• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Ini Tips Penghilang Bau Ketiak Yang Bisa Anda Coba

Ini Tips Penghilang Bau Ketiak Yang Bisa Anda Coba
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )



Penghilang bau ketiak? Anda akan membutuhkan tips ini untuk mengatasi produksi keringat yang berlebih pada ketiak Anda. Berkeringat adalah hal yang wajar untuk tubuh tetapi seberapa sering Anda mengalaminnya? Apakah kondisi ini sampai menimbulkan bau berlebih bahkan hingga menganggu aktifitas keseharian Anda?

Banyak dari kita yang menderita dan merasa malu dengan hal tersebut dan menganggapnya bukan sebagai keluhan yang serius. Secara alamiah keringat yang dihasilkan tubuh seseorang sebenarnya tidak berbau atau menimbulkan bau menyengat. Yang membuatnya menjadi berbau adalah ketika bakteri mulai memecah keringat yang muncul pada area permukaan kulit Anda.

Dalam beberapa kasus pada keluhan bau ketiak seseorang mungkin akan lebih memperhatikan kondisinya dalam jangka panjang, hal ini karena adanya beberapa kondisi yang juga menjadi pemicu. Keringat tidak hanya dihasilkan pada area ketiak, namun keringat yang dihasilkan oleh tubuh Anda juga akan ditemukan pada bagian-bagian tubuh lain misalnya:

o Kaki

o Alat kelamin

o Selangkangan

o Rambut kelamin

o Dubur

o Belakang telinga

Dalam kondisi orang dengan hiperhidrosis (seseorang yang berkeringat secara berlebih) Anda mungkin akan lebih sulit mengontrol produksi keringat yang dihasilkan. Meskipun tubuh Anda juga membutuhkan keringat guna mendinginkan suhu tubuh, jika terlalu berlebih maka hal itulah yang menjadikan adanya perkembangan bakteri akan lebih mudah dan lebih cepat.

Penyebab Keringat Yang Menimbulkan Bau Ketiak

Ada dua jenis kelenjar keringat utama yang ada pada tubuh seseorang, yang mana keduanya memiliki fungsi dan juga kegunaannya masing-masing.

o Kelenjar eccrine

Kelenjar eccrine mudah ditemukan pada telapak kaki atau tangan serta lebih terbuka langsung di permukaan kulit. Kelenjar ini juga termasuk dalam kelenjar utama yang berguna bagi sistem tubuh Anda, karena kelenjar ini didistribusikan pada sebagian besar area tubuh. Namun dalam fungsinya kelenjar ini lebih sering menghasilkan keringat yang tidak berbau.

o Kelenjar apokrin

Adalah kelenjar yang lebih banyak terletak pada area-area tertentu pada bagian tubuh atau pada daerah yang terdapat banyak folikel rambutnya seperti kulit kepala, ketiak, dan juga area genital serta sekitarnya. Kelenjar inilah yang menimbulkan keluhan bau ketiak Anda, karena kelenjar keringat ini melepaskan keringat yang lebih berat, padat, serta mengandung minyak.

Saat kelanjar apokrin mulai bekerja dan menghasilkan keringat pada area ketiak Anda, disitulah bakteri juga berperan terhadap munculnya bau. Kontak bakteri menjadikan keringat yang keluar sebagai sumber makanan dan memecahkan unsur kimia dalam tubuh hingga pada akhirnya menghasilkan bau pada area badan Anda atau khusunya ketiak.

Meskipun reaksi tersebut dapat dikatakan normal atau alamiah, beberapa orang mungkin memiliki kondisi yang lebih sering berkeringat dan hal tersebut akan memperparah kondisinya tersebut. Beberapa tips dan tindakan penghilang bau ketiak akan sangat Anda butuhkan guna mengurangi efek bau yang akan membuat Anda dan orang disekeliling Anda merasa terganggu.

Baca Juga: Ga Usah Minder, Begini Cara Hilangkan Bau Ketiak

chat

Perawatan Tepat Penghilang Bau Ketiak Untuk Anda

Perawatan penghilang bau ketiak? Bagaimana bau ketiak dapat diobati? Anda tentu akan bertanya-tanya mengapa Anda harus melakukan perawatan atau pengobatan untuk bau ketiak. Anda yakin bahwa bau ketiak yang dirasakan bukanlah sebuah keluhan yang harus Anda hilangkan? Saat ini banyak penyedia layanan kesehatan yang juga dapat memberikan pengobatan dan penghilang bau ketiak secara medis khusus untuk menyembuhkan  keluhan tersebut.

Selama ini Anda mungkin akan merasa bahwa pengobatan atau penghilang bau ketiak adalah dengan penggunaan deodoran. Akan tetapi banyak juga yang tidak terpengaruh bahkan tidak dapat bekerja secara maksimal dengan hanya penggunaan produk-produk deodoran atau produk penghilang bau ketiak yang umum saja.

Yang Anda butuhkan adalah pemeriksaan atau konsultasi kesehatan secara medis dengan dokter ahli atau mendatangi pelayanan medis yang dapat menangani keluhan Anda tersebut. Ada beberapa tes dan pengujian yang dapat dilakukan untuk memastikan diagnosis serta memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan perawatan yang benar dan sesuai.

Tips Dan Praktik Efektif Penghilang Bau Ketiak Yang Bisa Anda Coba

Sebelum maupun sesudah Anda memiliki keluhan bau ketiak dengan produksi keringat berlebih (hiperhidrosis), Anda mungkin memiliki beberapa kebiasaan yang menjadikannya sebagai faktor pendukung adanya keluhan tersebut. Lalu apa tips dan praktik penghilang bau ketiak yang efektif dan bisa Anda lakukan? Anda akan diharuskan untuk:

o Meningkatkan kebersihan pribadi dengan baik

Personal hygiene atau kebersihan pribadi adalah kunci utama yang harus Anda jaga dan praktikan secara benar dalam keseharian. Karena bau dapat disebabkan oleh kebersihan yang buruk, sehingga Anda harus mengubah beberapa kebiasaan untuk meningkatkan kebersihan pribadi yang lebih baik.

o Menghindari produk-produk kimia berbahaya

Beberapa penggunaan produk-produk yang tidak tepat juga dapat menjadikannya sebagai pemicu munculnya keluhan bau ketiak yang Anda rasakan.

o Gunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat

Bahan pakaian apa yang Anda kenakan juga dapat berpengaruh ketika Anda memiliki kondisi keluhan bau ketiak. Karena area ketiak atau selangkangan yang tertutup akan memudahkan perkembangan bakteri penyebab adanya bau tersebut.

o Merubah pola makan

Tahukah Anda jika makanan-makanan tertentu dapat menyebabkan bau ketiak? dengan begitu Anda juga harus melakukan perubahan pola makan yang lebih sehat dan juga menghindari adanya makanan yang dapat menimbulkan bau. Misalnya seperti mengurangi konsumsi daging merah atau jenis sayur yang mengandung belerang.

o Hindari stres atau masalah psikologi

Karena reaksi stres secara tidak langsung dapat menyebabkan produksi kelenjar keringat meningkat dan akan berpotensi untuk menimbulkan bau. Manajemen stres dan teknik pengurangan kecemasan dapat membantu Anda mengontrol dan meminimalisir respon keringat.

Cobalah tips penghilang bau ketiak tersebut dan praktikan sebagai bagian dari kebiasaan dalam keseharian Anda. Jika kondisi terus berlanjut dan menyebabkan adanya keluhan-keluhan lain yang lebih serius bagi kesehatan serta menganggu aktifitas Anda, maka segera lakukan konsultasi dan bicarakan dengan tenaga medis untuk bisa tau kondisi pastinya.

Klinik Utama Gracia selain menangani keluhan seputar organ reproduksi, klinik kami juga dapat mengatasi keluhan bau ketiak yang Anda alami. Rekomendasi perawatan yang dilakukan secara medis tentu akan lebih aman, terpercaya, dan tepat untuk Anda lakukan. Reservasikan jadwal pemeriksaan Anda diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Baca Juga: Penyebab Bau Ketiak Tidak Sedap

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan