• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Infertilitas

Infertilitas | Pengertian Infertilitas Adalah
Nilai Rata-rata: 9.4 / 10 (8 orang penilai )

pengertian infertilitas adalah

Pengertian Infertilitas

Semua orang akan mendambakan keturunan, namun sebagian orang harus menunggu sampai bisa berhasil untuk mendapatkan keturunan. Banyak masayarakat terus berupaya dan berusaha untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis agar bisa membantu mereka untuk bisa hamil atau memiliki keturunan. Penanganan pasangan yang mandul atau kurang subur ( infertilitas ) merupakan masalah medis yang sangat kompleks dan menyangkut di dalam ilmu kedokteran, sehingga memerlukan pemeriksaan yang sangat kompleks. Menurut ahli medis klinik utama gracia, ilmu kedokteran sekarang baru berhasil menolong sekitar 50% pasangan infertilitas untuk memperoleh anak yang diinginkannya, berarti 50% lagi harus menempuh hidup tanpa anak. Beberapa orang akan memperoleh anak dengan jalan inseminasi atau bayi tabung, atau dengan membesarkan janin di dalam rahim wanita lain.

Penyebab Kemandulan Atau Infertilitas

Dokter spesialis kandungan klinik utama gracia, mengungkapkan bahwa infertilitas atau yang disebut juga dengan kemandulan adalah pasangan suami istri yang selama setahun berumah tangga dengan melakukan persetubuhan yang tidak memakai pelindung belum terjadi kehamilan pada istrinya. Tim ahli medis klinik utama gracia mengungkapkan bahwa kemandulan atau juga disebut dengan infertilitas dibagi menjadi 2 yaitu, infertilitas primer adalah jika perempuan belum pernah hamil walaupun sering bersenggama dan dihadapkan pada kemungkinan hamil selama 12 bulan. Dan infertilitas sekunder adalah istri pernah hamil, akan tetapi tidak terjadi kehamilan lagi walaupun bersenggama dan dihadapkan kepada kemungkinan kehamilan selama 12 bulan. Jika tim ahli medis akan menentukan kenapa terjadi kemandulan atau infertilitas, sebelumnya harus tahu dengan teliti riwayat pasangan suami istri tersebut agar bisa membantu mengarahkan evaluasi, serta yang paling penting adalah memeriksa hitung sperma, tidak adanya ovulasi dan potensi dari tuba palopi sebelum melakukan pengobatan.

Berikut adalah penyebab terjadinya infertilitas :

1. Penyakit saluran telur 25-50%
2. Anovulasi 20-40%
3. Factor pria 40 %
4. Factor serviks 5-10%
5. Uterus atau endometrium 5-10%

Penyebab kemandulan adalah :

  • Factor wanita sekitar 60-75%
  • Factor vagina 3-5%
  • Serviks 1-10%
  • Uterus 4-5%
  • Tuba fallopi 65-80-%
  • Ovarium 5-10%
  • Peritoneum 5-10%

Penyebab infertilitas pada pria adalah :

  • Terjadi infeksi pada prostat, epididymis, parotitis
  • Kerusakan pada testis
  • Terasa panas pada skorotum bisa menurunkan jumlah dan mortilitas sperma
  • Obat-obatan
  • Alcohol

Klinik Utama Gracia Indonesia

infertilitas adalah

Apa yang diharuskan seorang pasangan jika mengalami infertile ?

Berikut tim ahli medis klinik utama gracia akan menjelaskan syarat-syarat pemeriksaan untuk infertile :

  1. Istri yang berumur antara 20-30 tahun baru akan diperiksa setelah berusaha mendapatkan anak selama 12 bulan
  2. Istri yang berumur antara 31-35 tahun dapat diperiksa pada kesempatan pertama pasangan itu datang ke dokter spesialis kadungan
  3. Pasangan inferti yang berumur 36-40 tahun hanya dilakukan pemeriksaan infertilitas / kemandulan kalau belum mempunyai anak dari perkawinan ini.
  4. Pemeriksaan infertilitas tidak dilakukan pada pasangan infertile yang tidak satu pasangan anggotanya mengidap penyakit yang membahayakan kesehatan istri dan anaknya.

Sekilas penjelasan dari tim ahli klinik utama gracia tentang infertilitas, semoga bisa bermanfaat. Sering kunjungi website kami, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan