• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Infeksi Vaginitis Adalah Infeksi Yang Berbahaya

Infeksi Vaginitis Adalah Infeksi Yang Berbahaya
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )



Vaginitis adalah sebuah peradangan pada area vagina wanita, dimana ciri dari peradangan pada seorang wanita biasanya akan lebih menonjol pada kemerahan, iritasi, serta adanya keputihan yang bersifat abnormal. Karena pada dasarnya setiap keluhan pada area organ reproduksi seorang wanita tentu akan ditandai dengan adanya keluhan keputihan abnormal yang dirasakannya.

Sehingga Anda mungkin diharuskan untuk tidak membiarkan keluhan keputihan yang Anda rasakan tersebut dalam waktu yang lama tanpa adanya pengobatan yang dilakukan. Dalam beberapa kondisi seseorang akan lebih diberikan sebuah gejala yang mungkin akan dirasakan menyakitkan dan dapat mengakibatkan munculnya gejala yang lebih serius.

Bentuk infeksi adalah salah satu penyebab yang paling umum dan sering menjadi sebuah kondisi dimana yang akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan genital Anda. Sehingga Anda juga mungkin akan lebih merasakan keluhan keputihan abnormal yang dirasakan atau keluhan vaginitis adalah bentuk keluhan ginekologi yang juga sangat sering untuk didapatkan oleh seorang wanita.

Penyebab Keluhan Vaginitis Wanita

Apa yang menjadi penyebab keluhan vaginitis wanita tentunya akan lebih berbahaya dan bisa menimbulkan adanya keluhan ginekologi lainnya. Dalam beberapa waktu seseorang mungkin akan mendapatkan keluhan vaginitis yang bersifat asimtomatik atau lebih samar sehingga bisa saja tidak diketahui penyebab secara pastinya.

Sebuah penyebab keluhan dalam perkembangan kondisi seseorang tentunya akan memiliki perbedaan antara yang satu dengan lainnya. beberapa mungkin akan memiliki kondisi penyebab seperti :

o Penyebab internal

Penyebab internal dalam sebuah keluhan yang diantaranya yaitu jika Anda memiliki keluhan seperti riwayat kondisi kesehatan organ reproduksi yang kurang baik. Atau juga karena adanya faktor hormonal, maupun faktor kehamilan yang menjadikan seseorang mudah berpotensi untuk mendapatkan keluhan keputihan.

o Faktor eksternal

Penyebab eksternal keluhan vaginitis adalah tidak lain dikarenakan oleh adanya infeksi dari jenis atau strain mikroorganisme yang mengganggu keseimbangan dalam sistem organ reproduksi seorang wanita. Selain itu kondisi pada faktor eksternal juga sering menjadi masalah utama dalam keluhan keputihan itu sendiri.

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa vaginitis adalah keluhan yang sangat umum dan banyak diderita oleh sebagian besar wanita. Sehingga seorang wanita mungkin akan lebih merasakan beberapa perubahan yang berlangsung secara signifikan pada area organ genitalnya. Dalam sistem organ reproduksi seorang wanita yang kompleks, dimana sistem didalamnya akan lebih berperan aktif terhadap beberapa kondisi yang dapat muncul kapan saja.

Dalam beberapa kasus keluhan ini, seorang wanita yang mengalami keluhan vaginitis tentu akan lebih merasakan keluhan keputihan yang berlebih serta kondisi yang sebelumnya belum pernah dialami. Menurunya kadar estrogen setelah menopause dan beberapa gangguan kulit juga dapat menyebabkan keluhan vaginitis itu muncul, yang berarti Anda juga harus lebih bersikap waspada atau antisipasi terhadap beberapa kondisi yang bisa berpengaruh.

Baca Juga: Bahaya Vaginitis Apabila Tidak Segera Ditangani Dengan Benar

chat

Gejala Vaginitis Antara Lain Adalah

Apa saja tanda-tanda dari keluhan Anda? berikut gejala umum dari vaginitis adalah :

o Perubahan pada warna keputihan yang tidak biasa.

o Berbau dan juga rasa gatal pada area vagina.

o Nyeri saat berhubungan seksual.

o Buang air kecil (BAK) yang menyakitkan.

o Iritasi, kemerahan, peradangan, bahkan pembengkakan pada area vagina.

Secara umum gejala-gejala tersebut akan dirasakan pada seorang wanita yang mengalami keluhan peradangan akibat adanya infeksi. Penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan ketika penyebab eksternal sudah mulai muncul atau Anda rasakan. Untuk Anda ketahui vaginitis adalah sebuah keluhan yang nantinya juga bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian dalam terjadinya sebuah infeksi yang diantaranya seperti :

o Vaginosis bakterial, atau sering juga disebut BV termasuk dalam keluhan vaginitis yang biasanya mengembangkan gejala cairan keputihan yang berwarna putih susu atau keabu-abuan dan berbau dan akan lebih jelas dirasakansetelah berhubungan seksual.

o Infeksi jamur atau ragi, infeksi yang disebabkan oleh perkembangan jamur pada area genital juga mudah untuk ditemukan karena adanya tingkat kelembaban yang tinggi.

o Trikomoniasis, yang disebabkan oleh parasit dan pada umumnya lebih ditularkan oleh kontak seksual yang dilakukan secara sembarangan atau tidak aman dan berisiko terhadap adanya infeksi menular seksual yang terbawa.

Kapan Anda Harus Mengobati Keluhan Vaginitis?

Pentingnya melakukan pengobatan vaginitis adalah ketika Anda sudah memiliki dan merasakan keluhannya dalam jangka waktu yang lama hingga pada akhirnya seseorang mungkin akan mulai mandapatkan bahayanya secara perlahan dari keluhan yang dirasakan. Kapan Anda harus melakukan pengobatan ketika keluhan vaginitis terjadi? Pemilihan tempat, waktu, dan dokter yang tepat akan menentukan apakah Anda mendapatkan pengobatannya dengan sesuai atau tidak.

Faktor yang meningkatkan risiko keluhan vaginitis pada seorang wanita diantaranya :

o Memiliki riwayat seksual yang tidak bersih seperti berganti pasangan seksual.

o Kebersihan pribadi atau area genital yang kurang diperhatikan.

o Riwayat pada kondisi kesehatan yang lebih bersifat kronis misalnya seperti cedera atau melakukan beberpa tindakan medis diarea organ reproduksi dan sekitarnya.

o Infeksi atau penyakit menular seksual (PMS).

o Penggunaan obat-obatan tertentu maupun alat kontrasepsi yang kurang tepat.

Ketika Anda memiliki beberapa faktor seperti diatas maka Anda akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan secara berkala mengenai kondisi organ reproduksi Anda khususnya pada area bagian dalam. Saat ini ada banyak pilihan pengobatan vaginitis secara medis dan layanan kesehatan yang dapat Anda pilih untuk dijadikan sebagai sarana pengobatan dalan mengatasi keluhan vaginitis Anda.

Vaginitis adalah kondisi infeksi yang masih dapat disembuhkan secara tuntas, selama Anda juga mendapatkan pemeriksaan dan juga pengobatan yang tepat dengan dokter Anda. Keluhan vaginitis akan diidentikan dengan keluhan keputihan, namun Anda juga harus bisa menyadari keputihan yang dirasakan dan apa tindakan yang sesuai bagi kesehatan organ reproduksi Anda.

Klinik Utama Gracia, bagian dari pelayanan kesehatan khusus organ reproduksi yang terpercaya, aman, dan juga modern serta bisa menjadi pilihan pengobatan terbaik bagi keluhan Anda. tunggu apalagi? Vaginitis adalah keluhan ginekologi yang serius jika dibiarkan, segera dapatkan perawatan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk konsultasi lebih lanjut.

Baca Juga: Apakah Vaginitis Itu? Bagaimana Cara Menyembuhkannya

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan