• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Ini Alasan Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan Wanita

Ini Alasan Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Keputihan disertai nyeri pada kemaluan merupakan kondisi yang mungkin tidak banyak wanita alami, dan ketika hal ini terjadi biasanya akan lebih banyak faktor kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Keputihan memang akan umum terjadi pada wanita disegala usia, dan bisa menjadi kondisi yang tergolong normal atau abnormal.

Seorang wanita yang mengalami keputihan, biasanya akan lebih didasari pada kondisi-kondisi yang kompleks pada area organ reproduksi bagian dalamnya. Hal ini didasari oleh adanya sistem-sistem didalam tubuh yang saling bekerja dan menghasilkan sisa-sisa sel dari dalam tubuh untuk dikeluarkan dalam bentuk keputihan. Cari tahu lebih banyak tentang keluhan keputihan yang Anda rasakan didalam artikel kali ini.

Keputihan Bagi Seorang Wanita

Keputihan yang terjadi pada seorang wanita biasanya akan lebih mengarah pada sistem mekanisme tubuh atau memang menjadi gejala dari sebuah keluhan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat sebuah keputihan yang dialami oleh seorang wanita menjadi kondisi yang tidak biasa atau abnormal yaitu:

o Keputihan yang berwarna (merah kecoklatan, kuning kehijauan, putih susu, keabu-abuan, dan lainnya)

o Memiliki bau tidak sedap (berbau ikan, asam, atau seperti logam)

o Tekstur atau bentuk keputihan yang keluar (menggumpal, cair, kental, tipis atau tebal)

o Gatal disekitar area kemaluan dan sekitarnya

o Keputihan disertai nyeri pada kemaluan atau sakit pada perut bagian bawah

o Nyeri pada kemaluan saat atau setelah berhubungan seksual

Jika Anda memperhatikan adanya perubahan warna, bau, tekstur, konsistensi, serta volume berlebih yang tampak berbeda dari biasanya saat keluhan keputihan berlangsung itu berarti Anda mungkin memiliki infeksi atau kondisi lainnya dan termasuk dalam keluhan keputihan abnormal. Karena secara alamiah, keputihan normal yang terjadi pada seorang wanita tidaklah disertai dengan gejala-gejala tambahan.

Baca Juga: Tanda Keputihan Coklat Kental Pada Wanita

chat

Mengapa Anda Mengalami Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan?

Vagina dan organ reproduksi bagian dalam seorang wanita adalah ekosistem yang rumit dan kompleks. Didalam vagina dan organ reproduksi wanita akan terdapat bakteri baik, keasaman (pH), dan tingkat kelembaban yang tinggi untuk kebutuhan ekosistemnya serta berperanan penting untuk kesehatan area alat reproduksinya.

Jika keseimbangan ekosistem didalam vagina anda mengalami perubahan atau gangguan baik karena  faktor internal atau eksternal tubuh. Hal inilah yang akan memicu adanya keluhan keputihan abnormal yang terjadi pada seorang wanita. Kemungkinan terbesar seorang wanita mengalami keluhan keputihan disertai nyeri pada kemaluan biasanya disebabkan oleh faktor eksternal misalnya seperti infeksi.

Indikasi Keluhan Terkait Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan

keluhan keputihan disertai nyeri pada kemaluan yang dirasakan seorang wanita juga biasanya dapat menandakan adanya kondisi lain yang mendasari adanya keluhan tersebut muncul. Beberapa kondisi yang dapat menjadi tanda dari gejala keputihan disertai nyeri pada kemaluan biasanya akan mengarah pada keluhan seperti:

o Vulvodynia (adalah sindrom nyeri hebat pada area sekitar vulva atau pembukaan vagina)

o Bartholinitis (infeksi pada kelenjar bartholin yang terletak pada bagian bawah labia yang biasanya dapat menimbulkan gejala benjolan yang terasa nyeri pada kemaluan)

o Vaginitis (peradangan akibat infeksi yang terjadi pada area vagina)

o Benjolan pada area vagina. Tidak jarang jika munculnya benjolan akibat dari beberapa penyakti seperti kutil kelamin, luka herpes, kista atau kanker yang muncul pada area vagina juga bisa menimbulkan adanya keluhan nyeri pada kemaluan dengan keputihan.

Lakukan Pemeriksaan Untuk Memastikan Diagnosis

Beberapa kemungkinan bisa muncul akibat keluhan keputihan yang disertai dengan nyeri pada area kemaluan seorang wanita. Cara terbaik untuk dapat tahu kondisi secara pasti tentu dengan melakukan pemeriksaan sebagai tindakan awal yang Anda butuhkan. Pemeriksaan berguna dalam menentukan diagnosis dan juga tindakan pengobatan apa yang tepat untuk Anda.

Klinik Utama Gracia dapat menangani setiap keluhan disekitar organ reproduksi Anda dengan deretan dokter profesional dan berkompeten yang siap membantu Anda. Kesehatan organ reproduksi adalah bagian penting bagi seorang wanita yang harus dijaga dan dirawat. Konsultasikan sedini mungkin sebelum keluhan Anda semakin berbahaya dengan dokter kami di nomor 081336361555 .

Baca Juga: Wanita Dengan Keluhan Keputihan Berdarah

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan