• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Inilah Hal Penting Tentang Radang Panggul Pada Wanita!

Inilah Hal Penting Tentang Radang Panggul Pada Wanita!
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )



Penyakit radang panggul pada wanita atau disebut dengan pelvic inflammatory disease (PID) adalah sebuah ancaman bahaya yang bisa datang secara tiba-tiba tanpa Anda sadari sebelumnya. Penyakit radang panggul yang dialami oleh wanita merupakan infeksi serius yang berkembang akibat adanya kondisi mendasar yang dirasakan sebelumnya.

Yang artinya kondisi ini dapat menjadi kondisi yang lebih kompleks atau lebih rumit jika tidak sesegera mungkin dilakukan pengobatan yang tepat. Jarang ditemukan jika keluhan radang panggul pada wanita memang disebabkan oleh kondisi secara internal, sehingga biasnaya akan lebih ditemukan akibat infeksi lain yang tidak diobati. Ketika berlangsung, kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis bagi sistem organ reproduksi seorang wanita.

Gejala Penyakit Radang Panggul Pada Wanita

o Demam, kedinginana, atau gejala seperti flu

o Mual dan muntah

o Rasa sakit saat berhubungan seksual

o Sakit perut bagian bawah atau panggul

o Bercak dan rasa sakit diantara periode menstruasi atau selama buang air kecil (BAK)

o Periode menstruasi yang sangat panjang, menyakitkan, dan lebih berat

o Keputihan yang tidak biasa atau abnormal (berbau, berwarna, dan bertekstur)

Gejala penyakit radang panggul pada wanita beberapa kali mungkin akan terlihat asimtomatik atau tidak disadari yang pada akhirnya dapat menimbulkan kondisi serius dalam jangka waktu panjang. Jika Anda mengalami kondisi gejala dari salah satu seperti diatas, Anda tentu lebih disarankan untuk mewaspadai adanya masalah kesehatan serius pada organ reproduksi bagian dalam.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Pinggang Kanan Sakit Pada Wanita

chat

Ini Penyebab Penyakit Radang Panggul Anda

Penyakit radang panggul pada wanita dapat meliputi beberapa organ secara langsung, diantaranya adalah:

o Rahim

o Saluran tuba

o Indung telur (ovarium)

o Leher rahim atau serviks

Ini biasanya akan terjadi ketika sebuah mikroorganisme bergerak dari vagina atau leher rahim menuju kebagian lain didalam organ reproduksi Anda. Jenis mikroorganisme yang menginfeksi dan menjadi penyebab keluhan biasanya berasal dari bakteri menular seksual seperti gonore (kencing nanah) atau klamidia. Meski kedua jenis bakteri penyakit menular seksual (PMS) tersebut dapat disembuhkan dengan mudah. Namun Anda juga tidak bisa membiarkan keluhannya dengan mudah, karena ini dapat menimbulkan kondisi keluhan yang kronis serta masalah kesehatan serius yang lebih kompleks.

Apa Faktor Risiko Yang Dimiliki Wanita?

Risiko infeksi penyakit radang panggul pada wanita tentunya dapat muncul dan meningkat ketika seorang wanita memiliki beberapa faktor pendukung atau faktor yang menyebabkan risiko sebuah keluhan meningkat. Penting bagi Anda ketahui jika seseorang juga bisa mengembangkan penyakit radang panggul tanpa pernah memiliki infeksi menular seksual sebelumnya.

Berikut adalah beberapa faktor risiko dan faktor lain yang meningkatkan kemungkinan infeksi radang panggul pada wanita:

o Telah aktif atau melakukan hubungan seksual saat di bawah usia 25 tahun

o Berhubungan seksual dengan orang yang berbeda atau memiliki lebih dari satu pasangan seksual

o Menggunakan alat kontrasepsi (IUD) untuk mencegah kehamilan

o Douching (mencuci atau membersihkan vagina dengan air atau cairan berisi campuran bahan tertentu)

o Memiliki riwayat atau pasangan seksual yang positif dengan penyakit menular seksual (PMS)

Klinik Utama Gracia Untuk Solusi Kesehatan Anda

Mengapa Anda harus memilih Klinik Utama Gracia untuk pemeriksaan dan perawatan? Klinik kamu memberikan perawatan kesehatan organ reproduksi pria dan wanita, kebutuhan khusus organ vital Anda, serta informasi tentang kesehatan genital secara lebih akurat. Anda tidak perlu merasa khawatir atau malu untuk melakukan pemeriksaan radang panggul diklinik kami. Dengan menggunakan sistem satu dokter satu pasien, Anda akan mendapatkan perawatan, pengobatan, dan konsultasi secara lebih pribadi dan intensif.

Setiap pemeriksaan tidak harus menunggu sebuah gejala untuk muncul dan mengakibatkan adanya keluhan yang dirasakan dalam jangka waktu lama, Anda juga harus melakukan tindakan antisipasi jika menyadari adanya risiko yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk informasi pengobatan dan layanan konsultasi dengan dokter kami secara langsung silahkan klik link chat online atau teledokter di nomor 081336361555 .

Jangan tunda lagi! Chatdokter dan teledokter kami adalah layanan konsultasi tanpa biaya atau gratis untuk Anda.

Baca Juga: Bahaya Radang Panggul Jika Tidak Segera Diobati

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan