• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

HPV, Penyebab Utama Kutil Kelamin Apakah Berbahaya?

HPV, Penyebab Utama Kutil Kelamin Apakah Berbahaya?
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )



Infeksi kutil kelamin apakah berbahaya dan dapat menimbulkan masalah kesehatan serius bagi penderitanya? Infeksi virus adalah penyebab utama dari adanya keluhan kutil kelamin seseorang, yang artinya tentu infeksi kutil kelamin tersebut akan sangat berbahaya jika terjadi pada tubuh Anda. Virus akan tetap berada didalam tubuh Anda untuk mulai menimbulkan efek-efek kesehatan yang menganggu bahkan menimbulkan gejala yang dapat berlangsung secara berkala.

Menjadi salah satu penyakit menular seksual (PMS), kutil kelamin apakah berbahaya dan tidak akan mudah untuk diatasi secara mandiri atau dengan menggunakan pengobatan rumahan seperti kebanyakan orang lakukan. Anda membutuhkan perawatan secara medis, dimana perawatan tersebut dapat dilakukan secara tepat dan sesuai dengan tingkat kebutuhan serta kondisi Anda.

Bagaimana Virus Kutil Kelamin Dapat Menginfeksi Anda?

Human papilloma virus atau HPV adalah organisme mikroskopik yang sangat kecil hingga Anda mungkin tidak dapat melihatnya dengan kasat mata. Dengan adanya kontak kulit ke kulit yang terjadi ketika seseorang melakukan aktifitas seksual inilah biasanya virus akan berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Bahkan dalam beberapa kondisi, seseorang juga bisa mendapatkan infeksinya ketika melakukan kontak tidak langsung atau secara tidak sengaja yang berarti bahwa tidak selamanya kontak seksual menjadi media utama penyebaran virus kutil kelamin apakah berbahaya tersebut.

Baca Juga: 3 Dampak Kutil Kelamin Untuk Tubuh

chat

Jika Infeksi HPV Tidak Segera Ditangani

Jika sebuah infeksi kutil kelamin tidak segera mendapatkan penanganan tentulah kutil kelamin apakah berbahaya tidak perlu Anda tanyakan. Bahaya atau komplikasi akibat dari adanya infeksi HPV akan mudah untuk berkembang dan mempengaruhi sistem tubuh Anda. Meskipun setiap kondisi antara satu orang dengan orang lainnya tidak sama, namun diantaranya mungkin dapat merasakan masalah kesehatan seperti:

o Gangguan sistem saluran kemih

gangguan pada sistem sAluran kemih dapat terjadi ketika seorang pria atau wanita mengalami pertumbuhan kutil kelamin apakah berbahaya disekitar maupun didalam area saluran uretranya. Sehingga akan mengakibatkan adanya kesulitan saat berkemih yang juga tidak jarang ditemukan pada penderita kutil kelamin. Karena selain tumbuh pada area eksternal kelamin, kutil juga dapat tumbuh pada area internal kelamin seperti serviks, uretra, dan juga area kulup

o Pemicu adanya pertumbuhan sel abnormal

Untuk beberapa strain HPV yang menginfeksi tubuh, Anda mungkin juga dapat menemukan adanya kondisi yang menjadikannya sebagai pemicu pertumbuhan sel abnormal didalam tubuh Anda. Dalam hal ini seorang wanita mungkin akan lebih rentan karena infeksi HPV yang dialaminya juga bisa menjadi penyebab adanya sel kanker yang menyerang pada area serviks (leher rahim). Begitu pula pada seorang pria, dimana infeksi HPV yang dialaminya juga bisa memicu adanya kanker penis.

o Memiliki sistem imun yang rentan infeksi

Berbagai jenis pengobatan yang dilakukan serta didukung dengan penyebab infeksi yang berasal dari virus tentu akan mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh Anda. Hal ini dapat menjadikan antibodi didalam tubuh akan lebih lemah dan rentan untuk menerima berbagai kemungkinan infeksi yang masuk serta menyebabkan Anda lebih mudah sakit. Selain itu Anda juga akan lebih mudah untuk mendapatkan pertumbuhan yang berulang atau kambuh dalam waktu dekat meskipun telah dilakukannya pengobatan atau perawatan.

Klinik Utama Gracia Untuk Setiap Pilihan Pengobatan

Diagnosis untuk setiap infeksi pada sebuah keluhan akan dibutuhkan pemeriksaan guna menunjang kepastian diagnosis yang diberikan oleh dokter Anda. Gejala kutil kelamin apakah berbahaya memang dapat diidentifikasi dengan pemeriksaan fisik yang dilakukan, namun untuk kondisi tertentu biasanya juga akan dibutuhkan pemeriksaan lanjutan guna memastikan kondisi serta tingkat keparahan yang sudah dialami.

Infomasi lebih lanjut mengenai pemeriksaan kutil kelamin atau pertanyaan konsultasi dengan dokter di Klinik Utama Gracia, Anda bisa klik link dibawah atau telepon ke nomor 081336361555 untuk terhubung dengan dokter dan tenaga medis kami.

Baca Juga: Apakah Kondiloma Akuminata Itu? Apa Sajakah Gejalanya?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan