• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Human Papillomavirus Adalah Penyebab Kutil Dan Kanker

Human Papillomavirus Adalah Penyebab Kutil Dan Kanker
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )

Pernah mendengar tentang human papillomavirus atau HPV? Human papillomavirus adalah virus yang bisa menyerang pria maupun wanita. Mungkin virus ini hanya terkenal sebagai penyebab kanker serviks pada wanita, namun sebenarnya bisa menjadi penyebab penyakit lainnya yang bisa dialami pria maupun wanita.

Kanker serviks yang terjadi pada wanita memang disebabkan oleh HPV. Selain itu adapula kondisi lain yang disebabkan human papillomavirus adalah kanker di vagina, vulva, anus, mulut dan juga tenggorokan. Sedangkan pada pria, HPV bisa menjadi penyebab kanker penis, mulut, anus, dan juga tenggorokan. Selain itu HPV juga bisa menyebabkan terjadinya kutil kelamin.

Penularan HPV

Cara penularan human papillomavirus adalah melalui kontak seksual, seperti vaginal, oral, ataupun anal. Banyak kasus dimana orang yang terinfeksi HPV tidak menyadarinya, sehingga sangat mudah menularkan virus ini pada orang lain. Selain itu benda yang sudah terkontaminasi virus ini juga bisa menularkan pada orang lain.

Diagnosis HPV

Diagnosis virus ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan kutil. Namun jika kutil tidak muncul, maka dokter akan melakukan tes lain untuk mendiagnosisnya, seperti:

Tes menggunakan larutan asam asetat. Tes ini dilakukan dengan mengoleskan larutan asam asetat pada area kulit (biasanya kulit genital) yang terinfeksi HPV. Jika benar terinfeksi, maka kulit akan menjadi putih dan bisa dideteksi.

chat

Tes pap smear dan tes DNA. Dokter akan mengambil sampel sel serviks dan juga vagina. Kemudian diperiksa di laboratorium, guna melihat infeksi HPV dan mendeteksi dini apakah ada sel serviks yang abnormal dan bisa berubah menjadi kanker. Sebaiknya pap smear dilakukan jika disarankan oleh dokter atau bila ada suatu masalah tertentu yang membutuhkan pemeriksaan ini.

Pencegahan HPV

Virus ini bisa dicegah melalui vaksinasi. Ada beberapa jenis vaksin HPV yang bisa digunakan untuk mencegah kutil kelamin dan juga kanker serviks seperti Cervarix, Gardasil, dan Gardasil 9. Vaksin ini bisa diberikan pada usia 11 hingga 26 tahun pada wanita, dan 11 sampai 21 tahun pada pria. Vaksin tersebut akan diberikan sebanyak tiga kali selama 6 bulan.

Namun perlu diingat, bahwa vaksin tidak akan bisa melindungi diri Anda, jika virus sudah berada dalam tubuh. Maka sebaiknya pemberian vaksin dilakukan sebelum Anda aktif secara seksual. Namun Anda tetap bisa mendapat vaksin walaupun sudah pernah melakukan hubungan seksual, untuk pencegahan.

Vaksin ini juga berarti menjadi satu-satunya cara mencegah HPV. Walaupun sudah diberikan vaksin, maka Anda tetap harus menghindari faktor resiko seperti bergonta-ganti pasangan seksual, berbagi pakai barang-barang pribadi, tidak menjaga kebersihan, luka pada kulit, dan juga sistem kekebalan tubuh yang rendah. Anda juga disarankan untuk melakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom, walaupun tidak 100 persen menjamin mencegah terjadinya penularan.

Ada efek samping yang biasanya akan muncul setelah pemberian vaksin ini, namun tidak berbahaya, seperti bengkak dan nyeri pada area bekas suntikan, serta hilangnya kesadaran setelah vaksin. Namun Anda bisa mengurangi resiko hilangnya kesadaran dengan duduk beberapa saat setelah diberikan vaksin. Pada beberapa kasus, hanya sedikit yang menunjukkan adanya reaksi alergi.

Itulah beberapa penjelasan terkait human papillomavirus yang harus Anda ketahui. Ketahui tanda dan gejala yang terjadi karena infeksi virus ini seperti munculnya kutil, agar Anda dapat melakukan pengobatan secara lebih dini. Pengobatan bisa dilakukan dengan obat ataupun prosedur operasi. Namun sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk penanganan yang tepat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan