• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Hindari Faktor Penyebab Kutil Kelamin Ini

Hindari Faktor Penyebab Kutil Kelamin Ini
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

Pernah mendengar penyakit kondiloma akuminata? Penyakit yang juga dikenal dengan nama kutil kelamin ini merupakan penyakit menular seksual yang akan bisa dialami oleh pria maupun wanita, walaupun seringkali terjadi pada wanita. Penyebab kutil kelamin yang utama adalah karena infeksi human papillomavirus.

Penyebab kutil kelamin memang merupakan virus yang sama dengan yang menyebabkan kanker serviks pada wanita. Walaupun disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV, namun ternyata ada faktor penyebab kutil kelamin yang dapat memicu Anda tertular virus dan mengalami penyakit ini.

Agar lebih jelas mengenai penyakit kutil kelamin, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Faktor Penyebab Kutil Kelamin

1. Virus HPV. Jenis virus HPV ternyata ada banyak, dan salah satu jenisnya merupakan penyebab dari kutil kelamin. Bukan hanya kutil kelamin saja, namun virus HPV ini juga bisa menyebabkan kanker serviks pada wanita.

2. Aktif secara seksual. Aktif secara seksual sejak usia remaja, ternyata bisa menjadi faktor penyebab seseorang mengalami penyakit ini.

3. Tidak menjaga kebersihan. Kebersihan alat genital yang tidak terjaga akan menyebabkan banyak penyakit yang akan menyerang, salah satunya adalah penyakit kelamin.

chat

4. Berganti-ganti pasangan seksual. Infeksi virus HPV bisa dengan mudah dialami oleh seseorang yang sering berganti-ganti pasangan seksual.

5. Berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman. Walaupun tidak sepenuhnya melindungi dari penyakit menular seksual, namun penggunaan alat pengaman saat berhubungan seksual bisa membantu menurunkan resiko tertular penyakit-penyakit tersebut.

6. Memiliki riwayat penyakit kelamin. Seseorang yang pernah mengalami penyakit kelamin atau penyakit menular seksual sebelumnya, akan berisiko tinggi mengalami kutil kelamin.

Gejala Kutil Kelamin

Ketika seseorang menderita kondiloma akuminata atau kutil kelamin atau kutil kemaluan, maka gejala yang akan dialaminya adalah munculnya kutil atau daging tumbuh pada alat genitalnya. Kutil ini berukuran kecil, namun tumbuh berkelompok. Kutil yang tumbuh akan terlihat seperti kembang kol atau jengger ayam dimana permukaannya tidak rata. Penderita kutil kelamin juga seringkali mengalami pendarahan saat berhubungan seksual karena kutil yang bergesekan.

Kutil umumnya akan muncul pada area-area tertentu seperti batang dan ujung penis, buah zakar, vulva, leher rahim, selangkangan, anus, dan juga uretra bagian dalam. Pada orang yang pernah melakukan seks oral dengan penderita juga bisa mengalami kutil pada mulut dan tenggorokan.

Komplikasi Kutil Kelamin

Pada penderita wanita harus lebih waspada jika mengalami kutil kelamin. Walaupun bukan jenis virus yang sama dengan kanker serviks, namun tetap harus dilakukan tes pap smear untuk mendeteksi apakah HPV penyebab kanker serviks juga ikut menginfeksi tubuh Anda.

Diagnosa Kutil Kelamin

Kutil umumnya akan langsung terlihat ketika dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Namun akan dilakukan pemeriksaan yang lebih detail, jika dirasa kutil tumbuh pada bagian-bagian dalam. Pada kasus seperti ini, dokter akan menggunakan alat yang dapat membantu melihat bagian dalam area yang ditumbuhi kutil.

Bila merasakan adanya gejala kutil kelamin pada area genital Anda, segera periksakan kondisi tersebut ke dokter. Lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis untuk kondisi Anda. Penanganan awal yang akan diberikan dokter umumnya berupa obat topikal untuk dioleskan pada area kutil. Namun jika penanganan tersebut tidak menunjukkan kemajuan, maka Anda harus melakukan prosedur ablasi untuk menghilangkan kutil.

Perlu diingat, jika Anda mengalami penyakit ini, jangan sembarang menggunakan obat kutil yang bisa Anda beli bebas di pasaran. Karena obat kutil tersebut bukan diperuntukkan untuk kasus kutil kelamin yang Anda alami.

Jika Anda memerlukan penjelasan yang lebih dalam, ataupun hanya ingin sekedar berkonsultasi, Anda bisa menggunakan layanan chatting online Klinik Utama Gracia dengan mengklik tombol konsultasi yang sudah tersedia. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan