• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Inilah Cara Penularan Herpes Yang Jarang Orang Ketahui

Inilah Cara Penularan Herpes Yang Jarang Orang Ketahui
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (4 orang penilai )



Herpes simplek yang terjadi baik pada tipe HSV-1 dan HSV-2 juga sangat rentan berpindah dari satu orang ke orang lainnya melalui hubungan intim dan penularan herpes sangat mudah di tempat lembab. Herpes genital merupakan suatu infeksi yang terjadi pada bagian daerah genital dengan gejala khas berupa vesikel yang berkelompok. Herpes genitalis biasanya terjadi pada bagian alat genital dan sekitarnya (bokong, daerah anal dan paha).

Penyakit herpes genital tipe 2 sering ditularkan melalui hubungan seksual dan biasanya menyebabkan penyakit rekurensi dan ulserasi genital yang nyeri. Penyakit HSV Tipe 1 biasanya mengenai mulut dan tipe 2 mengenai daerah genital.

HSV tipe 1 maupun HSV tipe 2 dapat menular melalui kontak kulit, ciuman, hubungan seks dan oral seks. Yang harus Anda ketahui virus herpes paling mudah ditularkan pada masa terjadinya luka yang terbuka atau luka aktif. Tetapi biasanya virus juga dapat menyebar selama tidak ada gejala yang tampak, dan ditularkan dari daerah yang kelihatannya tidak aktif.

Sebagian besar penularan penyakit herpes atau terjadi melalui kontak seksual. Terkadang penderita tidak sadar bahwa dirinya menderita penyakit herpes genitalis, sehingga dengan melakukan hubungan seks yang tidak terlindungi, ia menularkan virus ini pada pasangannya.

Penularannya penyakit herpes dapat terjadi pada seseorang jika kontak kulit langsung yaitu dari daerah yang terinfeksi pada bagian daerah yang tertular. Penularan ini dapat terjadi pada seseorang yang melakukan hubungan seks vaginal, oral, atau dubur. Penularan herpes merupakan suatu penyakit yang paling mudah menular jika kondisi seseorang sedang sakit, biasanya ditandai dengan rasa gatal, kesemutan dan sensasi lain sebelum muncul apapun di kulit.
 

chat

Bagaimana saja cara-cara penularan herpes simplex?

1. Kontak fisik dengan orang yang kena herpes

Penularan herpes dapat terjadi jika bersentuhan langsung (kulit ke kulit) dengan seseorang yang kena herpes. Kemungkinan penularan penyakit herpes terjadi terutama pada saat bintil-bintil baru saja muncul. Pada seseorang yang terinfeksi penyakit herpes tetapi gejala berupa muncul bintil-bintil tapi sudah terinfeksi virus herpes simplex juga tetap bisa menularkan penyakit ini. Namun, kasus ini memang sangat jarang terjadi.

2. Berhubungan seks

Penggunaan kondom dapat menurunkan risiko tertular herpes genitalis. Namun, tidak mengurangi risiko tertular herpes ini. Herpes ini juga dapat ditularkan oleh mereka yang belum memiliki gejala (periode antara terkena infeksi sebelum gejala-gejala muncul) Herpes genital tidak dapat ditularkan melalui berpelukan, Berciuman, bersentuhan, makan bareng juga tidak dapat menularkan penyakit herpes genitalis ini.untuk penggunaan pakaian sebaiknya dicuci dengan sangat bersih dan dihindari untuk berganti ganti pakaian dengan orang lain.

3. Ciuman

Penularan herpes dapat terjadi melalui sentuhan bibir atau ciuman. Terutama bila Anda atau pasangan mengidap HSV-1 yang menyerang area mulut dan bibir. Virus herpes simplex sangat mudah untuk ditularkan melalui daerah yang lembab.

4. Melahirkan normal

Jika wanita memiliki penyakit herpes HSV-2 di alat kelamin, Kemungkinan menularkan virus herpes pada bayinya yang dilahirkan normal. Hal ini memang jarang terjadi. Tetapi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk mencegah kemungkinan penularan herpes pada bayi Anda saat melahirkan nanti.

Baca Juga : Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Penyakit Herpes Genitalis

Gejala Herpes Genital Pada Pria Dan Wanita

  • Pada pria akan muncul benjolan berisi air di area kemaluan seperti batang kemaluan, pangkal penis, bahkan anus.
  • Pada wanita gejala benjolan akan nampak pada area luar vagina bahkan bisa tumbuh di dalam vagina, sehingga membuat wanita yang terinfeksi tidak mengetahui bahwa dia mengidap penyakit kelamin berbahaya.
  • Selain itu pada wanita akan mengalami keputihan yang tidak biasa, sepeti keputihan berwarna, berbau, dan terasa gatal, sehingga membuat penderita tidak nyaman dengan kondisi tersebut.

Klinik Utama Gracia Dapat Membantu Anda Mengobati Herpes Genital

Klinik Utama Gracia merupakan Klinik terbaik spesialis penyakit kelamin yang terletak Di Jakarta. Memiliki banyak keunggulan dan mampu bersaing dengan klinik lainnya, yang memberikan hasil penanganan herpes genital dengan efek sangat baik. Klinik Utama Gracia sudah banyak berpengalaman dalam bidangnya, memiliki peralatan medis yang modern dan dokter ahli yang professional dalam bidangnya.

Anda dapat berkonsultasi secara online dengan kami, untuk mendapatkan bantuan medis dengan cara klik konsultasi online atau bisa menghubungi hotline kami di nomor 081336361555.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan