• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Inilah Fakta Tentang Makanan Penyebab Keputihan

Inilah Fakta Tentang Makanan Penyebab Keputihan
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Pernah mendengar tentang makanan penyebab keputihan pada wanita? Beberapa di antara jenis makanan tersebut malah yang paling sering kita konsumsi. Tapi apakah benar makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan munculnya keputihan?

Keputihan sendiri merupakan suatu hal yang wajar bagi wanita. Namun berbeda halnya bila keputihan yang muncul tersebut tidak normal, seperti menunjukkan gejala mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti amis atau berbau busuk, memiliki warna yang tidak wajar seperti kehijauan, kekuningan, abu-abu, atau putih susu, dan juga gejala lain seperti menyebabkan terjadinya gatal pada area vagina.

Banyak yang mempercayai keputihan ini terjadi karena makanan penyebab keputihan. Sehingga makanan-makanan tertentu dihindari agar tidak terjadi keputihan yang tentunya menimbulkan ketidaknyamanan. Namun berikut ini adalah fakta makanan penyebab keputihan pada wanita.

1. Buah Nanas

Paling sering diketahui oleh setiap wanita adalah keputihan bisa terjadi bila wanita mengonsumsi buah nanas. Buah nanas ini dianggap akan membuat vagina menjadi ‘becek’. Padahal anggapan tersebut ternyata tidak benar. Buah nanas sendiri memiliki kandungan vitamin dan juga serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam amino dan triptofan pada nanas juga berguna untuk mengurangi depresi.

Selain itu, nanas juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membunuh kuman dan juga bakteri. Hal inilah yang menjadikan anggapan bahwa buah nanas penyebab keputihan adalah salah, karena sebenarnya keputihan sendiri terjadi karena adanya infeksi jamur, bakteri, ataupun kuman pada area genital. Dan buah nanas dapat membantu membunuh penyebab keputihan tersebut.

chat

2. Timun

Kandungan air yang tinggi dalam timun, dipercaya bisa memicu terjadinya keputihan pada wanita. Padahal anggapan tersebut lagi-lagi salah. Karena kandungan air yang tinggi tersebut malah baik untuk kesehatan tubuh. Timun juga memiliki kandungan vitamin A, B, C, mineral, magnesium, kalium, mangan dan juga silika yang baik untuk kulit, melancarkan pencernaan dan juga berguna dalam mengobati diabetes. Selain itu, timun juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena terdapat kandungan kukurbitasin C di dalamnya.

3. Terong

Sayur yang enak dijadikan berbagai macam makanan ini juga dianggap dapat membuat terjadinya keputihan pada wanita. Sebenarnya, terong yang memiliki kandungan phycocyanin ini dapat membantu tubuh menghasilkan sel induk sehingga sel-sel yang telah mati dapat segera digantikan dengan sel baru. Terung sendiri juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit seperti alzheimer, parkinson dan juga huntington. Kandungan resveratrol dalam terong juga dapat mencegah seseorang mengalami penyakit jantung.

Itulah beberapa makanan yang dipercaya menjadi penyebab keputihan walaupun faktanya sama sekali tidak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keputihan sendiri terjadi karena adanya infeksi jamur, kuman dan juga bakteri, bukan karena makanan yang dikonsumsi.

Walaupun begitu, adapula makanan tertentu yang memicu kuman, bakteri dan jamur untuk berkembang biak dengan mudah, seperti makanan yang memiliki banyak kandungan gula, makanan fermentasi yang mengandung ragi, dan juga buah-buahan yang sudah dikeringkan.

Bila Anda mengalami gejala keputihan yang tidak wajar atau abnormal, segera periksakan kondisi yang Anda alami pada dokter ataupun staf medis Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan