• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Inilah Infeksi Vaginitis Pada Wanita Secara Umum

Inilah Infeksi Vaginitis Pada Wanita Secara Umum
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )



Vaginitis pada wanita dapat terjadi ketika organ reproduksinya mengalami sebuah infeksi baik dari bakteri, jamur, maupun mikroorgansisme lainnya. Pada dasarnya vaginitis adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada area vagina (organ reproduksi wanita). Vagina pada seorang wanita umumnya dapat mencakup pada bagian eksternal dari alat kelaminnya.

Setiap wanita yang mengalami keluhan vaginitis biasanya akan memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya, karena adanya berbagai jenis penyebab, gejala, serta kebutuhan perawatan yang juga berbeda. Anda harus memastikan kondisinya sebelum tindakan pengobatan dapat dilakukan secara tepat untuk keluhan yang Anda rasakan tersebut. Cari tahu lebih banyak tentang infeksi vaginitis pada wanita disini.

Penyebab Utama Infeksi Vaginitis Anda

Secara umum keluhan vaginitis pada wanita terjadi ketika ada perubahan keseimbangan organisme yang ada didalam vagina seorang wanita. Beberapa jenis bakteri maupun organisme dibutuhkan dalam organ reproduksi yang memang ditemukan pada vagina, jika perkembangannya terlalu rendah ataupun sebaliknya tentu hal ini dpat mempengaruhi sistem organ reproduksi yang akhirnya menyebabkan sebuah infeksi atau keluhan peradangan ginekologi.

Berikut adalah beberapa kondidi yang sering menjadi penyebab atau indikasi dari keluhan vagintitis wanita:

o Bacterial vaginosis (BV)

o Infeksi kandidiasis

o Trikomoniasis

o Perubahan hormon

Terkadang seorang wanita dapat memiliki lebih dari satu penyebab keluhan vaginitis untuk saat yang bersamaan karena didukung dengan adanya kondisi-kondisi tertentu. Vagina wanita memang akan memiliki tingkat kelembaban dan juga tingkat sensitifitas tinggi terhadap kondisi tertentu, sehingga hal ini jugalah yang menjadikannya mudah untuk mengembangkan sebuah infeksi atau keluhan vaginitis pada wanita yang sering dirasakan.

Baca Juga: Infeksi Vaginitis Adalah Infeksi Yang Berbahaya

chat

Gejala Umum Pada Infeksi Vaginitis Wanita

o Gatal, kemerahan, atau pembengkakan

o Sakit atau nyeri

o Keputihan abnormal

o Bau

Beberapa gejala tersebut adalah kondisi yang paling umum atau sering dialami oleh setiap wanita dengan infeksi vaginitis. Anda mungkin akan memiliki semua gejalanya atau hanya beberapa yang dirasakan karena perbedaan kondisi yang terjadi, setiap gejala yang dialami oleh seseorang biasanya akan tergantung pada apa yang menjadi penyebab utama dari keluhan vaginitis pada wanita tersebut.

Memastikan Diagnosis Sebuah Keluhan

Jika Anda sudah merasakan gejalanya secara berkala atau dirasakan jangka waktu tertentu dan terus berlanjut, Anda akan membutuhkan layanan kesehatan untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian secara klinis guna memastikan diagnosa keluhannya. Anda mungkin akan disarankan untuk melakukan beberapa tahapan pemeriksaan seperti:

o Pertanyaan tentang riwayat kesehatan sebelumnya

o Pemeriksaan panggul

o Pengambilan sampel untuk pengujian laboratorium

Hasil dari setiap pemeriksaan yang Anda lakukan akan sangat menentukan kondisi serta pemilihan pengobatan yang harus Anda lakukan. Jika Anda mengalami kondisi yang diindikasi pada keluhan lain, dokter Anda mungkin juga akan menganjurkan untuk dilakukannya beberpa pemeriksaan dan pengujian lain sesuai dengan kondisi dan kebutuhan medisnya.

Menentukan Tindakan Pengobatan Terbaik

Pengobatan terbaik dapat dilakukan jika Anda telah melakukan pemeriksaan dan mendapatkan hasil diagnosis yang tepat sesuai dengan keluhan yang dirasakan. Setiap perawatan dan pengobatan untuk keluhan vaginitis pada wanita memang akan bergantung pada jenis infeksi yang Anda miliki, dan disinilah peran penting dari sebuah pemeriksaan sangat dibutuhkan.

Anda harus memperhatikan beberapa aspek ketika sebuah gejala keluhan muncul seperti waktu pemeriksaan, jenis perawatan keluhan, serta tempat pemeriksaan yang Anda pilih untuk perawatan atau pengobatan. Klinik Utama Gracia menjadi salah satu klinik khusus dalam mengatasi setiap keluhan pada organ reproduksi pria dan wanita yang menjadi pilihan.

Kemudahan akses konsultasi bisa Anda dapatkan melalui chat online dibawah ini atau telepon di nomor 081336361555 . Dengan sistem reservasi secara langsung, Anda menjadi prioritas setiap layanan kesehatan terbaik dari klinik kami.

Baca Juga: Bahaya Vaginitis Apabila Tidak Segera Ditangani Dengan Benar

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan