• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Ini Cara Mencegah Penyakit Kelamin Terbaik

Ini Cara Mencegah Penyakit Kelamin Terbaik
Nilai Rata-rata: 6.7 / 10 (3 orang penilai )



Cara mencegah penyakit kelamin sangat dibutuhkan guna menghindari adanya berbagai jenis infeksi menular seksual (IMS) yang berbahaya dan berisiko bagi kesehatan organ genital Anda. Penyakit kelamin saat ini sudah menjadi kondisi yang darurat atau berisiko karena banyaknya metode penyebaran dari infeksi tersebut.

Transmisi secara langsung dan tidak langsung dapat terjadi ketika Anda juga memiliki kondisi yang berisiko untuk meningkatkan adanya infeksi penyakit kelamin tersebut. Setiap penyakit kelamin akan mudah menular melalui segala bentuk kontak seksual:

o Vaginal

o Oral

o Anal

Namun kondisi infeksi ini juga tidak selamanya terjadi ketika Anda aktif secara seksual, sehingga Anda masih mungkin memiliki kesempatan untuk terinfeksi penyakit kelamin dan atau infeksi menular seksual (IMS) bahkan ketika Anda tidak memiliki riwayat atau kontak seksual yang aktif. Hingga saat ini tidak dapat dipastikan bagaimana seseorang dapat didiagnosis dengan penyakit kelamin ketika Anda hanya melihat secara kasat mata.

Apa Penggunaan Kondom Sudah Cukup Mencegah Penyakit Kelamin?

Sebagian besar orang-orang akan lebih umum mengenal bahwa penggunaan kondom adalah cara mencegah penyakit kelamin yang dianggap paling aman. Namun tahukan Anda jika anggapan tersebut tidak dapat dibenarkan secara pasti? Yang berarti bahwa penggunaan kondom saja tidak dapat dijadikan sebagai cara mencegah penyakit kelamin yang efektif untuk dilakukan. Hal ini terjadi karena banyak orang yang salah mengartikan fungsi dan kegunaan dari kondom tersebut.

Kondom yang Anda gunakan saat akan melakukan kontak seksual berguna sebagai salah satu alat kontrasepsi instan yang bisa Anda pakai, sehingga itu berfungsi untuk menghalangi adanya proses pembuahan dari sperma atau air mani pria ke dalam sel telur wanita. Penggunaan kondom saja tentu tidak bisa menjamin jika Anda tidak bisa mendapatkan infeksi penyakit kelamin dan tidak termasuk dalam cara mencegah penyakit kelamin yang dianjurkan.

Hal tersebut terjadi karena adanya bagian-bagian tertentu dari area kelamin Anda yang mungkin tidak terlindungi, selain itu ada beberapa mikroorganisme penyebab keluhan penyakit kelamin yang bisa menembus hingga area kulit meskipun Anda menggunakan kondom. Jadi saat ini Anda harus menggubah anggapan tersebut guna menghindari adanya kondisi yang tidak diinginkan.

Bagaimana Penyakit Kelamin Menginfeksi Anda?

Ada beberapa jenis penyakit kelamin dengan beberapa jenis penyebab yang berbeda-beda tentunya, berbagai macam jenis penyakit kelamin juga akan memiliki jenis penyebabnya sendiri. Sebagian mungkin Anda akan mengetahui penyakitnya dan sebagian lagi mungkin tidak dapat Anda ketahui jika menginfeksi tubuh. Berikut adalah beberapa penyakit kelamin berdasarkan klasifikasi penyebabnya:

o Bakteri

Bakteri neisseria gonorrhoeae penyebab penyakit gonore atau kencing nanah, bakteri treponema pallidum penyebab penyakti sifilis atau raja singa. Adalah beberapa jenis penyakit kelamin yang sering terjadi dan diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri.

o Virus

HPV (human papilloma virus) penyebab penyakit kutil kelamin, HSV (herpes simplex virus) penyebab penyakit herpes genital, serta HIV (human immunodeficiecy virus) penyebab penyakit AIDS merupakan jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus.

o Mikroorganisme lain

Kondisi ini biasanya disebebkan oleh adanya infeksi dari bentuk parasit, jamur, ataupun mikroorganisme lain yang juga dapat menular melalui aktifitas seksual. Misalnya seperti orang-orang dengan infeksi trikomoniasis dan kutu kelamin.

Semua jenis mikroorganisme tersebut berpindah dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak seksual langsung dari kulit ke kulit, sehingga hal inilah yang meningkatkan risiko bagi penderitanya untuk mengatasi keluhan tersebut atau menentukan cara mencegah penyakit kelamin yang tepat. Setiap pria dan wanita akan memiliki kesempatan lebih untuk terinfeksi penyakit kelamin jika dirinya:

o Memiliki riwayat sering berganti pasangan atau memiliki lebih dari satu pasangan

o Gaya hidup berisiko seperti alkoholisme

o Pengguna obat-obatan seperti narkoba

o Melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi penyakit menular seksual (PMS)

Baca Juga: 5 Daftar Penyakit Kelamin Berbahaya Di Indonesia Dan Cara Mengatasinya

chat

Cara Mencegah Penyakit Kelamin Yang Benar Dan Harus Anda Lakukan

Bagaimana cara mencegah penyakti kelamin yang benar dan paling baik untuk lakukan? ikuti beberapa langkah berikut:

o Tidak melakukan tindakan-tindakan berisiko

o Bersifat monogami atau hanya memiliki satu pasangan seksual

o Pastikan pasangan seksual Anda tidak memiliki riwayat penyakit kelamin

o Lakukan skrining PMS atau kesehatan secara berkala

o Melakukan vaksinasi terhadap beberapa penyakit kelamin

o Tidak berbagi mainan seksual

o Praktik kebersihan sebelum dan sesudah aktifitas seksual secara tepat

o Batasi atau kurangi jumlah pasangan seksual

o Tidak menggunakan segala jenis obat terlarang atau narkoba

Cara mencegah penyakit kelamin yang paling baik adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual secara sembarang. Dan anda juga dapat menerapkan beberapa langkah seperti diatas tersebut untuk dijadikan sebagai tindakan antisipasi guna terhindar dari adanya penyakit menular seksual (PMS) yang berbahaya.

Beberapa orang mungkin akan menerapkan cara mencegah penyakit kelamin yang berbeda atau variatif bergantung dengan kondisi penyakit apa yang ingin dihindari. Tetapi hal tersebut tidak disarankan, karena Anda bisa saja mengembangkan gejala penyakit secara asimtomatik yang akhirnya akan tetap dapat menginfeksi pada pasangan Anda bahkan jika sudah dilakukannya sebuah pengobatan atau perawatan.

Klinik Utama Gracia menjadi penyedia layanan kesehatan khusus untuk setiap masalah organ reproduksi Anda. Sehingga Anda tidak harus menunggu untuk terinfeksi penyakit kelamin agar melakukan pemeriksaan atau konsultasi. Hubungi kami di nomor 081336361555 untuk konsultasi secara langsung melalui telepon dengan dokter-dokter profesional diklinik kami.

Baca Juga: Kenali Dan Waspadai Gejala Penyakit Menular Seksual

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan