• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Inilah Penyebab Kandung Kemih Sakit

Inilah Penyebab Kandung Kemih Sakit
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (5 orang penilai )

Infeksi saluran kemih bisa ditandai dengan kandung kemih sakit, yang merupakan salah satu gejala yang bisa terjadi. Peradangan pada sistem kemih ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Infeksi ini dapat mengakibatkan sistem pembuangan urine seseorang menjadi terganggu. Berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait infeksi saluran kemih.

Penyebab

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan seseorang mengalami infeksi saluran kemih, yaitu:

1. Bakteri

Bakteri bisa menjadi penyebab utama terjadinya infeksi saluran kencing, yang biasanya adalah jenis bakteri bernama Escherichia coli yang berada di saluran pencernaan. Bakteri ini dapat berpindah ke saluran kemih karena kesalahan dalam membersihkan area kelamin. Area kelamin seharusnya dibersihkan dari arah depan ke arah belakang, bukan sebaliknya.

2. Kebiasaan Buruk

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan timbulnya gejala dimana seseorang mengalami kandung kemih sakit karena infeksi saluran kemih. Kebiasaan tersebut misalnya seperti tidak buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual. Kebiasaan buruk ini akan membuat bakteri masuk ke saluran uretra. Seringkali dampak munculnya infeksi saluran kemih ini terjadi pada wanita yang memiliki infeksi saluran uretra yang pendek.

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan seseorang mengalami infeksi saluran kemih yaitu kurangnya konsumsi air putih setiap harinya. Padahal cairan ini dibutuhkan agar ginjal bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Ginjal yang kekurangan cairan juga akan membuat bakteri dapat menyerang dan berkembangbiak.

chat

Gejala

Ketika terjadi infeksi saluran kemih, maka penderita akan mengalami gejala tertentu seperti kandung kemih sakit, nyeri saat buang air kecil, tubuh merasa sering lemas, demam, sering buang air kecil, urine sedikit yang keluar, urine disertai darah, warna urine keruh dan berbau, dan juga sakit pada bagian punggung bawah.

Pengobatan

Pengobatan kandung kemih sakit umumnya akan dimulai dengan melakukan pemeriksaan seperti tes urine, tes pencitraan seperti USG dan sinar-X, dan juga pemeriksaan sistoskopi. Setelah ditemukan diagnosis yang tepat, maka pengobatan akan diberikan oleh dokter sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Pengobatan infeksi saluran kemih dilakukan dengan memberikan antibiotik untuk menghilangkan infeksi bakteri yang terjadi di saluran kemih. Kemudian dokter juga akan memberikan obat pereda rasa sakit untuk mengurangi nyeri atau sakit yang umumnya muncul karena infeksi yang terjadi.

Penggunaan antibiotik harus selalu dilakukan sesuai dengan petunjuk dari dokter. Jangan sembarangan dalam menggunakan setiap antibiotik. Karena bisa menyebabkan bakteri menjadi resisten, dan sulit untuk diobati.

Bila Anda merasakan adanya gejala infeksi saluran kemih, yang umumnya mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan, maka sebaiknya segera periksakan kondisi Anda untuk memastikan diagnosis terkait hal yang Anda alami. Jika infeksi yang terjadi pada saluran kemih ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka akan menyebabkan infeksi naik ke ginjal dan merusak kerja ginjal.

Apabila keluhan infeksi saluran kemih ini Anda alami, Anda bisa memeriksakannya langsung ke Klinik Utama Gracia. Ataupun terlebih dulu melakukan konsultasi pada staf medis melalui layanan chatting online. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan