• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Inilah 5 Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Inilah 5 Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (4 orang penilai )

Cara menghilangkan keputihan pada wanita dilakukan untuk mengatasi permasalahan keputihan abnormal yang sering terjadi. Sebenarnya keputihan sendiri adalah suatu hal yang terbilang wajar, karena merupakan cara organ kewanitaan membersihkan diri. Namun seringkali wanita mengalami keputihan abnormal dimana keputihan tersebut terjadi karena gangguan yang dialami oleh area kewanitaan, seperti adanya infeksi jamur, infeksi bakteri, ataupun penyakit menular seksual. Untuk itu, berikut ini, ketahui lah cara menghilangkan keputihan pada wanita.

1. Tidak Menggunakan Produk Tertentu Pada Vagina

Penggunaan pembersih vagina, panty liner, ataupun tisu pada vagina yang mengandung bahan pewangi di dalamnya, akan membuat rusaknya keseimbangan pH di area kewanitaan tersebut. Hal ini dapat membuat mikroorganisme baik yang ada pada vagina menjadi mati, sehingga terjadi serangan tumbuhnya mikroorganisme jahat. Bila hal ini terjadi, maka keputihan abnormal dapat dialami oleh wanita.

Sebenarnya, area kewanitaan tidak perlu produk-produk pembersih ataupun berpewangi, karena area tersebut bisa membersihkan dirinya sendiri. Sehingga Anda hanya cukup membersihkan area tersebut menggunakan air bersih saja. Namun lakukan dengan benar. Bersihkan area kelamin dari depan ke belakang, agar bakteri dari anus tidak berpindah ke vagina.

2. Menghindari Stress Dan Kelelahan

Keputihan pada wanita juga sering terjadi karena faktor psikis. Hal ini disebabkan hormon akan berubah saat psikis wanita terganggu ketika stres ataupun merasa kelelahan. Untuk itu hindari segala hal yang dapat membuat Anda stres, cemas, dan juga kelelahan, agar terhindar dari keputihan.

chat

3. Menggunakan Bahan Alami

Mungkin Anda sering mendengar penggunaan daun sirih untuk cara menghilangkan keputihan pada wanita. Hal ini dipercaya karena kandungan antibiotik dalam daun sirih yang bisa membunuh bakteri penyebab keputihan. Anda dapat menggunakan bahan tradisional ini dengan cara merebusnya dengan air, lalu gunakan air rebusan yang telah dingin tersebut untuk membasuh area kewanitaan. Namun jangan lakukan cara ini secara berlebihan atau terlalu sering, karena malah akan membuat bakteri baik pada vagina ikut mati, dan malah akan memperburuk kondisi keputihan yang Anda alami.

4. Menghindari Makanan Penyebab Keputihan

Ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan wanita mengalami keputihan, seperti makanan berminyak. Kandungan lemak dalam makanan berminyak dapat mempengaruhi hormon. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi akan membuat keputihan memburuk, dan metabolisme tubuh terganggu.

5. Antibiotik Untuk Keputihan

Umumnya infeksi bakteri pada area kewanitaan akan menimbulkan terjadinya keputihan berwarna keputihan atau keabuan, keluar secara berlebihan, teksturnya lengket, berbau amis, dan sering disertai gatal yang mengganggu. Agar gejala-gejala ini dapat teratasi, maka dapat ditangani dengan antibiotik untuk keputihan yang bisa Anda dapatkan berdasarkan resep dokter. Selain itu, keputihan yang disebabkan infeksi jamur, umumnya ditangani dengan pemberian obat anti jamur. Namun perlu diingat, bahwa harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, agar pengobatan yang diberikan tepat sasaran. Dan Anda disarankan untuk tidak membeli obat sembarangan.

Selain itu, Anda juga harus menghindari aktivitas seksual yang berisiko agar tidak tertular penyakit menular seksual, yang juga dapat menyebabkan keputihan abnormal. Ketahui ciri keputihan abnormal juga merupakan salah satu cara yang tepat agar permasalahan ini cepat teratasi.

Mencegah akan lebih baik daripada mengobati, untuk itu lakukan pencegahan agar Anda tidak mengalami keputihan abnormal ini dengan cara menjaga kesehatan area kewanitaan, dan mengonsumsi makanan sehat setiap harinya.

Konsultasi dan periksakan kondisi keputihan yang Anda alami pada Klinik Utama Gracia, agar mendapat solusi yang tepat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan