• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Inilah Cara Menyembuhkan Penyakit Ambeien

Inilah Cara Menyembuhkan Penyakit Ambeien
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Pembengkakan atau pelebaran yang terjadi pada area anus akan menyebabkan seseorang mengalami ambeien. Ambeien sendiri juga banyak dikenal dengan sebutan wasir ataupun hemorrhoid. Penyebab ambeien yang sering kali terjadi karena permasalahan di bagian pencernaan, karena kurangnya asupan serat. Namun tak perlu khawatir, berikut ini adalah cara menyembuhkan ambeien yang bisa Anda coba sendiri selain menanganinya dengan cara medis.

Ambeien sendiri dibagi menjadi dua, yaitu ambeien dalam dan ambeien luar. Ambeien dalam adalah pembengkakan yang terjadi di dalam area anus, jadi tidak terlihat dari luar. Sedangkan ambeien luar merupakan pembengkakan yang terjadi di luar area anus, membuat jaringan ambeien terlihat dari luar. Walaupun bukan termasuk penyakit yang mematikan, namun tetap perlu dilakukan cara menyembuhkan ambeien berikut ini.

Cara Menyembuhkan Ambeien

1. Manggis

Tak hanya buahnya yang enak untuk dikonsumsi, kulit manggis juga sudah dipercaya sejak lama dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya ambeien. Pada kulit manggis terdapat kandungan mineral baik yang banyak. Caranya, seduh kulit manggis yang sudah dikeringkan menggunakan air hangat dan minumlah air tersebut sampai ambeien sembuh.

2. Sirsak

Terdapat kandungan vitamin dan mineral dalam sirsak yang sangat berguna untuk tubuh. Sirsak yang memiliki kandungan anonol, annohexocin, acid, dan juga mineral, akan mengobati kondisi ambeien dan juga meningkatkan kekebalan tubuh Anda. caranya, rebus beberapa helai daun sirsak, lalu minum air rebusan terbut sebanyak dua kali dalam sehari.

3. Susu

Susu juga dipercaya ampuh mengobati masalah ambeien. Susu ini bisa menjadi asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk itu, perbanyak lah konsumsi susu agar kesehatan tetap terpercaya. Karena susu bisa menjadi pengganti serat bagi tubuh.

chat

4. Daun Bondotan

Tumbuhan yang termasuk liar ini memiliki kandungan yang bisa mengobati ambeien. Caranya, cuci beberapa helai daun, lalu sumpalkan daun tersebut pada anus yang mengalami ambeien. Anda juga bisa menggunakan daun ini untuk direbus, kemudian diminum airnya.

5. Pisang

Jenis pisang yang bisa digunakan untuk mengatasi ambeien adalah pisang klutuk. Pisang yang lebih sering digunakan sebagai bahan rujak ini bisa membantu Anda mengobati ambeien yang Anda alami. Caranya, peras pisang klutuk sampai mengeluarkan air, kemudian air tersebut dicampur dengan gula aren dan bisa Anda minum sebanyak dua kali dalam sehari.

6. Tape Singkong

Makanan yang banyak ditemukan di daerah Jawa Barat ini ternyata memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Caranya sangat mudah, dan terbilang enak, Anda cukup konsumsi tape singkong ini sebanyak dua kali sehari.

7. Daun Kecubung

Tanaman asli Indonesia ini juga bisa mengatasi permasalahan penyakit ambeien yang Anda alami. Caranya, Anda hanya perlu merebus daun kecubung, lalu gunakan air hasil rebusan yang sudah mulai dingin untuk membasuh atau membersihkan area anus.

8. Jamur Kuping

Jenis jamur satu ini bisa Anda gunakan dengan cara merebusnya, dan kemudian Anda konsumsi. Cara ini bisa membantu Anda mengatasi masalah penyakit ambeien yang sering membuat tidak nyaman.

Cobalah bahan-bahan di atas untuk sebagai cara menyembuhkan ambeien yang tradisional dan terbilang alami. Cara-cara ini tentunya akan minim efek samping, karena menggunakan bahan yang alami, bukan bahan kimia.

Jika Anda memiliki keluhan terkait ambeien atau wasir, konsultasikan pada staff Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting pada halaman ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan