• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

HPV Adalah Virus Penyebab Kutil Kelamin Dan Kanker

HPV Adalah Virus Penyebab Kutil Kelamin Dan Kanker
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )

HPV adalah human papillomavirus, yang merupakan virus penyebab kutil dan juga kanker. Ada lebih dari 100 jenis virus HPV, yang 30 diantaranya dapat menular melalui kontak seksual. HPV adalah virus yang bisa lama bertahan di tubuh tanpa menunjukkan gejala apapun. Jadi ada kemungkinan bahwa Anda yang mengalami kutil atau kanker, sebenarnya telah lama terinfeksi virus ini.

Ada dua penyakit umum yang sering terjadi karena infeksi virus HPV adalah kutil kelamin dan juga kanker serviks. Kutil kelamin bisa terjadi karena virus HPV tipe 6 dan juga 11, dan termasuk penyakit menular seksual yang umum terjadi. Sedangkan penyebab kanker serviks adalah tipe HPV yang berbeda.

Infeksi HPV Pada Pria

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa seringkali virus ini tidak menyebabkan munculnya gejala. Namun jika terjadi, gejala yang akan dialami pria adalah munculnya benjolan pada area genital, seperti pada batang dan ujung penis, skrotum, ataupun anus. Selain itu, virus ini juga dapat menyebabkan terjadinya kanker penis, kanker anus, kanker oropharyngeal, kanker tenggorokan dan juga kanker pangkal lidah.

Infeksi HPV Pada Wanita

Sama seperti pria, kadang tidak ada gejala yang terjadi. Namun ketika gejala dialami wanita, maka akan terjadi kutil pada area kelamin, seperti di vulva, leher rahim, area sekitar kelamin dan anus ataupun di anus. Pada wanita, bukan hanya virus HPV penyebab kutil kelamin saja yang dapat menginfeksi, namun juga penyebab kanker serviks yang merupakan pembunuh wanita nomor satu saat ini. Untuk itulah, ketika wanita mengalami kutil kelamin, maka harus dilakukan pemeriksaan secara mendetail untuk mengetahui apakah virus HPV penyebab kanker serviks juga menginfeksi tubuh.

chat

Diagnosis HPV

Cara mendiagnosis keberadaan virus HPV adalah dengan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti:

Tes asam asetat. Larutan asam ini akan dioleskan di area genital yang diduga mengalami kutil kelamin. Jika tumbuh kutil kelamin, maka permukaan kulit pada bagian tersebut akan berubah putih. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan pada penderita yang mengalami kutil yang tidak atau belum menonjol ke permukaan.
Tes pap smear. Pemeriksaan ini harus dilakukan pada wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual ataupun yang terinfeksi kutil kelamin. Pemeriksaan akan dilakukan dengan mengambil sampel sel yang berasal dari leher rahim atau vagina untuk melihat apakah ada perkembangan sel yang abnormal yang dapat menjadi kanker.

Setelah didapatkan diagnosis terkait dengan infeksi virus tersebut, jika Anda mengalami kutil kelamin, maka dokter akan memberikan penanganan dengan obat topikal ataupun melakukan pembekuan atau pengangkatan kutil. Sedangkan kanker, akan diberikan pengobatan tergantung kanker yang dialami oleh penderita.

Pencegahan HPV

Cara mencegah infeksi HPV bisa dilakukan dengan pemberian vaksin HPV. Vaksin ini bisa diberikan pada pria maupun wanita untuk mencegah terjadinya kutil kelamin ataupun kanker. Pemberian vaksin bisa dilakukan mulai usia 11 tahun sampai 21 tahun pada pria, dan 11 tahun sampai 26 tahun pada wanita.

Selain itu, infeksi virus ini bisa dicegah dengan melakukan hubungan seksual yang aman seperti tidak berganti-ganti pasangan ataupun melakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom.

Jika dirasakan ada infeksi HPV pada tubuh Anda, ataupun Anda sebelumnya pernah melakukan hubungan seksual yang berisiko, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan, terutama pada wanita. Hal tersebut dilakukan agar dapat mendeteksi secara dini kemungkinan Anda juga terinfeksi virus HPV yang menyebabkan kanker.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan