• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Inilah Cara Mengobati Kutil Kelamin

Inilah Cara Mengobati Kutil Kelamin
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )

Kutil kelamin atau kondiloma akuminata adalah penyakit menular seksual yang terjadi karena adanya infeksi human papillomavirus atau HPV. Virus ini terdiri dari banyak jenis, dan yang paling terkenal adalah sebagai virus penyebab kanker serviks, dan kutil kelamin. Selain perlu mengetahui gejalanya, Anda juga harus tau cara mengobati kutil kelamin.

Gejala

Gejala atau ciri-ciri yang akan dialami oleh penderita kutil kelamin atau kutil kemaluan yaitu munculnya daging tumbuh atau kutil pada area genital, ataupun anus. Daging tumbuh ini sering kali disebut mirip dengan kembang kol, karena permukaannya yang tidak rata. Kemunculan kutil kelamin ini biasanya akan berkelompok dan memiliki warna kemerahan.

Bukan hanya bisa terjadi pada permukaan area genital atau anus, kutil ini juga bisa muncul pada area dalam genital pria atau wanita. Ciri lainnya, ketika melakukan hubungan seksual, kutil ini kemungkinan akan mengalami pendarahan, karena bergesekan.

Cara Mengobati Kutil Kelamin

Agar pengobatan yang diberikan dapat sesuai, maka dibutuhkan diagnosis yang tepat dahulu dari kondisi yang Anda alami. Ketika Anda memeriksakan diri ke dokter, dokter mula-mula akan memeriksa keadaan fisik Anda. Kutil umumnya akan terlihat pada pemeriksaan biasa saja. Namun bila kutil terjadi di area dalam genital atau anus, akan ada pemeriksaan tambahan untuk memastikan diagnosisnya.

chat

Setelah diagnosis didapat dengan jelas, maka dokter akan memberikan dua cara pengobatan kutil kelamin, yaitu pengobatan topikal dan prosedur ablasi.

1. Pengobatan Topikal

Pengobatan ini termasuk pengobatan awal yang akan diberikan dokter. Selain itu pengobatan ini akan diberikan untuk jenis kutil kelamin yang lunak dan belum menyebar. Obat topikal sendiri adalah obat yang dioleskan pada area kutil yang umumnya untuk menghilangkan jaringan kutil ataupun meningkatkan kekebalan tubuh agar dapat melawan infeksi virus.

Obat topikal umumnya berbentuk krim, salep atau cairan. Namun penggunaan obat ini harus sesuai resep dan anjuran dokter. Tidak boleh menggunakan obat yang banyak dijual bebas dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

2. Prosedur Ablasi

Cara mengobati kutil kelamin selanjutnya adalah dengan menerapkan prosedur ablasi. Prosedur ini akan dilakukan bila kutil tidak juga merespon pengobatan topikal, dan juga kutil sudah menyebar. Prosedur ablasi sendiri terdiri dari berbagai metode.

Seperti eksisi, untuk memotong dan membuang kutil yang dilakukan pada kutil yang tumbuhnya dalam kelompok yang terbilang kecil. Metode bedah listrik untuk membakar sisa jaringan kutil yang sudah dipotong. Kriyoterapi untuk membekukan kutil menggunakan cairan nitrogen sampai terlepas sendiri, yang biasanya dilakukan pada kelompok kecil kutil di area penis atau vulva. Dan yang terakhir adalah bedah laser, untuk membakar kutil yang umumnya memiliki ukuran yang besar dan sulit untuk dijangkau.

Cara mengobati kutil kelamin dapat disesuaikan dengan kondisi kutil kelamin yang Anda alami. Namun akan lebih baiknya dikonsultasikan terlebih dulu pada dokter, karena dokter pasti akan lebih mengetahui penanganan mana yang tepat untuk permasalahan yang Anda alami.

Bila Anda membutuhkan solusi untuk permasalahan penyakit menular seksual Anda, Anda juga bisa langsung berkonsultasi pada staf medis Klinik Utama Gracia dengan menghubungi kami melalui layanan chatting online yang disediakan. Walaupun penyakit ini tidak berbahaya, namun harus segera disembuhkan agar tidak menular pada pasangan Anda ataupun membuat infeksi semakin menyebar. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi mengenai permasalahan yang Anda alami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan