi Anda yang mengalami infeksi atau penyakit menular seksual (PMS). Sipilis dapat diobati secara tuntas selama pemeriksaan dan pengobatan dapat Anda lakukan dengan benar. Jangan tunggu lama lagi, segera kunjungi dokter kami atau coba gratis untuk konsultasi awal di nomor 081336361555 sekarang!

Baca Juga: Bagaimana Bakteri Penyebab Penyakit Sipilis Menginfeksi?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan