• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih Pada Tubuh Manusia
Nilai Rata-rata: 9.6 / 10 (5 orang penilai )

 

infeksi saluran kemih

Infeksi Saluran Kemih 

Apa yang anda ketahui tentang ISK atau Infeksi Saliran Kemih ?

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang pada umumnya sering terjadi pada masyarakat. Menurut spesialis andrologi klinik utama gracia, mengungkapkan bahwa infeksi saluran kemih adalah istilah umum yang dipakai untuk mengatakan bahwa pada saluran kemih ada mikroorganisme bakteri yang menyebabkan infeksi. Infeksi ini bisa menyerang siapa saja dengan jenis kelamin laki-laki ataupun wanita dan terjadi pada semua umur yaitu bisa pada anak-anak remaja, dewasa ataupun lamsia. Pengobatan yang dilakukan ketika pertama diketahui jika anda terkena infeksi saluran kemih adalah dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi antibiotic. Antibiotic tersebut yang diresepkan oleh dokter, belum bisa dipastikan berapa lama anda akan sembuh, dikarenakan tergantung pada kondisi kesehatan anda serta bakteri yang ditemukan pada urin. Dokter juga akan memberikan terapi obat nyeri ( analgesic) untuk meringankan rasa sakit atau terbakar pada saat BAK. Ketika anda mengkonsumsi antibiotic serta anti nyeri, urin anda akan berubah warna menjadi orange atau merah, tetapi anda tidak perlu khawatir karena salah satu efek dari obat tersebut adalah urin anda akan berubah warna.

Anatomi terjadinya infeksi saluran kemih

Bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih adalah bakteri scherichia coli, ini yang mengakibatkan muncul adanya infeksi yang dapat beresiko tinggi atau meningkatnya infeksi. Infeksi saluran kemih pada pria biasanya berasal dari infeksi yang menyebar dari uretra, hal yang sama juga terjadi pada wanita yaitu infeksi yang menyebar adalah infeksi yang berasal dari uretra. Dokter sepsialis kami, mengungkapkan bahwa pada laki-laki biasanya infeksi ini disebut dengan infeksi traktus urinarius. Pria pada umumnya sangat khawatir dengan masalah infeksi ini, tetapi anda sebagai laki-laki tidak perlu khawatir, jika panjang uretra dan jauhnya jarak antara uretra dari rectum anda serta adanya bakterisidal dalam cairan prostatic,maka mampu melindungi anda /pria dari infeksi traktus urinarius.

infeksi saluran kemih pada pria

Klinik Utama Gracia Indonesia

Penyebab ISK

Penyebab infeksi saluran kemih ( ISK) adalah bakteri (eschericia coli), jamur serta virus, anda yang mengalami infeksi ginjal, serta anda yang mengalami prostat hipertropi ( urine sisa).
Tips untuk anda yang terdiagnosa ISK

Jika terjadi nyeri hebat pada saat BAK serta merasa kurang nyaman dengan penyakit ISK yang anda rasakan, anda bisa melakukan beberapa tindakan di bawah ini untuk membantu anda dalam proses penyembuhan selama dalam mengkonsumsi antibiotic dan anti nyeri :

1. Minumlah air yang banyak, air dapat membantu anda dalam mencairka urine anda yang pekat dan menetralisir baketri dalam urin agar ikut keluar bersamaan dengan urin anda

2. Hindari  inuman yang dapat membuat anda susah untuk BAK, yang mengakibatkan iritasi pada kandung kemih. Minuman tersebut adalah berupa kopi, alcohol, sreta minuman lainnya yang mengandung kaffein. Anda hindari mengkonsumsi minuman tersebut selama anda dalam proses penyembuhan.

3. Gunakan bantal pemanas, yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat akibat tekanan kandung kemih atau anda merasa tidak nyaman pada daerha perut.

Sekilas penjelasan tentang infeksi saluran kemih, smeoga bermanfaat bagi anda. Silahkan kunjungi web kami, untuk berkonsultasi dengan tim medis kami masalah keluhan anda atau membaca sebagian artikel-artikel kami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan